5 Pemain Muda Dijual Mahal VfL Wolfsburg, Van de Ven Pecahkan Rekor!

Micky van de Ven lampaui rekor Julian Drexler

Prestasi VfL Wolfsburg di Bundesliga Jerman tergolong naik turun. Raihan trofi juara pada 2008/2009 tak mampu mereka ulangi lagi pada musim-musim setelahnya. Bahkan, pada 2022/2023, Die Wölfe hanya mampu finis di posisi kedelapan.

Meski begitu, VfL Wolfsburg dikenal sebagai salah satu klub yang beberapa kali menelurkan pemain-pemain top kelas dunia. Sebut saja Kevin De Bruyne yang berhasil mengantarkan Manchester City meraih treble winners pada 2022/2023. Selain itu, Edin Dzeko, André Schürrle, dan Ivan Perisic juga pernah membela klub yang bermarkas di Volkswagen Arena itu.

Beberapa pemain muda potensial juga tercatat pernah menjadi bagian dari Wolfsburg. Penampilan apik beberapa di antaranya bersama Die Wolfe bahkan membuat beberapa klub rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk merekrutnya. Termasuk pemain yang baru saja hengkang, Micky van de Ven, berikut lima pemain muda termahal yang pernah dijual VfL Wolfsburg.

1. Micky van de Ven pecahkan rekor Julian Drexler

5 Pemain Muda Dijual Mahal VfL Wolfsburg, Van de Ven Pecahkan Rekor!Micky van de Ven (instagram.com/mickyvdven)

Micky van de Ven memecahkan rekor transfer pemain muda yang selama ini dipegang oleh Julian Draxler. Tottenham Hotspur memboyong pemain berusia 22 tahun itu dengan nilai sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp668 miliar. Biaya sebesar itu juga melampaui nilai transfer Edin Dzeko yang hengkang ke Manchester City pada 2010/2011.

Setelah didera cedera pada 2021/2022, Van de Ven mampu tampil kokoh dan menjadi andalan di lini pertahanan Wolfsburg pada musim berikutnya. Pemain berpaspor Belanda itu total mencatatkan 33 pertandingan dan mencetak 1 gol dan 2 assist. Satu-satunya gol berhasil ia cetak ke gawang Borussia Dortmund lewat sundulan kepala.

2. Julian Draxler diboyong Paris Saint-Germain pada 2016/2017

5 Pemain Muda Dijual Mahal VfL Wolfsburg, Van de Ven Pecahkan Rekor!Julian Draxler (instagram.com/draxlerofficial)

Julian Draxler cukup lama memegang rekor sebelum dipecahkan Micky van de Ven. Ia yang berusia 23 tahun pada 2016/2017 diboyong raksasa Prancis, Paris Saint-Germain, dengan biaya sebesar 36 juta euro atau sekitar Rp602 miliar. Pemain berpaspor Jerman itu hanya satu setengah musim membela Vfl Wolfsburg.

Didatangkan pada pertengahan musim, Draxler langsung menjadi pemain penting di sisi sayap PSG. Selama delapan musim bersama Les Parisiens, ia telah memenangi empat trofi Ligue 1. Pada 2022/2023, pemenang Piala Dunia 2014 itu dipinjamkan ke klub Portugal, Benfica.

Baca Juga: 10 Potret Felix Nmecha, Rekrutan Baru Borussia Dortmund dari Wolfsburg

3. Sebelum Micky van de Ven, Felix Nmecha lebih dulu hengkang ke Borussia Dortmund

5 Pemain Muda Dijual Mahal VfL Wolfsburg, Van de Ven Pecahkan Rekor!Felix Nmecha (instagram.com/felix_nmecha)

Selain Van de Ven, pemain muda lain yang dilepas VfL Wolfsburg pada musim panas 2023 adalah Felix Nmecha. Raksasa jerman, Borussia Dortmund, memboyong pemain berusia 22 tahun itu dengan mahar sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp501 miliar. Hal itu sekaligus mengakhiri kebersamaan jebolan akademi Manchester City itu denga Die Wolfe yang telah berlangsung selama dua musim.

Pemain yang bisa bermain di beberapa posisi di lini tengah itu menjadi andalan bagi Vfl Wolfsburg pada 2022/2023. Di semua ajang, total ia mencatatkan 32 pertandingan dan mencetak 3 gol dan 6 assist. Dua gol di antaranya ia cetak dalam satu pertandingan sekaligus ketika bersua VfL Bochum.

4. Felix Uduokhai dipermanenkan FC Augsburg setelah dipinjam selama semusim

5 Pemain Muda Dijual Mahal VfL Wolfsburg, Van de Ven Pecahkan Rekor!Felix Uduokhai (bundesliga.com)

Kepindahan Felix Uduokhai ke FC Augsburg pada musim panas 2020 membuatnya berada di urutan keempat dalam daftar ini. Ia dipermanenkan dengan biaya sebesar 7 juta euro atau sekitar Rp117 miliar. Selama bermain sebagai pemain pinjaman, ia mencatatkan 27 pertandingan di semua ajang.

Performa Uduokhai bersama FC Augsburg terbilang naik turun. Sempat menjadi pilihan utama setelah dipermanenkan, pemain kelahiran 1997 itu hanya memainkan 15 pertandingan pada 2021/2022. Cedera dan virus corona menjadi penyebab turunnya menit bermain yang ia dapatkan pada musim itu.

5. Jannes Horn merupakan jebolan akademi yang hengkang ke FC Köln setelah hanya semusim membela tim utama VfL Wolfsburg

5 Pemain Muda Dijual Mahal VfL Wolfsburg, Van de Ven Pecahkan Rekor!Jannes Horn (instagram.com/janneshorn)

Jannes Horn menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Baru menjalani debut profesionalnya pada 2016/2017, FC Köln langsung merekrutnya pada akhir musim. Biaya sebesar 7 juta euro atau sekitar Rp117 miliar diterima VfL Wolfsburg untuk melepas pemain yang saat itu berusia 20 tahun.

Perjalanan Horn bersama FC Koln berlangsung selama lima musim. Sempat dipinjamkan ke Hannover 96, ia direkrut VfL Bochum secara gratis pada musim panas 2022. Pada 2023/2024, ia akan menjalani petualangan baru bersama FC Nuremberg setelah hengkang dari Vfl Bochum secara gratis.

Ditebus dengan harga yang tidak murah, Tottenham Hotspur tentunya berharap banyak dengan Micky van de Ven. Kedatangannya dan beberapa pemain top lain pada musim panas 2023 diharapkan mampu mewujudkan ambisi The Lilywhites untuk meraih trofi. Mampukah Micky van de Ven menaklukan English Premier League di usianya yang masih tergolong muda?

Baca Juga: 5 Eks Wolfsburg yang Melanjutkan Karier ke Premier League

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya