5 Pemain yang Datang Permanen ke Frosinone pada Musim Panas 2023

Pemain relatif berharga murah

Frosinone berhasil tampil mengagumkan di Serie B Italia 2022/2023. Mereka bahkan memastikan diri sebagai perengkuh gelar juara Serie B sebelum kompetisi berakhir, mengungguli tim-tim relegasi, seperti Genoa dan Cagliari, yang dikenal cukup kuat. 

Setelah dipastikan berlaga di kasta tertinggi Liga Italia, manajemen berlomba-lomba mendatangkan pemain baru untuk menambal lini terlemah. Apalagi mereka harus bersaing dengan tim raksasa Serie A yang diperkuat segudang pemain bintang. 

Pada musim panas 2023, klub berjuluk I Canarini telah mendatangkan lima pemain baru secara permanen ke dalam skuadnya. Keputusan ini penting untuk memperdalam skuadnya, sekaligus sebagai proyek investasi klub beberapa tahun ke depan.

1. Marvin Cuni didatangkan secara gratis dari Bayern Muenchen II

5 Pemain yang Datang Permanen ke Frosinone pada Musim Panas 2023Marvin Cuni saat menjalani sesi latihan bersama Frosinone. (instagram.com/frosinonecalcio)

Marvin Cuni jadi satu-satunya pemain baru yang didatangkan secara gratis di Frosinone pada musim panas 2023. Keputusan ini tepat karena bersamaan dengan habisnya masa kontraknya di Bayern Muenchen II. Pasalnya, sejak bergabung pada 2020, ia gagal masuk ke dalam skuad inti Bayern Muenchen II.

Dalam 3 musim terakhir, Cuni harus menjalani masa peminjaman ke Sonnenhof-Gr, SC Paderborn, dan Saarbruecken. Mengingat usianya yang masih 22 tahun, ia kemungkinan masih jadi pemain cadangan. Kabar positifnya, ia selalu diturunkan sebagai pengganti dalam tiga laga terakhir. 

2. Simone Romagnoli merapat dari Lecce

5 Pemain yang Datang Permanen ke Frosinone pada Musim Panas 2023Simone Romagnoli ketika membela Frosinone. (instagram.com/frosinonecalcio)

Simone Romagnoli didatangkan Frosinone dengan banderol sebesar 100 ribu euro (Rp1,64 miliar) dari Lecce. Ia pun sudah menandatangani kontrak selama 2 musim ke depan di Il Canarini. Sebelum bergabung dengan Frosinone dan Lecce, ia punya segudang pengalaman membela tim-tim Italia, seperti Parma, Empoli, Brescia, Bologna, Carpi, Pescara, AC Milan, dan Foggia.

Meski sudah senior, ia diminati karena dapat menyeimbangkan formasi tim barunya. Ia sudah didapuk menjadi andalan untuk mengawal barisan belakang Frosinone dalam tiga laga terakhir. Ia pun sukses mencetak assist penting dalam laga melawan Atalanta dalam lanjutan kasta tertinggi Liga Italia.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Berpengaruh di Frosinone 2023, Bawa Timnya ke Serie A!

3. Gennaro Borrelli didatangkan dari Pescara

5 Pemain yang Datang Permanen ke Frosinone pada Musim Panas 2023Gennaro Borrelli saat membela Frosinone. (instagram.com/gennaroborrelli_)

Gennaro Borrelli dipermanenkan dari Pescara dengan banderol sebesar 300 ribu euro (Rp4,9 miliar). Keputusan ini berkat penampilan apiknya selama membela Frosinone pada 2022/2023. Namun, jelang dimulainya musim 2023/2024, Borelli akhirnya dipinjamkan ke Brescia. 

Mengingat usianya yang masih muda, peminjaman ini bertujuan untuk menambah pengalaman dan kemampuannya sebagai pemain sepak bola. Pasalnya, ia masih dijadikan pemain cadangan di skuad Il Canarini. Ia punya kesempatan lebih ketika membela Brescia di Serie B.

4. Riccardo Marchizza diboyong dari Sassuolo

5 Pemain yang Datang Permanen ke Frosinone pada Musim Panas 2023Riccardo Marchizza saat memperkuat Frosinone. (instagram.com/riccardomarchizza1998)

Riccardo Marchizza memutuskan hengkang ke Frosinone karena tidak masuk skuad inti Sassuolo. Ia dibeli Frosinone dengan tebusan sebesar 1,5 juta euro (Rp24,6 miliar) dan menyetujui kontrak selama 3 tahun. Sejak awal bergabung ke Sassuolo, ia sudah dipinjamkan ke klub lain, meliputi Avellino, Crotone, Spezia Calcio, dan Empoli. 

Keputusan menerima tawaran Frosinone adalah hal yang tepat karena ia punya kesempatan lebih dibanding bertahan di Sassuolo. Dalam tiga laga Serie A terakhir, ia sudah diturunkan sebagai bek kiri andalan Il Canarini. Dalam laga melawan Atalanta, ia sukses mencetak assist penentu kemenangan timnya. 

5. Abdou Harroui merapat dari Sassuolo

5 Pemain yang Datang Permanen ke Frosinone pada Musim Panas 2023Abdou Harroui (putih) saat masih membela Sassuolo. (instagram.com/abdouharroui)

Abdou Harroui merupakan pemain Frosinone kedua yang diboyong dari Sassuolo. Ia didatangkan dengan banderol sebesar 2,5 juta euro (Rp41 miliar) dan menyetujui kontrak sampai 3 musim ke depan. Sebelum hijrah ke Italia, Harroui sempat membela klub Belanda, Sparta Rotterdam selama 3 musim. 

Kedatangan Harroui ke Frosinone cukup penting untuk menambah amunisi lini serang. Ia pun sudah didapuk sebagai striker utama Il Canarini dalam tiga laga Serie A terakhir. Pemain berkebangsaan Maroko itu pun sukses mempersembahkan dua gol untuk timnya sejauh ini. 

Pada musim panas 2023, Frosinone hanya mendatangkan lima pemain baru yang dikontrak secara permanen. Tak hanya itu, rupanya Frosinone masih menerapkan strategi musim lalu dengan meminjam pemain potensial untuk menambah amunisinya dalam mengarungi Serie A 2023/2024. 

Baca Juga: Kisah Frosinone Calcio Tembus Serie A Bersama Fabio Grosso

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya