Drama Kepindahan Arsen Zakharyan ke Real Sociedad

Akhirnya terwujud setelah drama negosiasi panjang

Setahun sejak namanya merebak karena dikabarkan diminati Chelsea, Arsen Zakharyan akhirnya berlabuh di Real Sociedad. Ia siap debut di LaLiga Spanyol pada 2023/2024 ini. Kepindahannya cukup dramatis. Setelah upaya Chelsea mendatangkannya langsung dari Dynamo Moskow gagal, Zakharyan dikaitkan dengan beberapa klub liga top Eropa, mulai Lazio sampai RC Strasbourg. 

Real Sociedad sendiri hadir bak kejutan. Tanpa banyak basa-basi, mereka akhirnya melewati segala rintangan akibat sanksi dan mengikat sang pemain muda sampai 5 tahun ke depan. Bagaimana perjalanan Arsen Zakharyan akhirnya sampai di Real Sociedad?  

1. Namanya merebak saat berhasil debut untuk Timnas Rusia pada 2021

Drama Kepindahan Arsen Zakharyan ke Real SociedadArsen Zakharyan saat debut untuk Timnas Rusia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. (instagram.com/teamrussia)

Nama Arsen Zakharyan sebenarnya mulai merebak saat berhasil debut untuk Timnas Rusia pada September 2021 pada momen Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu, Valery Karpin baru saja ditunjuk menggantikan posisi Stanislav Cherchesov sebagai pelatih yang didepak usai Timnas Rusia gagal total di Piala Eropa 2020. Tidak seperti beberapa pemain muda yang terlebih dahulu dicadangkan, Zakharyan yang saat itu masih berusia 18 tahun langsung diturunkan sejak awal oleh Karpin pada laga krusial melawan Kroasia.

Bakatnya mencolok, mengonfirmasi klaim The Guardian yang menyertakan namanya dalam daftar 60 pemain muda terbaik 2020 versi mereka. Meski debut pada era Karpin, Cherchesov sudah menaruh hati pada Zakharyan dan berniat memasukkannya dalam daftar skuad Timnas Rusia pada Piala Eropa 2020. Kesempatan debut pada ajang bergengsi itu gagal gara-gara Zakharyan terpaksa menjalani operasi amandel berdekatan dengan jadwal turnamen. 

Di bawah kepemimpinan Karpin, Zakharyan berhasil tampil dalam 7 laga bersama Timnas Rusia dan menyumbang 1 umpan gol. Soal karier di klub ternyata Zakharyan lebih mentereng. Ia dikenal sebagai gelandang serang prolifik di Dynamo Moskow. Dari total 89 pertandingan bersama tim utama Dynamo sejak 2021, Zakharyan menyumbang 19 gol dan 25 umpan. Selama 2 musim terakhir (2021/2022 dan 2022/2023), ia masuk dalam daftar penyumbang umpan terbanyak di klubnya. Itu belum termasuk peluang yang ia ciptakan pada setiap pertandingan. 

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masa

2. Akibat sanksi tegas atas Rusia, opsi paling mungkin baginya jelas bukan klub Inggris

Drama Kepindahan Arsen Zakharyan ke Real SociedadArsen Zakharyan saat berseragam Dynamo Moskow. (instagram.com/fcdynamo)

Kehebatannya mulai terdeteksi tim-tim di luar Rusia. Apalagi dengan usianya yang masih relatif muda. Kabar tersanter datang dari Chelsea yang sudah memantaunya jelang bursa transfer musim panas 2022. Namun, gara-gara konstelasi politik Eropa yang tidak mendukung dan sanksi tegas yang dijatuhkan UEFA serta FIFA pada Rusia, kepindahannya jadi hambatan besar.

English Premier League menerapkan regulasi yang cukup tegas untuk Rusia jika dibanding liga-liga Eropa lainnya. Pada Maret 2022, mereka sepakat mendiskualifikasi hak kepemilikan Roman Abramovic atas Chelsea hingga membuatnya terpaksa menjual klub kebanggaannya itu ke BlueCo (Todd Boehly). Tak heran jika kepindahan Zakharyan ke Chelsea maupun klub Inggris lainnya hampir mustahil. Hingga bursa transfer musim dingin 2023, Chelsea belum menemukan cara merealisasikan minat mereka pada sang wonderkid.

Jurnalis sepak bola Fabrizio Romano dan Hrach Khachatryan mengikuti betul proses dramatis ini. Beberapa klub yang sempat dikabarkan melakukan negosiasi serius dengannya adalah Galatasaray dan Lazio. Namun, prosesnya terhenti di tengah jalan. RC Strasbourg yang sudah jadi milik BlueCo sejak Juni 2023 juga sempat dikabarkan mengamati perkembangan transfer Zakharyan.

Jelang pertengahan Agustus 2023, Real Sociedad hadir bak kejutan. Lewat proses susah payah dan negosiasi panjang, merekalah yang akhirnya berhasil memboyong Arsen Zakharyan dari Dynamo Moskow. Mahar yang harus mereka bayar sebesar 13 juta euro (Rp 217 miliar), sedikit lebih murah dari harga pasar yang diprediksi Transfermarkt. 

3. Pemain Rusia ketiga yang bermain di Real Sociedad

Drama Kepindahan Arsen Zakharyan ke Real SociedadArsen Zakharyan (kanan) saat menyapa rekan setim barunya Unai Marrero dan Takefusa Kubo. (twitter.com/RealSociedad)

Kepindahan ini menjadikan Zakharyan pemain Rusia ketiga yang pernah bermain untuk Real Sociedad. Ia menyusul Valery Karpin (2002-2005) dan Dmitri Khokhlov (2000-2003). Menariknya, kolom komentar media sosial Real Sociedad dan Arsen Zakharyan yang memberitakan kabar gembira ini malah dipenuhi ujaran dan dorongan agar sang pemain mengganti kewarganegaraannya dari Rusia jadi Armenia. Hal itu seiring memburuknya hubungan politik Rusia dan Armenia beberapa bulan terakhir. 

Terlihat jelas dari namanya, Zakharyan lahir dari kedua orang tua asal Armenia. Keluarganya pindah ke Samara, Rusia, saat konflik pecah di Nagorno-Karabakh medio 1990-an, beberapa tahun sebelum ia lahir. Ini membuatnya berhak atas dua kewarganegaraan sekaligus, Rusia dan Armenia. Namun, sejauh ini sang pemain hanya mengantongi satu paspor. Menurut Football Federation of Armenia, seperti pernah diliput media milik pemerintah Rusia, RT, mereka tidak pernah berkontak dengan Zakharyan terkait opsi mengganti kewarganegaraan dan pengalihan aliansi dari Rusia ke Armenia. 

Terlepas dari harapan warga Armenia pada Arsen Zakharyan, kariernya di Real Sociedad sangat layak dinantikan. Apalagi menilik riwayat tim biru/putih yang tak enggan memberi menit bermain pada pemain-pemain mudanya. Semoga Zakharyan sanggup menjawab segala polemik nonteknis yang meliputinya dengan penampilan ciamik di atas lapangan hijau.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real Sociedad

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya