5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024

Akan tampil di Euro untuk keempat kalinya

Austria memastikan diri tampil di Euro 2024 berkat performa yang cukup mengesankan sepanjang kualifikasi. Tim berjuluk Das Team ini mampu duduk sebagai runner-up dengan koleksi 19 poin, hanya terpaut 1 poin di bawah pemuncak klasemen, Belgia. 

Dalam undian grup Euro 2024 pekan lalu, Austria tergabung dalam grup yang sulit karena harus melawan dua tim kuat Eropa, Prancis dan Belanda. Sedangkan, satu tim pelengkapnya masih akan ditentukan dalam laga play-off yang dilangsungkan pada Maret 2024.

Penampilan Austria sepanjang Kualifikasi Euro 2024 tentu tidak dapat dipisahkan dari peran pemain andalannya. Terdapat lima pemain Austria yang menonjol sepanjang kualifikasi. Menariknya, mayoritas dari mereka merumput di Bundesliga Jerman.

1. David Alaba didapuk sebagai kapten Timnas Austria

5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024David Alaba ketika membela Timnas Austria. (instagram.com/davidalaba)

David Alaba dipercaya sebagai sosok kapten di Timnas Austria. Ia pun selalu jadi bek tengah andalan pada tiap laga-laga penting tim Eropa Tengah tersebut. Dalam laga kualifikasi, ia hanya absen dalam tiga pertandingan karena mengalami cedera tulang pinggul.

Selain berprestasi di tim nasional, Alaba merupakan bek tengah andalan Real Madrid sejak didatangkan pada 2021. Sebelum itu, pemain jebolan akademi Austria Wien ini sempat membela Hoffenheim dan Bayern Muenchen. Ia sudah memenangi tiga gelar Liga Champions Eropa bersama Real Madrid dan Bayern Muenchen. 

2. Xaver Schlager, pengatur lapangan tengah Austria

5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024Xaver Schlager ketika membela Timnas Austria. (instagram.com/xav_er_)

Xaver Schlager menjadi sosok penting di lini tengah Timnas Austria. Sepanjang Kualifikasi Euro 2024, ia selalu dipercaya untuk menjadi pengatur aliran bola dari depan ke belakang atay sebaliknya. Sejauh ini, ia hanya absen pada dua laga awal karena mengalami cedera robek ligamen. 

Tak hanya diandalkan di tim nasional, Schlager juga jadi sosok gelandang tengah utama di RB Leipzig. Ia tercatat sudah pernah membela beberapa klub di Austria dan Jerman, seperti AKA Salzburg, FC Liefering, RB Salzburg, dan VfL Wolfsburg. Pada 2022/2023, ia sukses mengantarkan timnya menjuarai DFB Pokal dan Piala Super Jerman. 

3. Marcel Sabitzer berperan di lini tengah Austria

5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024Marcel Sabitzer saat membela Timnas Austria. (instagram.com/marcel7sabitzer)

Marcel Sabitzer merupakan tumpuan utama Austria di lini tengah. Meski tak selalu menjadi starter, pemain berusia 29 tahun ini hampir selalu diturunkan sepanjang laga Kualifikasi Euro 2024. Ia bahkan sempat menjadi kapten tim untuk menggantikan David Alaba yang harus absen.

Sabitzer mengawali karier profesionalnya bersama Rapid Wien pada 2014. Performanya yang apik mampu memikat RB Leipzig untuk mendatangkannya. Sejak 2015, ia sudah menjadi gelandang andalan Die Rotten Bullen hingga dipinang Bayern Muenchen pada 2021. Kini, ia memutuskan membela Borussia Dortmund.

Baca Juga: 5 Pemain Slovenia Paling Berpengaruh di Kualifikasi Piala Eropa 2024

4. Christoph Baumgartner berkontribusi pada lini serang Austria

5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024Christoph Baumgartner ketika membela Timnas Austria. (instagram.com/baumi_14)

Christoph Baumgartner merupakan gelandang serang utama di Timnas Austria. Ia tercatat hanya pernah sekali absen dalam laga Kualifikasi Euro 2024 ketika timnya bersua Swedia pada pertemuan keenam. Sejauh ini, ia sudah mencatatkan 2 gol dan 2 assist untuk negaranya. 

Baumgartner mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola ketika membela St Polten junior. Pada 2017, ia sudah direkrut Hoffenheim untuk mengisi skuad mudanya dan dipromosikan ke tim senior pada 2019. Pada 2023, ia direkrut RB Leipzig untuk menambah amunisi lini serang.

5. Michael Gregoritsch jadi ujung tombak utama Austria

5 Pemain Austria Paling Menonjol di Kualifikasi Euro 2024Michael Gregoritsch ketika membela Timnas Austria. (instagram.com/mgregerl)

Michael Gregoritsch berhasil menorehkan prestasi besar dalam laga Kualifikasi Euro 2024 bersama Austria. Sejak awal, ia sudah dipercaya untuk menjadi ujung tombak Das Team. Ia pun tak menyinyiakan kesempatan itu dan berhasil melesakkan 5 gol dan 1 assist untuk timnya. 

Gregoritsch berhasil masuk ke tim utama SV Kapvenberg pada 2010 ketika masih berusia 16 tahun. Setahun kemudian, ia direkrut Hoffenheim, tetapi gagal masuk tim utama. Pada 2015—2022, ia sudah membela beberapa klub, seperti VfL Bochum, Hamburger SV, FC Schalke, FC Augsburg. Kini, ia menjadi tumpuan lini serang SC Freiburg. 

Kelima pemain di atas berkontribusi besar dalam performa Timnas Austria sepanjang Kualifikasi Euro 2024. Keberhasilan mereka membuktikan bahwa Austria punya amunisi yang tidak bisa dianggap enteng. Tim ini berpotensi tampil mengejutkan di turnamen antarnegara Eropa tahun depan. 

Baca Juga: 5 Pemain Rumania Paling Mentereng di Kualifikasi Euro 2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya