4 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Sergio Busquets memilih berkarier di Liga Amerika Serikat

Barcelona adalah klub papan atas yang berkompetisi di LaLiga Spanyol. Bukan hal yang mengejutkan mereka memiliki skuad bertabur bintang. Dengan banyak pemain bintang yang dimiliki, persaingan di Barcelona otomatis cukup ketat.

Beberapa pemain terpaksa dilepas Barcelona lantaran kalah bersaing. Pada musim panas 2023, ada empat pemain yang dilepas Barcelona secara gratis alias bebas transfer. Siapa saja para pemain itu dan ke klub mana mereka dilepas?

1. Alex Collado lebih sering dipinjamkan oleh Barcelona

4 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Alex Collado (fcbarcelona.com)

Alex Collado adalah pemain berusia 24 tahun yang biasa tampil sebagai sayap kanan. Dia juga bisa menjadi gelandang tengah dan gelandang serang jika dibutuhkan. Collado sendiri adalah jebolan akademi Barcelona.

Sempat bermain di berbagai kelompok umur, Collado promosi ke tim senior Barcelona pada musim panas 2021. Sayang, dia tampaknya kesulitan bersaing di tim senior Barcelona. Collado lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Akhirnya, dia resmi dilepas Barcelona secara gratis pada 27 Juli 2023 ke Real Betis.

2. Samuel Umtiti gagal bersinar di Barcelona karena sering cedera

4 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Samuel Umtiti (fcbarcelona.com)

Berikutnya ada pemain berpaspor Prancis bernama Samuel Umtiti. Pemain berusia 29 tahun ini biasa tampil sebagai bek tengah dalam skema permainan tim. Umtiti sendiri dibeli Barcelona pada musim panas 2016 dari Olympique Lyon.

Tak tanggung-tanggung, Barcelona rela merogoh kocek sebesar 410 miliar rupiah untuk menggaet Umtiti. Pemain setinggi 182 sentimeter ini sejatinya adalah bek tengah berkualitas. Sayang, Umtiti gagal mengeluarkan permainan terbaiknya di Barcelona lantaran cedera kambuhan.

Selama berkostum Barcelona, Umtiti telah melakoni 133 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Jika tidak sering cedera, jumlah pertandingan, gol, hingga assist -nya bisa jadi lebih banyak. Umtiti akhirnya dilepas Barcelona secara gratis ke LOSC Lille pada 22 Juli 2023.

Baca Juga: 5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel Umtiti

3. Sergio Busquets melanjutkan karier di Liga Amerika Serikat

4 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Sergio Busquets (fcbarcelona.com)

Sergio Busquets adalah pemain yang sudah lama berkostum Barcelona. Pemain berposisi gelandang bertahan ini dimatangkan di akademi Barcelona. Performa apik yang dia tunjukkan mengantarkan Busquets promosi ke tim senior Barcelona pada musim panas 2008.

Busquets berhasil bertransformasi menjadi gelandang papan atas di Barcelona. Sejauh ini, pemain berpaspor Spanyol ini telah melakoni 722 pertandingan dengan torehan 18 gol dan 45 assist bersama Barcelona. Sayang, performa Busquets mulai menurun seiring bertambahnya usia.

Dengan usia yang sudah 35 tahun, Busquets tentu kesulitan bersaing dengan barisan pemain muda Barcelona. Pemilik 143 caps dan 2 gol bersama Timnas Spanyol ini akhirnya pergi secara gratis dari Barcelona pada 16 Juli 2023. Klub yang menjadi perhentian Busquets adalah Inter Miami.

4. Jordi Alba sudah cukup lama berseragam Barcelona

4 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Jordi Alba (fcbarcelona.com)

Setali tiga uang dengan Sergio Busquets, Jordi Alba juga pemain yang sudah lama berkostum Barcelona. Dia sempat menimba ilmu di akademi Barcelona dan bermain untuk berbagai kelompok umur. Alba tidak langsung promosi ke tim senior Barcelona.

Dia terlebih dulu bermain untuk Cornelia dan Valencia sebelum dibeli Barcelona pada musim panas 2012. Alba yang berposisi bek kiri berhasil menjadi sosok andalan di lini belakang Barcelona. Sayang, usianya yang sudah 34 tahun membuat Alba kesulitan bertahan di Barcelona. Dia akhirnya memilih hengkang secara gratis ke klub yang sama dengan Sergio Busquets, Inter Miami.

Keempat pemain di atas resmi meninggalkan Barcelona secara gratis alias bebas transfer pada musim panas 2023. Kepergian Sergio Busquets dan Jordi Alba tentu cukup berdampak bagi Barcelona. Pasalnya, keduanya sudah lama mengabdi dan berjasa besar bagi Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi Alba

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya