10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023

Chelsea dan Liverpool menyumbang tiga nama

Ambisi klub-klub Liga Arab Saudi dalam mendatangkan pesepak bola top dunia pada musim panas 2023 luar biasa. Mereka bersaing untuk mendapatkan tanda tangan pemain top demi bersaing satu sama lain. Fasilitas mewah dan gaji fantastis menjadi salah satu faktor beberapa pemain itu mau meninggalkan Eropa dan merumput di Saudi Pro League.

Para pemain klub English Premier League (EPL) tak luput menjadi target beberapa klub kaya raya Arab Saudi. Setidaknya, terdapat sepuluh pemain yang telah diboyong untuk merumput di Saudi Pro League pada 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Kalidou Koulibaly hanya semusim membela Chelsea

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Al Hilal tampaknya siap mengarungi Saudi Pro League dengan skuat yang solid. Beberapa pemain top sekaligus didatangkan pada musim panas 2023, Kalidou Koulibaly salah satunya. Baru semusim membela Chelsea, kapten Timnas Senegal itu menerima tawaran Al Hilal yang memboyongnya dengan biaya sebesar 23 juta euro atau sekitar Rp383 miliar. Ia diikat kontrak hingga 2026.

2. Kepa Arrizabalaga kembali menjadi pilihan utama, Edouard Mendy direkrut Al Ahli

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Edouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Sempat menjadi kiper utama Chelsea pada 2021/2022, Edouard Mendy kalah bersaing dengan Kepa Arrizabalaga dan hanya mencatatkan 12 pertandingan pada 2022/2023. Setelah 3 musim bersama The Blues, ia memilih hijrah ke Al Ahli pada musim panas 2023. Sebuah trofi Liga Champions Eropa berhasil ia persembahkan untuk Chelsea pada 2020/2021. Di Al Ahli, ia diproyeksikan untuk menjadi kiper utama.

3. Al Ittihad mengikat N'Golo Kanté dengan kontrak hingga 2026

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023N'Golo Kanté (instagram.com/ittihadclub.sa)

Selain Mendy dan Koulibaly, pemain Chelsea lain yang hengkang ke klub Arab Saudi adalah N'Golo Kanté. Cedera yang ia alami membuatnya hanya bermain dalam sepuluh pertandingan pada 2022/2023. Direkrut Al Ittihad, ia akan bekerja sama dengan rekan senegaranya, Karim Benzema. Pemain berusia 32 tahun itu akan mengenakan nomor punggung 7.

4. Bersama Kante, Fabinho akan mengisi lini tengah Al Ittihad

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Fabinho (instagram.com/fabinho)

Fabinho mengakhiri kebersamaannya dengan Liverpool yang berlangsung sejak 2018. Selama 5 musim membela The Reds, ia berhasil memenangi beberapa trofi bergengsi, termasuk Liga Champions dan EPL. Al Ittihad menjadi klub selanjutnya yang ia bela. Bersama Benzema dan Kante, ia diharapkan mampu membawa klub berjuluk Tigers of Asia bersaing di Saudi Pro League.

5. Jordan Henderson akan reuni dengan Steven Gerrard di Al Ettifaq

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Jordan Henderson (instagram.com/jordanhenderson)

Liverpool tak akan memiliki seorang Jordan Henderson mulai musim panas 2023. Sang kapten hengkang dari Anfield setelah menerima tawaran dari Al Ettifaq. Hal ini sekaligus menandai berakhirnya kebersamaan pemain berusia 33 tahun itu bersama The Reds. Di Al Ettifaq, ia akan bekerja sama dengan mantan rekan setim yang saat ini menjabat sebagai pelatih klub, Steven Gerrard.

Baca Juga: Ikuti Jejak Kante, Edouard Mendy Sepakat Gabung Klub Saudi Pro League

6. Sempat dikabarkan bergabung dengan Real Madrid, Roberto Firmino pindah ke Al Ahli

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Roberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Roberto Firmino memilih Al Ahli sebagai klub yang selanjutnya ia bela. Ia direkrut dari Liverpool secara gratis setelah kontraknya berakhir. Ia sempat dikabarkan dengan beberapa klub, termasuk Real Madrid dan Galatasaray. Di bawah asuhan pelatih Jerman berusia 35 tahun, Matthias Jaissle, ia akan mengenakan nomor punggung 10.

7. Setelah meraih treble winners, Riyad Mahrez gabung Al Ahli

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Riyad Mahrez (instagram.com/alahliclub.sa)

Riyad Mahrez memutuskan untuk hengkang dari Manchester City setelah berhasil memenangi tiga trofi sekaligus pada 2022/2023. Sepanjang musim, ia berhasil mencetak 15 gol dan 13 assist dari 47 pertandingan. Biaya sebanyak 35 juta euro atau sekitar Rp583 miliar dikeluarkan Al Ahli untuk mendapatkan tanda tangannya. Pemain asal Aljazair itu dikontrak hingga 2027.

8. Tersingkir dari Manchester United, Alex Telles bergabung dengan Al Nassr

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Alex Telles (instagram.com/alnassr)

Alex Telles akan bermain bersama mantan pemain Manchester United lainnya, Cristiano Ronaldo, di Al Nassr. Pemain berusia 30 tahun itu sendiri telah tersingkir dari skuad The Red Devils. Ia lantas dipinjamkan ke Sevilla pada 2022/2023 lalu. Telles mampu mengantarkan Sevilla memenangi Liga Europa sebagai pemain pinjaman. Pengalamannya kini diharapkan mampu membuat lini belakang Al Nassr lebih solid.

9. Allan Saint-Maximin akan mengisi lini depan Al Ahli bersama Firmino dan Mahrez

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Allan Saint-Maximin (instagram.com/alahliclub.sa)

Lini serang Al Ahli patut diperhitungkan pada 2023/2024. Selain Mahrez dan Firmino, Allan Saint-Maximin yang berposisi sebagai penyerang sayap juga bisa jadi ancaman berarti bagi lawan-lawannya. Pemain berkebangsaan Prancis itu direkrut dari Newcastle United dengan biaya sebesar 27,2 juta euro atau sekitar Rp453 miliar. Ia turut mengantarkan The Magpies finis di posisi keempat EPL 2022/2023.

10. Sempat diisukan bergabung dengan Barcelona, Ruben Neves hijrah ke Al Hilal

10 Pemain yang Direkrut Klub Arab dari EPL pada Musim Panas 2023Rúben Neves (instagram.com/rubendsneves)

Tak sedikit yang terkejut dengan kepindahan Ruben Neves ke klub Arab Saudi. Sempat diisukan akan bergabung dengan raksasa Spanyol, Barcelona, pemain berusia 26 tahun itu justru hengkang Al Hilal. Sejak didatangkan dari Wolverhampton Wanderers dari FC Porto pada 2017, ia selalu menjadi andalan di lini tengah. Ia total mencatatkan 253 pertandingan dan mencetak 30 gol dan 13 assist di semua ajang.

Kepindahan para pemain di atas ke Saudi Pro League tentunya akan membuat kompetisi makin sengit. Pengalaman yang mereka miliki diharapkan mampu memberi pengaruh kepada klub masing-masing. Di antara sepuluh pemain tersebut, siapakah yang mampu membawa klubnya meraih trofi pada akhir musim?

Baca Juga: Premier League Gak Takut Ancaman Perang Uang Arab Saudi

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya