6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024

Salah satunya merupakan pemain baru AC Milan

Argentina dikenal sebagai gudangnya pemain berbakat. Banyak pemain Negeri Tango yang saat ini bermain di liga top Eropa. Salah satunya di Serie A Italia.

Kualitas pemain Argentina tidak perlu diragukan lagi. Ada total 25 pemain dari sana yang tengah bermain di Serie A 2023/2024. Dari keseluruhan tersebut, sekitar enam pemain Argentina berposisi sebagai bek tengah.

Siapa saja keenam bek tengah tersebut? Seperti apa kontribusinya kepada klub yang dibelanya?

1. Lucas Martinez Quarta menjadi tumpuan lini pertahanan Fiorentina

6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024Lucas Martinez Quarta (instagram.com/chinoquartamartinez96)

Nama pertama adalah Lucas Martinez Quarta, bek tengah Fiorentina yang kini telah berusia 27 tahun. Pemain kelahiran Mar del Plata, Argentina, ini bergabung dengan Fiorentina pada 2020/2021 dari River Plate. Dari mulai bergabung dengan La Viola, ia sudah menjadi pemain utama sampai saat ini.

Statistik Lucas Manuel Quarta bersama Fiorentina terbilang cukup baik. Ia telah mencatatkan 97 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 4 assist. Prestasi terbaiknya selama berseragam La Viola adalah menjadi runner-up Conference Cup 2022/2023. Ia juga kerap dipanggil Timnas Argentina.

2. Nehuen Perez menjadi pemain yang diandalkan di posisi bek tengah Udinese

6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024Nehuen Perez (instagram.com/nehuen.perez)

Nama selanjutnya ada Nehuen Perez, mantan pemain Atletico Madrid yang kini berseragam Udinese. Bek tengah asal Argentina ini memiliki peran vital di lini pertahanan Zebrette. Ia tampil solid dan kerap menggagalkan peluang lawan untuk mencetak gol.

Posisi Nehuen Perez di bek tengah Udinese tidak tergantikan. Ia selalu bermain penuh hingga giornata ke-14 Serie A Italia. Berkat penampilan gemilangnya di lini pertahanan, Udinese tidak ragu memberinya durasi kontrak yang penjang. Bek berusia 23 tahun ini memiliki masa bakti hingga sampai Juni 2027.

3. Bruno Amione lebih sering tampil dari bangku cadangan

6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024Bruno Amione (instagram.com/brunoamione)

Bruno Amione merupakan bek tengah asal Argentina yang bergabung dengan Hellas Verona pada 2020/2021. Ia didatangkan dari klub kasta tertinggi Argentina, Club Atletico Belgrano. Semenjak bergabung dengan Hellas Verona, Bruno Amione sempat dipinjamkan kepada Reggina pada 2021/2022 dan Sampdoria pada musim berikutnya.

Hellas Verona tidak meminjamkan dirinya lagi. Ia diberi kesempatan untuk menjalankan kompetisi pada 2023/2024. Hingga giornata ke-14 Serie A, ia telah bertanding sebanyak 7 kali dengan rincihan 445 menit bermain.

Baca Juga: 3 Pesepak Bola Bosnia dan Herzegovina yang Mentas di Serie A 2023/2024

4. Jose Luis Palomino sudah tidak lagi menjadi pilihan utama Atalanta

6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024Jose Palamino (instagram.com/palaminooficial)

Jose Palamino menjadi salah satu pemain di balik kesuksesan Atalanta dalam menebus kompetisi antarklub Eropa dalam beberapa tahun belakangan. Ia mampu tampil solid di lini pertahanan La Dea. Bek berusia 33 tahun tersebut bahkan sudah mencatatkan 222 pertandingan dan mencetak 9 gol selama berseragam Atalanta. 

Namun, pada 2023/2024, ia bukan lagi pilihan utama pelatih Gian Piero Gasperini. Bek senior asal Argentina tersebut hanya bermain selama 2 menit dalam 2 pertandingan hingga giornata ke-14 Serie A Italia. Masalah kebugaran serta cedera hamstring yang menimpanya harus membuatnya kehilangan tempat di posisi bek utama Atalanta.

5. Federico Fazio merupakan kapten dari Salernitana

6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024Federico Fazio (instagram.com/ussalernitana1919official)

Federico Fazio adalah sosok bek senior asal Argentina dengan segudang pengalaman di kompetisi Eropa. Pemain 36 tahun ini pernah bermain dengan Tottenham Hotspur, Sevilla, dan AS Roma. Ia memulai petualangannya di Serie A pada transfer musim panas 2016.

Bersama AS Roma, Federico Fazio bermain cukup apik walaupun belum pernah menberikan gelar. Ia lalu bergabung dengan Salernitana pada Januari 2022 secara gratis. Federico Fazio kini menjabat kapten tim Salernitana. 

6. Marco Pellegrino masih kesulitan bersaing dengan bek tengah AC Milan

6 Bek Tengah Argentina yang Berkarier di Serie A 2023/2024Marco Pellegrino (instagram.com/maarcopellegrino)

Marco Pellegrino merupakan salah satu rekrutan anyar AC Milan pada transfer musim panas 2023. I Rossoneri membeli Pellegrino dari klub asal Argentina, Club Atletico Platense. Pemain bertahan asal Argentina tersebut menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2028.

Sayangnya, Marco Pellegrino belum banyak berkontribusi bagi AC Milan. Bek berusia 21 itu baru sekali tampil saat AC Milan ditahan imbang Napoli dengan skor 2-2 pada giornata 10 Serie A. Setelah laga itu, ia menderita cedera distorsi engkel dan diperkirakan akan kembali pada Desember 2023. 

Dari beberapa nama di atas, hanya Lucas Martinez Quarta yang kerap dipanggil Timnas Argentina. Namun, bukan tidak mungkin pemain seperti Nehuen Perez, Bruno Amione, dan Marco Pellegrino bakal menjadi andalan di lini belakang La Albiceleste dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Pemain Slovakia yang Meramaikan Serie A 2023/2024, Ada Lobotka

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya