Comscore Tracker

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! 

Calon bintang di masa depan!

Kiper merupakan posisi yang sangat vital dalam sepak bola. Pasalnya, mereka adalah garis terakhir di jantung pertahanan yang menjadi salah satu faktor kunci kemenangan. Tak heran jika klub-klub sangat selektif demi memperoleh penjaga gawang yang hebat, dan mampu membawa tim meraup banyak clean sheet atau nirbobol.

Dalam sejarah sepak bola sendiri, tercatat deretan kiper yang memiliki karier gemilang dengan torehan clean sheet nan mentereng. Legenda Real Madrid, Iker Casillas, berada di puncak dengan 439 kali nirbobol. Namun, Santo Iker , sudahlah pensiun. Begitu juga beberapa angkatannya seperti Victor Valdes, juga Petr Cech meski saat ini comeback bersama Chelsea.

Kendati demikian, pada dekade ini telah terlahir kembali kiper-kiper muda potensial yang digadang-gadang mampu menjadi yang terbaik di masa depan. Terlebih, beberapa dari mereka telah menunjukkan kepiawaiannya di gawang dengan raihan clean sheet yang banyak. Lantas, siapa sajakah youngster tersebut? Berikut nama-namanya.

1. Gianluigi Donnarumma - 21 tahun, 83 clean sheet

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! goal.com

Italia memang selalu melahirkan kiper-kiper hebat dalam tradisinya. Setelah Dino Zoff hingga Gianluigi Buffon, kini ada sosok Gianluigi Donnarumma yang muncul dengan kemampuan level tingginya. Bahkan, di usianya yang baru 16 tahun saja, ia telah dipercayakan menjadi penjaga gawang utama AC Milan pada musim 2015/2016 silam.

Hasilnya pun cukup apik, ia berhasil menorehkan 12 clean sheet pada tahun perdananya di Serie A. Dan kini, Donnarumma yang telah menginjak 21 tahun pun semakin matang. Kepercayaan Milan kepadanya membuat pria kelahiran Castellammare itu menjadi kiper termuda dengan clean sheet terbanyak. Dari 234 laga yang dimainkannya, ia tercatat berhasil menjaga kesucian gawangnya sebanyak 83 kali.

2. Wuilker Fariñez Aray - 22 tahun, 67 clean sheet

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! thesun.co.uk

Nama selanjutnya mungkin jarang terdengar di telinga orang banyak. Namun nyatanya, setelah Donnarumma, Wuilker Fariñez Aray lah yang menempati posisi kedua sebagai kiper termuda dengan clean sheet terbanyak. Penjaga gawang berpaspor Venezuela itu berhasil mencatat 67 kali nirbobol selama 179 laga yang dimainkannya.

Aray menjelma menjadi sosok kiper yang berpotensi setelah menampilkan permainan yang gemilang bersama Millonarios di Liga Kolombia. Penampilan impresifnya pun membuat klub Ligue 1, RC Lens, merekrutnya pada musim ini. Jika Aray berhasil menunjukkan performa apik di Liga Perancis, bukan tidak mungkin para raksasa Eropa akan berlomba-lomba mendapatkan tanda tangannya.

3. Alban Lafont - 21 tahun, 61 clean sheet  

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! le10sport.com

Di tempat ketiga terdapat nama Alban Lafont. Kiper Fiorentina yang sedang dipinjamkan ke Nantes ini telah mencatat 61 clean sheet dalam 188 laga yang jalaninya. Tak heran karena pemain 21 tahun ini memiliki refleks yang sangat bagus di bawah mistar gawang. 

Kepiawaian Lafont sebagai penjaga gawang pun sampai membuat raksasa Spanyol, Real Madrid, kepincut dengannya. Selain itu, di level negara Lafont pun disinyalir akan menjadi suksesor Hugo Lloris sebagai penjaga gawang Timnas Prancis. Jika Lafont mampu terus mempertahankan performanya dengan konsisten, bukan hal yang mengejutkan jika dirinya menjadi salah satu kiper terhebat di masa depan.

Baca Juga: 8 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Sejarah UCL, Tangguh!

4. Andriy Lunin, 21 tahun, 32 clean sheet

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! therealchamps.com

Penggawa Real Madrid, Andriy Lunin, juga menjadi sosok kiper yang gemilang di angkatannya. Menginjak usia 21 tahun, Lunin mampu menorehkan clean sheet sebanyak 32 kali dalam 101 pertandingan.

Namun sayangnya, penjaga gawang berkebangsaan Ukraina itu kesulitan dalam menambah catatan apiknya. Pasalnya, di Madrid ia masih kalah saing dengan Thibaut Cortouis di posisi kiper utama. Mengingat usia Cortouis yang masih 28 tahun, tampaknya Lunin harus mempertimbangkan hengkang dari Santiago Bernabeu jika ingin menjadi kiper kelas dunia di masa depan.

5. Aaron Ramsdale - 22 tahun, 18 clean sheet

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! skysports.com

Terbang ke Inggris, kali ini ada nama Aaron Ramsdale sang kiper masa depan The Three Lions. Ramsdale yang saat ini membela Sheffield United berhasil membukukan 18 kali nirbobol selama 97 kali turun di bawah mistar gawang.

Meskipun berada di tim yang di level menengah, bukanlah hal yang mustahil bagi Ramsdale untuk menambah catatan apiknya. Pasalnya, rekan seangkatannya, Dean Henderson yang merupakan kiper Sheffield pada musim lalu pun mampu tampil gemilang dengan 13 kali menorehkan clean sheet di Liga Inggris. Catatan tersebut tentu patut membuatnya percaya diri agar dapat berkembang menjadi kiper yang hebat.

6. Justin Bijlow - 22 tahun, 17 clean sheet

6 Kiper U-23 dengan Clean Sheet Terbanyak, Donnarumma Superior! ed.nl

Tempat terakhir tercatat nama Justin Bijlow yang masih menginjak 22 tahun. Penggawa Feyenoord ini berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan sebanyak 17 kali dalam 51 laga. Memiliki tinggi mencapai 190 cm, Bijlow terbilang tangguh di mulut gawang.

Kepiawaiannya pun membuat namanya selalu menjadi langganan di Timnas Belanda muda. Apabila pria kelahiran Rotterdam itu dapat diberikan kesempatan yang lebih oleh Feyenoord. Maka, bukanlah hal yang mustahil dirinya bisa memperpanjang catatan impresifnya itu.

Meski masih berada di usia yang sangat muda, kiper-kiper tersebut telah berhasil menunjukkan tanda-tanda menjanjikan untuk menjadi yang terbaik di masa depan. Lalu, akankah salah satu dari mereka dapat memecahkan rekor Casillas? Patut dinantikan!

Baca Juga: 8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!

Celvin M Sipahutar Photo Verified Writer Celvin M Sipahutar

Freelance Journalist | @celvinms

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya