Rusia Menawarkan Untuk Menjadi Tuan Rumah Pembukaan Euro 2020

Pengin mengulang kesuksesan sepertinya

Setelah sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia rupanya masih berkeinginan untuk mengadakan acara lain di negaranya. Menurut Wakil Perdana Menteri Rusia, Vitaly Mutko, Rusia telah mengajukan menjadi tuan rumah pembukaan Euro 2020 yang diadakan di seluruh eropa, dengan berbagai kota dan negara yang ikut dalam asosiasi UEFA.

Kota St Petersburg yang menjadi kota penyelenggara Piala Dunia 2018, nantinya juga akan menyelenggarakan tiga pertandingan penyisihan grup Piala Eropa 2020. Ini juga pertama kalinya Euro diadakan di seluruh negara Eropa, setelah sebelumnya hanya bertempat di satu atau dua negara saja, dilansir dari Tass.com.

1. Situasi dan tempat yang mendukung

Rusia Menawarkan Untuk Menjadi Tuan Rumah Pembukaan Euro 2020edition.cnn.com

Kota St Petersburg yang ditunjuk menjadi tuan rumah tiga pertandingan penyisihan grup dan satu pertandingan perempat final Euro 2020, memiliki situasi dan venue yang mendukung untuk dijadikan sebagai pembukaan Euro.

Setelah sebelumnya telah sukses menyelenggarakan ajang Piala Dunia 2018 menjadi keunggulan sendiri bagi kota yang terletak di sebelah utara negeri beruang merah tersebut.

Kota kedua terbesar di Rusia tersebut juga memiliki berbagai sarana dan prasarana yang mendukung ajang Euro 2020. Vitaly Mutko juga berkata jika "Kota St Petersburg layak dijadikan sebagai pesta pembukaan Euro 2020, karena memiliki salah satu stadion termegah di Eropa yakni Stadion Krestovksy.

2. Merayakan Piala Eropa ke-60 tahun

Rusia Menawarkan Untuk Menjadi Tuan Rumah Pembukaan Euro 2020uefa.com

Piala Eropa atau Euro 2020 akan menjadi ajang ke-60 edisi gelaran terbesar di benua biru, sejak pertama kali diadakan tahun 1960 dan digelar di Prancis. Maka untuk merayakan acara tersebut, UEFA mengadakan acara yang berbeda dari sebelumnya dengan mengadakan acara di seluruh negara Eropa, yang tergabung dalam anggota sepak bola Eropa (UEFA).

Acara Euro 2020 tersebut akan diadakan di 12 kota dari 12 negara berbeda, yakni St. Petersburg (Rusia), Baku (Azerbaijan), Bucarest (Romania), Budapest (Hungaria), Kopenhagen (Denmark), Amsterdam (Belanda), Munich (Jerman), Roma (Italia), Bilbao (Spanyol), Dublin (Irlandia), London (Inggris) dan Glasgow (Skotlandia).

3. Tidak ada tim yang otomatis masuk ke Euro 2020

Rusia Menawarkan Untuk Menjadi Tuan Rumah Pembukaan Euro 2020uefa.com

Pada gelaran Euro 2020 nanti tidak ada tim yang otomatis masuk dalam acara tersebut. Termasuk 12 negara yang menjadi tuan rumah penyelenggara Euro 2020. Maka semua negara anggota UEFA akan mengikuti babak kualifikasi, dan memungkinkan bagi tim tuan rumah gagal serta tidak berhasil menjadi satu dari 24 tim peserta Euro 2020.

Kualifkasi Euro 2020 masih akan memulai pengundian grup pada 2 Desember 2018 di Dublin, Irlandia, dengan 55 anggota UEFA yang nantinya diundi untuk menempati 10 grup dalam babak penyisihan kualifikasi.

Selain itu empat negara yang menjadi finalis UEFA Nations League 2019 nantinya secara otomatis menjadi peserta Euro 2020.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya