5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024

Semuanya merumput di klub raksasa Portugal

Pemain asal Skandinavia sudah menghiasi sejumlah turnamen besar di Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa pemain bahkan mampu bersinar dengan timnya, seperti Erling Haaland, Martin Odegaard, Rasmus Højlund, dan masih banyak lainnya. 

Selain membela klub di lima liga top Eropa, sejumlah pemain Skandinavia kini mulai dilirik oleh sejumlah klub Portugal dalam beberapa musim terakhir. Tercatat ada lima pemain Skandinavia di Liga Portugal yang mampu mencuri perhatian berkat penampilan apiknya sepanjang paruh 2023/2024. 

Siapa saja mereka dan seperti apa performa beserta torehannya sepanjang musim ini? Berikut pemain Skandinavia yang bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024!

1. Alexander Bah sempat jadi bek andalan Benfica

5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Alexander Bah saat membela Benfica di Liga Portugal. (instagram.com/alexanderbah)

Alexander Bah bergabung dengan Benfica pada musim panas 2022. Ia dilirik berkat penampilan apiknya selama memperkuat lini belakang Sparta Praha pada 2021/2022. Kedatangannya berfungsi menggantikan peran Pedro Pereira dan Tomas Tavares yang hengkang ke AC Monza dan Spartak Moscow. 

Pada 2023/2024, Bah sudah dipercaya menjadi bek kanan utama di skuad asuhan Roger Schmidt. Sayangnya, pemain asal Denmark ini terdampak cedera kaki dan terpaksa absen mulai pekan ketujuh hingga kini. Posisinya di Benfica kini digantikan sementara oleh Fredrik Aursners. 

2. Fredrik Aursnes didapuk sebagai gelandang tengah utama Benfica

5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Fredrik Aursnes saat membela Benfica di Liga Portugal. (instagram.com/fredrikaurs18)

Fredrik Aursnes bergabung dengan Benfica sejak musim panas 2022 bersama Alexander Bah. Ia berperan untuk menggantikan gelandang tengah As Aguias yang hengkang, yakni Gedson Fernandes dan Diogo Gonçalves. Ia dipilih setelah tampil memukau bersama tim lamanya, Feyenoord Rotterdam, pada 2021/2022. 

Pemain asal Norwegia ini sudah bermain dalam starting line-up Benfica sejak musim lalu. Ia bahkan mampu menjadi pengatur permainan klub asal Lisbon ini di bagian tengah. Seiring dengan cederanya Bah, ia pun dapat diandalkan untuk mengisi pos bek kanan yang kosong. 

Baca Juga: 5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024

3. Morten Hjulmand diandalkan mengisi pos gelandang bertahan Sporting Lisbon

5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Morten Hjulmand saat memperkuat Sporting Lisbon. (instagram.com/sportingcp)

Morten Hjulmand bergabung dalam skuad Sporting Lisbon pada musim panas 2023. Ia ditunjuk untuk menggantikan peran Manuel Ugarte yang memilih hengkang ke Paris Saint-Germain. Pihak klub memilihnya setelah melihat penampilan apiknya ketika membela Lecce dan harganya yang tidak terlalu mahal. 

Sepanjang paruh 2023/2024, Hjulmand sukses masuk startling line-up tim asuhan Rúben Amorim. Ia bahkan tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi di tim barunya dan hanya diturunkan sebagai pengganti pada laga perdana. Ia berperan penting dalam penampilan gemilang Leões pada musim ini. 

4. Casper Tengstedt mampu tunjukkan ketajamannya di Benfica

5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Casper Tengstedt ketika memperkuat SL Benfica. (instagram.com/caspertengstedt)

Casper Tengstedt diboyong Benfica pada musim dingin 2023 untuk menambah amunisi di lini depan. Ia terpilih menjadi pemain baru As Aguias berkat ketajamannya ketika membela Rosenborg pada paruh 2022/2023. Ia bahkan sudah mencetak 15 gol dari 14 pertandingan di Liga Norwegia. 

Pada 2023/2024, Tengstedt awalnya hanya ditunjuk sebagai striker pelapis Petar Musa dan Arthur Cabral. Seiring berjalannya waktu, Roger Schmidt meliriknya dan mulai menurunkannya sebagai starter. Sejauh ini, pemain berusia 22 tahun ini sudah mencetak tiga gol untuk timnya. 

5. Viktor Gyokeres masuk top skor Liga Portugal

5 Pemain Skandinavia yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Viktor Gyökeres ketika memperkuat Sporting Lisbon. (instagram.com/sportingcp)

Viktor Gyokeres bergabung dengan Sporting Lisbon pada musim panas 2023 untuk menggantikan dua strikernya yang hengkang, Chermiti dan Tiago Tomás. Ia dipilih karena tampil gemilang saat membela Coventry City pada 2022/2023. Padahal, ia sebelumnya hanyalah pemain buangan Brighton. 

Meski tergolong baru, pemain asal Swedia ini berhasil menunjukkan ketajamannya bersama Leoes. Dalam 13 pertandingan terakhir, Gyokeres sukses melesakkan 10 gol dan 5 assist untuk timnya. Ia pun sudah masuk daftar top skor Liga Portugal di bawah Simon Banza. 

Kelaim pemain di atas menunjukkan bahwa Skandinavia menjadi salah satu negara penghasil bintang sepak bola. Selain pemain di atas, masih ada dua pemain Skandinavia lain yang merumput di Liga Portugal, yakni Joe Mendes dan Otso Liimatta. Namun, keduanya belum menunjukkan kemampuan terbaiknya dan belum dipilih sebagai starter di timnya masing-masing. 

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya