5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Manchester United

Andre Onana menjadi penjaga gawang termahal ketiga di dunia

Manchester United akhirnya mendapatkan pengganti David de Gea. Ia adalah Andre Onana. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu direkrut dari Inter Milan dengan biaya sebesar 52,5 juta euro atau sekitar Rp878 miliar. Itu sekaligus menjadikannya kiper termahal ketiga sepanjang sejarah di dunia.

Kedatangan kiper asal Kamerun itu sekaligus menambah deretan pemain asal Benua Afrika yang pernah membela The Red Devils. Meski terbilang jarang, Manchester United tercatat beberapa kali merekrut pesepak bola asal Afrika. Berikut kami ulas kiprah lima pemain Afrika terakhir yang bergabung dengan Manchester United.

1. Bebe

5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedSIr Alex Ferguson dan Bebe saat di Manchester United. (instagram.com/tiagobebe23)

Bebe merupakan seorang pemain berkebangsaan Tanjung Verde yang saat ini bermain untuk klub Spanyol, Rayo Vallecano. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu menjadi bagian dari Manchester United pada 2010—2014. Ia didatangkan dari klub asal Portugal, Vitória Guimarães SC.

Selama empat musim berseragam The Red Devils, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain, Besiktas salah satunya. Pemain berusia 33 tahun itu juga sempat merasakan trofi English Premier League. Bersama tim nasional, ia tercatat telah mengoleksi 4 gol dari 11 pertandingan.

2. Wilfried Zaha

5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedWilfried Zaha (instagram.com/wilfriedzaha)

Selanjutnya ada seorang penyerang asal Pantai Gading. Wilfried Zaha memulai karier profesionalnya bersama Crystal Palace pada 2010. Saat itu, ia dipromosikan dari tim U-18.

Setelah lebih dari 2 musim bersama The Eagles, pada Januari 2013, ia direkrut Manchester United. Masih berusia 20 tahun, ia ditebus dengan harga sebesar 11,7 juta euro atau sekitar Rp196 miliar. Setelah 2 tahun berselang, ia kembali ke Crystal Palace setelah gagal bersinar bersama The Red Devils.

Baca Juga: 5 Calon Klub Anyar Wilfried Zaha pada 2023/2024

3. Eric Bailly

5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedEric Bailly (manutd.com)

The Red Devils mendatangkan Eric Bailly dari klub Spanyol, Villareal, pada musim panas 2016. Selain Bailly, klub yang saat itu sedang dilatih Jose Mourinho juga mendatangkan beberapa pemain top lain, seperti Henrikh Mkhitaryan, Paul Pogba, dan Zlatan Ibrahimović. Saat itu, usia Bailly masih 22 tahun.

Pemain asal Pantai Gading itu masih menjadi bagian dari The Red Devils hingga kini. Namun, karena ketatnya persaingan di posisi bek tengah, ia harus tersingkir dan dipinjamkan ke klub Prancis, Marseille, pada 2022/2023. Beberapa trofi juga telah ia menangi, termasuk Liga Europa 2016/2017.

4. Amad Diallo

5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedAmad Diallo (instagram.com/amaddiallo19)

Amad Diallo menjadi pemain asal Pantai Gading ketiga dalam daftar ini. Ia bergabung dengan Manchester United pada Januari 2021 saat masih berusia 18 tahun. Saat itu, The Red Devils dilatih oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Hingga kini, pemain yang biasa berposisi sebagai Penyerang sayap itu belum mendapatkan menit bermain secara reguler. Meski begitu, ia mampu tampil apik ketika dipinjamkan ke klub lain. Bersama Sunderland di Championship pada 2022/2023, ia berhasil mencetak 14 gol dan 4 assist dari 42 pertandingan.

5. Andre Onana

5 Pemain Afrika Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedAndre Onana (instagram.com/andreonana.24)

Setelah tampil mengesankan bersama Inter Milan hingga mengantarkan Nerazzurri ke final Liga Champions 2022/2023, Andre Onana akan melanjutkan karier di EPL dengan membela Manchester United. Kiper Timnas Kamerun itu diikat kontrak hingga 5 musim ke depan. Ia diproyeksikan untuk menjadi kiper utama The Red Devils.

Sehubungan dengan itu, ia akan reuni dengan Erik ten Hag yang merupakan pelatihnya saat masih bermain untuk Ajax Amsterdam. Beberapa gelar telah mereka menangi bersama. Sebanyak 3 trofi Eredivisie termasuk capaian apik yang pernah mereka raih bersama.

Tak mudah bagi pemain asal Afrika untuk mampu bermain reguler untuk The Red Devils. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Andre Onana. Mampukah ia menjadi pengganti sepadan untuk David de Gea?

Baca Juga: 5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana Terbaru

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya