3 Manajer Non-Eropa yang Pernah Menangani Tottenham Hotspur

Ange Postecoglou salah satunya

Tottenham Hotspur tampil cemerlang pada awal musim 2023/2024. The Lilywhites kini memimpin klasemen sementara English Premier League (EPL) berkat raihan 26 poin dari 10 pertandingan. Mereka bahkan belum pernah kalah.

Keberhasilan Tottenham tak lepas dari peran manajer mereka, Ange Postecoglou. Juru taktik asal Australia itu berhasil mengemban tugas dengan baik meski baru membesut Tottenham sejak musim panas 2023. 

Tottenham sendiri tampaknya sangat yakin dengan kualitas Postecoglou. Sebab, The Lilywhites jarang mempercayakan kursi kepelatihan kepada manajer non-Eropa. Dalam daftar manajer sepanjang masa Tottenham Hotspur, hanya ada tiga manajer, termasuk Ange Postecoglou, yang berasal dari luar Eropa.

1. Osvaldo Ardiles hanya bertahan semusim

3 Manajer Non-Eropa yang Pernah Menangani Tottenham HotspurOsvaldo Ardiles (twitter.com/osvaldooardiles)

Osvaldo Ardiles merupakan manajer non-Eropa pertama yang menangani Tottenham Hotspur. Pria asal Argentina itu ditunjuk sebagai manajer pada 1993. Ardiles sendiri sudah cukup familier dengan klub asal London Utara itu.

Dia pernah memainkan 149 laga bersama The Lilywhites ketika masih berstatus sebagai pemain. Pengalaman itu tentu menjadi modal berharga Ardiles saat melatih Tottenham. Sayang, ekspektasi besar yang diharapkan justru tak terjadi.

Ardiles gagal membawa The Lilywhites bersaing lantaran hasil kurang memuaskan yang didapat. Dari 63 pertandingan yang dijalani di semua kompetisi, Tottenham hanya mampu meraih 19 kemenangan, 16 hasil seri, dan 28 kekalahan. Karena hal itu, Tottenham memutuskan memecat Ardiles pada 1994. Ardiles pun hanya menduduki kursi kepelatihan The Lilywhites selama semusim, lebih tepatnya dalam 500 hari.

Baca Juga: 5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio Pochettino

2. Tottenham Hotspur bersinar di kancah domestik maupun Eropa bersama Mauricio Pochettino

3 Manajer Non-Eropa yang Pernah Menangani Tottenham HotspurMauricio Pochettino (premierleague.com)

Selepas Osvaldo Ardiles, Tottenham Hotspur lama tidak menggunakan jasa manajer non-Eropa. Mereka baru kembali ditangani manajer non-Eropa pada 2014 usai menunjuk Mauricio Pochettino. Sama seperti Ardiles, Pochettino juga berkebangsaan Argentina. Namun, Pochettino memiliki kiprah yang lebih baik.

Dia dipercaya menangani Tottenham hingga 5 musim (2014—2019) lamanya. Itu sejalan dengan tren positif yang ditunjukkan The Lilywhites bersama Pochettino. Tottenham selalu masuk lima besar klasemen English Premier League. Tak hanya di kompetisi domestik, The Lilywhites juga berkembang di kompetisi Eropa.

Puncaknya terjadi saat mereka berhasil menembus final Liga Champions Eropa pada 2019. Namun, Tottenham akhirnya kalah dari sesama tim Premier League, Liverpool, dan harus rela menjadi runner-up. Selama melatih The Lilywhites, Pochettino berhasil mencatatkan rekor apik. Dia membawa Tottenham meraih 160 kemenangan, 60 hasil imbang, dan 73 kekalahan dari 293 pertandingan di semua kompetisi.

3. Ange Postecoglou baru ditunjuk pada musim panas 2023

3 Manajer Non-Eropa yang Pernah Menangani Tottenham HotspurAnge Postecoglou menerima penghargaan Manager of the Month. (twitter.com/SpursOfficial)

Jika dua manajer sebelumnya berasal dari negara yang sama, Argentina, manajer kali ini justru memiliki kewarganegaraan lain, yaitu Australia. Dia adalah Ange Postecoglou. Sang manajer masih aktif menjabat sebagai manajer Tottenham Hotspur usai ditunjuk pada musim panas 2023. Postecoglou sendiri punya rekam jejak yang tidak terlalu mentereng.

Sebelum membesut The Lilywhites, dia hanya pernah melatih Celtic di Eropa. Pelatih berusia 58 tahun itu lebih sering menghabiskan waktunya untuk melatih klub Asia. Meski begitu, Postecoglou dikenal sebagai pelatih yang jeli dalam memilih pemain dan pandai meracik strategi. Hal itu pun terbukti pada 2023/2024 ini.

Sejumlah rekrutan anyar Tottenham, seperti James Madison, Micky van de Ven, dan Guglielmo Vicario, langsung menjadi andalan dan tampil impresif. Postecoglou juga bisa membawa Tottenham bersinar meski ditinggal penyerang terbaik dalam sejarah mereka, Harry Kane. Sejauh ini, The Lilywhites di bawah asuhan Postecoglou telah mencatatkan 8 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kekalahan di semua kompetisi.

Kinerja yang beragam ditunjukkan para manajer non-Eropa tersebut saat menangani Tottenham Hotspur. Osvaldo Ardiles gagal total, sedangkan Mauricio Pochettino cukup berhasil. Sementara, Ange Postecoglou, manajer Tottenham saat ini, punya peluang besar untuk melebihi capaian kedua pendahulunya. Lantas, akankah hal itu terwujud?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Ange Postecoglou, Juru Taktik Tottenham Hotspur

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya