Timnas Kroasia Tiba di Kampung Halaman Disambut Seperti Pahlawan

#WorldCup2018 Kroasia masih punya PR nih

Setelah kalah dari Prancis di final Piala Dunia 2018, timnas Kroasia langsung pulang ke negara asalnya esok harinya. Suasana di Kroasia berlangsung meriah sekali ketika timnas Kroasia sudah tiba, dan mereka menganggap para pemain beserta pelatih dan staf sebagai pahlawan. Bagaimana momen-momen mereka?

1. Sebanyak setengah juta penggemar Kroasia menunggu di Zagreb

Timnas Kroasia Tiba di Kampung Halaman Disambut Seperti Pahlawantwitter.com/brfootball

Dilansir dari Fifa.com, kerumunan ribuan pendukung Kroasia yang memadati kota Zagreb, setia menunggu para pemain serta pelatih dan staf timnas Kroasia tiba di Kroasia setelah pulang dari. Sambutan yang luar biasa ini berlangsung pada malam waktu setempat.

Meski kalah pada babak final, sambutan tersebut layaknya seperti menyambut para juara di negaranya. Alasannya, karena Kroasia berhasil melewati pencapaian terbaik di Piala Dunia 1998 lalu.

Dilansir dari Goal.com, jumlah pendukung yang memadati sekitar kota Zagreb diperkirakan mencapai 500 ribu orang atau setara lebih dari 10 persen penduduk Kroasia, di mana jumlah penduduk Kroasia saat ini mencapai 4,2 juta penduduk.

2. Penampilan Kroasia di Rusia benar-benar sungguh di luar dugaan

Timnas Kroasia Tiba di Kampung Halaman Disambut Seperti Pahlawantwitter.com/brfootball

Siapa sangka penampilan Kroasia di Piala Dunia 2018 lalu begitu luar biasa dan di luar dugaan. Padahal persiapan Kroasia menjelang ajang itu dibilang mepet. Karena Zlatko Dalic baru ditunjuk saat 1 pertandingan tersisa di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu.

Kedatangan Dalic ke timnas Kroasia justru menjadi keberuntungan tersendiri dan akhirnya bisa lolos melalui jalur playoff. Di Rusia, Kroasia secara mengejutkan menghancurkan Argentina dengan skor 3-0. Sejak saat itu juga, Kroasia tidak bisa dianggap remeh.

Begitu juga dengan pada babak sistem gugur dengan 2 pertandingan harus dilalui adu penalti dan menang untuk Kroasia. Kekompakan para pemain Kroasia akhirnya membuahkan hasil setelah lolos ke final Piala Dunia 2018, meski akhirnya harus kalah dari Perancis dengan skor 2-4.

Walaupun kalah, prestasi Kroasia terbilang sangat membanggakan, di mana Kroasia tidak diunggulkan untuk bisa melaju ke babak final. Meski gagal, satu pemain mereka, Luka Modric, berhasil menyabet gelar individu Golden Ball yang merupakan penghargaan pemain terbaik sepanjang Piala Dunia 2018.

3. Jadwal yang dihadapi timnas Kroasia berikutnya

Timnas Kroasia Tiba di Kampung Halaman Disambut Seperti Pahlawanfifa.com

Dilansir dari Soccerway.com, perjuangan timnas Kroasia masih berlanjut setelah Piala Dunia 2018. Kroasia dijadwalkan akan menghadapi timnas Portugal pada laga uji coba yang dijadwalkan pada tanggal 7 September 2018.

Disusul menghadapi Spanyol dan Inggris yang masing-masing pada tanggal 12 September 2018 dan 13 Oktober 2018 dalam laga Liga National Eropa atau kualifikasi Piala Eropa 2020. Berstatus runner up Piala Dunia 2018, Kroasia harus melewati persaingan sengit untuk bisa lolos ke Piala Eropa 2020.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya