5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024

Semuanya berkebangsaan Portugal

Meski tak setenar liga top Eropa, Liga Portugal termasuk salah satu liga yang cukup kompetitif di Eropa. Sudah banyak pemain bintang kelas dunia yang mengawali kariernya di sini, termasuk Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Nuno Gomes, dan masih banyak lainnya. 

Hal ini didorong fakta bahwa Portugal termasuk salah satu negara penghasil pemain sepak bola yang memiliki akademi klub yang berkualitas. Dalam beberapa musim terakhir, sudah banyak pemain muda asal Portugal yang diboyong klub-klub raksasa Eropa.

Pada 2023/2024, sudah tampak juga beberapa pemain muda di Liga Portugal yang mampu menampilkan performa terbaiknya. Bahkan, hampir semuanya sudah dipercaya untuk mengisi starting line-up timnya sepanjang paruh musim ini di usia belia. 

1. Gonçalo Inácio (21 tahun) dipasang sebagai bek tengah Sporting Lisbon

5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Goncalo Inacio saat membela Sporting Lisbon. (instagram.com/goncaloinacio_25)

Gonçalo Inácio sudah menjadi bagian tak terpisahkan di jantung pertahanan Sporting Lisbon pada 2023/2024. Ia sudah diandalkan mengisi bek tengah utama Leões dalam skema formasi 3-4-3. Sepanjang 13 pertandingan Liga Portugal, ia belum pernah absen membela timnya. 

Pemain berusia 21 tahun ini punya cukup tangguh dalam memblok bola dari kaki penyerang lawan. Ia pun cukup rajin untuk maju ke depan dan memberikan umpan kepada pemain tengah dan depan. Berkat performa apiknya, Inacio sudah dilirik beberapa klub besar, termasuk Real Madrid. 

2. João Neves (19 tahun) dipercaya mengisi lini tengah Benfica

5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Joao Neves ketika memperkuat Benfica. (instagram.com/joao_neves87)

João Neves merupakan pemain yang menjalani debut di tim senior Benfica sejak musim panas 2023. Ia promosikan untuk menggantikan peran Julian Weigl yang hengkang ke Borussia Monchengladbach. Kini, ia bahkan hampir selalu diturunkan dalam starting line-up As Águias sepanjang paruh 2023/2024. 

Meski masih berusia 19 tahun, Neves sudah menunjukkan talentanya sebagai gelandang bertahan utama Benfica. Postur tubuhnya yang kecil membuatnya punya kecepatan dalam memblokir pergerakan lawan. Berkat penampilan apiknya, harga pasarannya naik dua kali lipat, 20 juta euro (Rp338 miliar).

Baca Juga: 5 Pemain Gratis yang Tampil Memukau di Liga Portugal 2023/2024

3. Tomás Haendel (23 tahun) jadi gelandang bertahan andalan Vitoria Guimaraes

5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Tomas Haendel saat membela Vitoria Guimaraes. (instagram.com/tomashandel)

Tomás Haendel memberikan kontribusi besar bagi penampilan Vitoria Guimaraes pada 2023/2024. Ia hampir selalu diturunkan sebagai starter di klub berjuluk Os Conquistadores tersebut. Dalam 13 pertemuan Liga Portugal terakhir, ia hanya sekali absen pada laga perdana. 

Pemain asal Portugal keturunan Austria ini memiliki peran besar membawa klubnya merangsek ke papan atas Liga Portugal. Selain berperan dalam membantu pertahanan, Haendel juga rajin maju ke depan membantu serangan. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 1 gol dan 1 assist

4. Tiago Morais (20 tahun) dipercaya mengisi sayap kiri Boavista

5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Tiago Morais saat memperkuat Boavista. (instagram.com/7morais7)

Tiago Morais adalah sayap kiri andalan Boavista pada 2023/2024. Sebelumnya, ia hanya menjadi pemain cadangan dan sempat dipinjamkan kepada Leixoes SC selama semusim. Berkat penampilan apiknya di Lexoes musim lalu, ia akhirnya mendapatkan kepercayaan dari pelatih Jorge Couto untuk masuk tim inti. 

Morais dikenal memiliki postur yang kecil, tetapi punya kecepatan yang dibutuhkan dalam membangun serangan. Ia bahkan berkontribusi besar terhadap penampilan Boavista pada awal musim ini dengan menyumbangkan 4 gol dan 1 assist. Sayangnya, Boavista mengalami penurunan belakangan ini akibat kekalahan beruntun. 

5. Rodrigo Gomes (20 tahun) berikan pengaruh besar terhadap performa Estoril Praia

5 Pemain Muda yang Bersinar di Liga Portugal pada 2023/2024Rodrigo Gomes saat membela Estoril Praia. (instagram.com/rodrigogomes.7)

Rodrigo Gomes sudah menunjukkan talentanya sejak dipromosikan ke tim senior SC Braga pada 2021/2022. Pada musim panas 2023, ia memutuskan untuk dipinjamkan kepada Estorial Praia untuk menambah pengalaman dan jam terbang. Kini, ia sudah dimasukkan di tim inti Canarinhos. 

Bersama Estoril Praia, Gomes terlihat semakin matang dan sukses menunjukkan ketajamannya. Dalam 12 pertandingan Liga Portugal, ia sudah mengoleksi 4 gol dan 5 assist untuk timnya. Tak hanya itu, ia pun sudah beberapa kali dinobatkan sebagai Man of the Match. 

Kelima pemain muda di atas menunjukkan bahwa Portugal terus menelurkan pemain-pemain muda berbakat. Bahkan, bakat muda tersebut sudah menyebar, tak hanya dimiliki klub besar, seperti FC Porto, Sporting Lisbon, dan Benfica. Melihat performa baiknya selama berlaga di Liga Portugal, bukan tidak mungkin mereka akan dilirik klub raksasa Eropa. 

Baca Juga: Performa 5 Rekrutan Termahal Liga Portugal pada Awal 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya