12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023

Mayoritas berstatus pinjaman dan bebas transfer

Hanya butuh waktu semusim, Deportivo Alaves kembali ke kasta tertinggi Liga Spanyol. Keberhasilan itu didapat setelah mengandaskan perlawanan Levante dalam laga playoff promosi yang digelar pada Mei 2023 lalu.

Sebagai klub promosi, Alaves mampu menunjukkan penampilan yang cukup baik pada empat pertandingan LaLiga 2023/2024. Mereka mampu memperoleh 2 kemenangan dan 2 kekalahan. Itu termasuk saat mengandaskan tim besar macam Sevilla dan Valencia.

Tak mau kembali terdegradasi, Alaves pun mendatangkan 12 pemain baru pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka melakukan itu untuk menambal lini tumpul. Di tengah keterbatasan finansial, mayoritas pemain baru Los blanquiazules datang dengan status pemain pinjaman dan free agent.

1. Ianis Hagi dipinjam dari Glasgow Rangers

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Ianis Hagi (instagram.com/ianishagi)

Ianis Hagi memutuskan bergabung ke dalam skuad Deportivo Alaves setelah tidak lagi mendapat tempat utama di klub asalnya Glasgow Rangers. Sepanjang 2022/2023, Hagi tidak banyak bermain karena mengalami cedera engkel parah. Kini, anak pemain sepak bola legendaris Rumania, Gheorghe Hagi, ini datang untuk mempertajam lini serang Alaves.

2. Samu Omorodion dipinjam dari Atletico Madrid

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Samu Omorodion (instagram.com/deportivoalaves)

Samu Omorodion didatangkan ke Mendizorrotza lantaran tidak mendapat tempat utama di skuad Atletico Madrid. Sehubungan dengan kebutuhan Deportivo Alaves untuk mempertajam lini serang, ia akhirnya setuju untuk bergabung. Sebelum itu, ia dikenal sebagai striker muda andalan Granada. 

3. Rafa Marín dipinjam dari Real Madrid

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Rafa Marin (instagram.com/deportivoalaves)

Rafa Marín menjadi salah satu pemain jebolan akademi Real Madrid yang dipinjam Alaves pada musim panas 2023. Ia didatangkan untuk memoles tembok pertahanan Alaves sebelum mengarungi kerasnya persaingan di LaLiga. Ia pun sudah dipercaya masuk starting line-up Alaves dalam dua pertandingan terakhir. 

4. Giuliano Simeone diboyong dari Atletico Madrid

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Giuliano Simeone (instagram.com/giulisimeone)

Giuliano Simeone menjadi salah satu pemain yang datang untuk menambah ujung tombak Alaves pada 2023/2024. Anak dari Diego Simeone ini rencananya akan dipinjam selama semusim ke depan dari Atletico Madrid. Mengingat usianya yang masih muda, ia belum dipercaya mengisi skuad inti Los blanquiazules. 

5. Álex Sola tiba untuk menambah pilihan di pos bek kiri

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Alex Sola (instagram.com/aleexsolaa)

Álex Sola menerima tawaran pinjaman dari Deportivo Alaves karena mengalami krisis jam terbang di klub asalnya Real Sociedad. Rencananya, ia akan dipinjam selama semusim ke depan. Dalam empat pertandingan terakhir, Sola masih dijadikan pelapis Ruben Duarte yang dipercaya sebagai bek kiri utama Los blanquiazules. 

6. Jon Karrikaburu tiba untuk mempertajam lini serang Alaves

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Jon Karrikaburu (instagram.com/deportivoalaves)

Jon Karrikaburu masuk sebagai salah satu pemain pinjaman Deportivo Alaves dari Real Sociedad pada musim panas 2023. Sama seperti Simeone dan Omorodion, ia pun jadi pilihan juru gedor Alaves untuk menghadapi persaingan di kasta tertinggi. Sayangnya, ia belum dipercaya untuk mengisi skuad utama Los blanquiazules.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Deportivo Alaves Sedekade Terakhir

7. Kike García tiba dengan status free agent dari Osasuna

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Kike Garcia (instagram.com/kike_garcia17)

Kike García menerima pinangan dari Deportivo Alaves untuk mempertajam lini serangnya. Ia datang dengan status bebas transfer dari Osasuna setelah kontraknya resmi berakhir pada musim panas 2023. Kini, striker senior ini selalu dipercaya untuk menjadi ujung tombak Los blanquiazules.

8. Andoni Gorosabel dibeli dari Real Sociedad

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Andoni Gorosabel (instagram.com/deportivoalaves)

Pada musim panas 2023, Alaves berhasil memboyong Andoni Gorosabel dari Real Sociedad dengan harga murah, sebesar 500 ribu euro (Rp8,2 miliar). Padahal, harga pasarannya cukup tinggi mencapai 9 juta euro (Rp147,7 miliar). Ia pun langsung didapuk menjadi bek kanan utama di skuad Deportivo Alaves. 

9. Nahuel Tenaglia dipermanenkan dari CA Tallares

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Nahuel Tenaglia (instagram.com/nahueltenaglia)

Nahuel Tenaglia sebenarnya sudah menjadi bagian dari skuad Deportivo Alaves sejak musim panas 2022 dengan status pinjaman. Melihat penampilan apiknya, pihak klub pun mempermanenkannya dari CA Tallares dengan mahar sebesar 1 juta euro (Rp16,4 miliar). Sayangnya, ia kini tidak dijadikan bek kanan utama setelah datangnya Gorosabel. 

10. Nikola Maras dipermanenkan dari UD Almeria

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Nikola Maras (instagram.com/marasnikola18)

Nikola Maras masuk di skuad Deportivo Alaves untuk memperkokoh lini pertahanan. Ia dibeli dari UD Almeria dengan harga sebesar 1 juta euro (Rp16,4 miliar) dan menyetujui kontrak sampai 2027. Sayangnya, pemain asal Serbia ini masih belum dipilih sebagai bek tengah andalan di tim barunya.

11. Ander Guevara dibeli untuk menambah pilihan di lini tengah

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Ander Guevara (instagram.com/deportivoalaves)

Ander Guevara menjadi pemain keempat Deportivo Alaves yang didatangkan dari Real Sociedad. Pemain asli dari Vitoria-Gasteiz ini dibeli dengan harga 1,8 juta euro (Rp29,5 miliar) dan menyetujui kontrak sampai 2027. Ia pun sudah dipilih untuk mengisi pos gelandang tengah Los blanquiazules pada empat laga terakhir.

12. Antonio Blanco datang untuk mengisi pos lini tengah Alaves

12 Pemain Baru Deportivo Alaves pada Musim Panas 2023Antonio Blanco (instagram.com/deportivoalaves)

Antonio Blanco didapuk sebagai pemain termahal yang didatangkan Deportivo Alaves pada musim panas 2023. Ia diboyong dengan banderol sebesar 4 juta euro (Rp65,7 miliar) dari Real Madrid. Sebelumnya, Blanco sudah membela Alaves selama paruh musim 2022/2023 dan berhasil menunjukkan performa impresifnya sebagai gelandang bertahan. 

Banyaknya pemain yang didatangkan Deportivo Alaves menunjukkan keinginan kuat tim ini untuk tetap bertahan di kasta tertinggi. Pada empat laga awal ini, Alaves sukses membuktikan mereka mampu bersaing dengan tim-tim besar Spanyol. Pastinya, menarik untuk dinanti penampilan Alaves di laga-laga selanjutnya. 

Baca Juga: 4 Fakta Promosi Deportivo Alaves ke LaLiga 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya