Kiprah 4 Pemain Baru West Ham United pada Awal 2023/2024

Tiga di antaranya berposisi sebagai gelandang

Meski mampu memenangi Liga Konferensi Eropa, West Ham United meraih hasil buruk di English Premier League (EPL) 2022/2023. The Hammers mengakhiri musim dengan finis di posisi ke-14 klasemen. Capaian itu menjadi yang paling buruk selama 3 musim terakhir. Ditambah lagi, mereka harus kehilangan sang pemain kunci, Declan Rice, yang direkrut Arsenal pada musim panas 2023.

Klub asal London itu tentu tak ingin kembali menjadi penghuni papan bawah EPL. Beberapa perbaikan telah mereka lakukan, termasuk mendatangkan beberapa pemain baru demi mampu membuat skuad semakin solid. Lalu, bagaimana kiprah empat pemain baru West Ham United pada awal 2023/2024 ini?

1. Mohammed Kudus merupakan salah satu pembelian termahal dalam sejarah klub

Kiprah 4 Pemain Baru West Ham United pada Awal 2023/2024Mohammed Kudus (whufc.com)

Biaya sebesar 43 juta euro atau 721 miliar rupiah dikeluarkan West Ham United untuk memboyong Mohammed Kudus dari Ajax Amseterdam pada musim panas 2023. Jumlah itu menjadikannya pemain termahal kedua yang pernah direkrut The Hammers. Hanya Sébastien Haller yang berada di atasnya.

Pemain asal Ghana itu menjadi salah satu pembelian yang tepat sejauh ini. Meski berposisi utama sebagai gelandang serang, ia juga beberapa kali diturunkan sebagai penyerang sayap dan mampu bermain dengan cukup baik. Hingga kini, ia telah mencatatkan 15 penampilan dan mencetak 4 gol untuk The Hammers. Salah satu golnya tercipta ketika The Hammers berhasil mengalahkan Arsenal di Carabao Cup.

Baca Juga: 5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024

2. Edson Álvarez langsung menjadi andalan sebagai gelandang bertahan

Kiprah 4 Pemain Baru West Ham United pada Awal 2023/2024Edson Álvarez (whufc.com)

Selain Mohammed Kudus, The Hammers juga mendatangkan Edson Alvarez dari Ajax Amsterdam. Pemain yang beposisi sebagai gelandang bertahan itu diboyong dengan biaya sebesar 38 juta euro atau 637 miliar rupiah. Pemain asal Meksiko itu diikat kontrak jangka panjang berdurasi hingga 2028 mendatang.

Alvarez menjadi salah satu sosok penting di skuad asuhan David Moyes sejauh ini. Ia telah bermain dalam 15 pertandingan dan mengoleksi 1 assist. Satu-satunya assist tercipta ketika The Hammers dikalahkan Aston Villa pada pekan ke-9 EPL 2023/2024.

3. Konstantinos Mavropanos diandalkan di Carabao Cup dan Liga Europa

Kiprah 4 Pemain Baru West Ham United pada Awal 2023/2024Konstantinos Mavropanos (whufc.com)

Konstantinos Mavropanos sejatinya tak asing dengan EPL. Pemain berusia 25 tahuni itu pernah menjadi bagian dari Arsenal dari 2018 hingga 2022. Sayangnya, ia lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman ke klub lain dan hanya tampil dalam 8 pertandingan bersama The Gunners.

Bersama The Hammers pada 2023/2024, ia bukanlah pilihan utama di EPL. Meski begitu, David Moyes selalu mengandalkannya untuk mengawal pertahanan The Hammers di Liga Europa dan Carabao Cup. Secara total, bek tengah asal Yunani itu telah tampil dalam 8 pertandingan bersama West Ham United.

4. James Ward-Prowse bermain impresif di lini tengah The Hammers

Kiprah 4 Pemain Baru West Ham United pada Awal 2023/2024James Ward-Prowse (whufc.com)

James Ward-Prowse bergabung dengan West Ham United setelah 11 musim membela Southampton. Hal itu seiring dengan gagalnya klub berjuluk The Saints bertahan di EPL setelah hanya finis di posisi 20 pada 2022/2023. Biaya sebesar 34,8 juta euro atau 583 miliar rupiah dikeluarkan The hammers untuk memboyongnya.

Berposisi sebagai gelandang, ia mampu menutup lubang yang ditinggalkan Declan Rice dengan cukup baik. Pemain yang kini berusia 29 tahun ini telah mencatatkan 14 penampilan bersama West Ham dan mencetak 2 gol. Salah satu golnya tercipta ke gawang Manchester City.

Tiga di antara para pemain di atas adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang. The Hammers tentu tak ingin lini tengah mereka menjadi kopong karena kepergian Declan Rice. Untungnya, para pemain tersebut mampu bermain apik sejauh ini dan mampu diandalkan.

Baca Juga: 6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandang

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya