5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024

Mampu tampil apik di tim barunya

Pemain gratis atau free transfer kerap dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai pemain buangan dari klub lamanya. Banyak di antara pemain bebas transfer yang tidak mendapat klub usai kontraknya habis atau pemain senior yang sudah tidak dilirik.

Namun, klaim tersebut tidak selalu benar karena banyak pemain berlabel bebas transfer yang tampil mengesankan bersama tim barunya. Bahkan, mereka menjadi sosok bintang yang mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap performa klubnya.

Pada bursa transfer musim panas 2023, terdapat sejumlah pemain yang didatangkan secara cuma-cuma oleh klub Portugal. Namun, hanya lima di antaranya yang mampu tampil mengesankan sepanjang paruh 2023/2024 di Liga Portugal.

1. Jose Fonte sukses jadi pemain bertahan utama SC Braga

5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024Jose Fonte saat membela SC Braga di Liga Portugal. (instagram.com/f6nte)

Jose Fonte merupakan pemain senior yang sudah malang melintang merumput di berbagai liga besar Eropa. Pada musim panas 2023, ia memilih bergabung dengan SC Braga usai kontraknya di LOSC Lille berakhir. Keputusan ini bersamaan pihak klub yang membutuhkan pengganti Vítor Tormena yang hengkang ke Krasnodar.

Pada 2023/2024, Fonte dipercaya untuk mengisi bek tengah SC Braga di sejumlah laga penting. Dengan segudang pengalaman, pemain yang akan merayakan ulang tahun ke-40 itu tahu betul trik menjaga pertahanan. Ia pun cukup padu diduetkan dengan pemain muda, seperti Serdar Saatçı dan Sikou Niakaté.

2. João Mendes sukses tampil gemilang bersama Vitoria Guimaraes

5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024Joao Mendes saat membela Vitoria Guimaraes. (instagram.com/vitoriasc_oficial)

João Mendes merupakan gelandang serang baru di skuad Vitoria Guimaraes. Sayangnya, ia belum menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam beberapa musim terakhir. Ia bahkan tidak pernah dibeli oleh satu pun klub lantaran kepindahannya terjadi dengan kontrak di klub lamanya berakhir.

Setelah mengalami masa-masa buruk, pada 2023/2024, Mendes berhasil menunjukkan performa terbaiknya. Ia bahkan berkontribusi besar terhadap penampilan Os Conquistadores yang mampu merangsek ke papan atas. Dalam 13 pertandingan Liga Portugal, ia sudah menyumbangkan 5 gol untuk timnya.

Baca Juga: Performa 5 Rekrutan Termahal Liga Portugal pada Awal 2023/2024

3. Angel Di Maria diandalkan sebagai pemain tengah Benfica

5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024Angel Di Maria saat membela Benfica. (instagram.com/angeldimariajm)

Angel Di Maria memilih kembali ke klub yang membesarkannya, Benfica setelah kontraknya di Juventus berakhir pada musim panas 2023. Keputusan ini disambut baik Benfica yang membutuhkan tambahan amunisi di lini serang. Apalagi mereka telah kehilangan striker andalannya Goncalo Ramos. 

Melihat rekam jejaknya, Di Maria tentu memberikan pengaruh besar terhadap performa As Aguias musim ini. Pada usia 35 ini, ia masih dipercaya mengisi sayap kanan utama klub asal Lisbon itu. Dalam 11 pertandingan Liga Portugal, pemain asal Argentina ini sudah mengoleksi 5 gol dan 2 assist

4. Cristo Gonzalez dipercaya mengisi lini serang Arouca

5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024Cristo Gonzalez saat memperkuat Arouca. (instagram.com/cristogonzaleztf)

Cristo Gonzalez adalah pemain gratis yang didatangkan Arouca dari Udinese pada musim panas 2023. Ia akhirnya memilih merapat ke Portugal karena tidak mendapat tempat utama di klub lamanya. Sejak bergabung pada 2019, ia bahkan hanya dipinjamkan ke beberapa klub di Spanyol.

Meski awalnya hanya berstatus pemain buangan, Gonzalez kini berhasil menunjukkan ketajamannya bersama Arouquenses. Ia bahkan sudah menjadi pemain andalan Arouca untuk mengisi barisan depan. Dalam 13 laga Liga Portugal terakhir, ia berhasil mencetak 6 gol untuk timnya. 

5. Alejandro Marqués jadi striker andalan Estoril Praia

5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024Alejandro Marqués saat membela Estoril Praia di Liga Portugal. (instagram.com/amarques_00)

Alejandro Marqués memilih bergabung ke Estoril Praia usai kontraknya dengan Juventus berakhir pada musim panas 2023. Sebelumnya, ia juga sempat menjalani masa pinjaman ke skuad Canarinhos pada 2022/2023. Pihak klub pun akhirnya mempermanenkannya setelah statusnya berubah menjadi free transfer.

Pemain asal Venezuela ini awalnya hanya dipasang sebagai pemain pengganti dalam beberapa laga. Lambat laun, ia mulai dipasang sebagai striker utama seiring meningkatnya ketajamannya. Dalam 12 pertandingan Liga Portugal terakhir, Marques berhasil membukukan 5 gol untuk timnya.

Semua pemain sepak bola bebas transfer di atas hijrah ke klub Liga Portugal usai kontraknya bersama tim lamanya berakhir dan tidak diperpanjang. Meski beberapa di antaranya sempat terpuruk karena gagal masuk skuad utama, kini mereka mampu bersinar dan punya kontribusi besar di tim barunya.

Baca Juga: 4 Pemain Anyar Primeira Liga Portugal yang Datang dari Serie A Italia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya