5 Pemain Jamaika yang Membela Tim Premier League 2023/2024

Ada Leon Bailey hingga Ethan Pinnock

Jamaika merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris yang terletak di wilayah Kepulauan Karibia. Kedekatan hubungan tersebut membuat banyak pemain Jamaika yang tampil di English Premier League (EPL). Bahkan, tak sedikit pula yang lahir dan menimba ilmu sepak bola di Inggris.

Pada 2023/2024, terdapat beberapa tim yang menggunakan jasa pemain Jamaika. Mereka bahkan menjadi andalan di tiap posisi bagi tim yang mereka bela. Berikut lima pemain Jamaika yang membela tim Premier League 2023/2024.

1. Leon Bailey menjadi andalan Aston Villa di sisi sayap

5 Pemain Jamaika yang Membela Tim Premier League 2023/2024Leon Bailey (avfc.co.uk)

Leon Bailey memulai petualangannya di Premier League bersama Aston Villa pada 2021 setelah dibeli dari Bayer Leverkusen. Bailey merupakan pemain yang cukup fleksibel karena bisa ditempatkan di sayap kiri maupun kanan. Meskipun bermain di sisi sayap, insting golnya juga cukup tinggi dengan torehan 2 gol dari 6 pertandingan EPL 2023/2024.

Penampilan apiknya membantu anak-anak asuh Unai Emery bersaing masuk ke zona Eropa. Bailey menjadi salah satu andalan untuk membongkar pertahanan lawan bersama Moussa Diaby, John McGinn, dan Ollie Watkins. Tak heran jika Aston Villa menjadi salah satu kuda hitam yang cukup diperhitungkan musim ini.

2. Michail Antonio menjadi sosok senior di West Ham United

5 Pemain Jamaika yang Membela Tim Premier League 2023/2024Michail Antonio (whufc.com)

Michail Antonio merupakan salah satu pemain senior yang dimiliki West Ham United. Ia bergabung dengan The Hammers pada 2015 setelah dibeli dari Nottingham Forest. Sejak saat itu, Antonio menjadi juru gedor andalan West Ham United.

Musim lalu, ia turut membantu West Ham United menjuarai Liga Konferensi Eropa usai mengalahkan Fiorentina di final. Musim ini, Antonio juga masih menjadi pemain kunci meski usianya sudah memasuki 33 tahun. Ia sudah menyarangkan total 77 gol dari 285 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 8 Pemain Amerika Serikat di Premier League 2023/2024

3. Bobby Decordova-Reid menjalani musim kelima bersama Fulham

5 Pemain Jamaika yang Membela Tim Premier League 2023/2024Bobby Decordova-Reid (twitter.com/premierleague)

Meskipun membela Tim Nasional Jamaika, Bobby Decordova-Reid merupakan pemain kelahiran Bristol, Inggris. Ia memulai karier sepak bola bersama Bristol City yang saat itu masih berkutat di kasta kedua dan ketiga Liga Inggris. Ia baru merasakan atmosfer Premier League ketika membela Cardiff City pada 2018.

Ketika bermain bagi Cardiff, Decordova-Reid sempat dipinjamkan ke Fulham sebelum akhirnya dipermanenkan pada 2020. Sejak saat itu, ia mulai mengunci satu tempat di lini depan. Decordova-Reid bahkan membantu tim berjuluk The Cottagers tersebut dua kali promosi ke EPL. Kini, ia memasuki musim kelimanya bersama Fulham.

4. Amari'i Bell pertama kali tampil di kasta teratas bersama Luton Town

5 Pemain Jamaika yang Membela Tim Premier League 2023/2024Amari'i Bell (lutontown.co.uk)

Amari'i Bell menjadi salah satu pemain yang berhasil mengantar Luton Town promosi ke kasta teratas Liga Inggris. Hal ini membuat pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut untuk pertama kali tampil di EPL. Sebelumnya, Bell lebih sering tampil di kasta bawah sepak bola Inggris, seperti Championship, League One, hingga Conference Premier.

Kini, misinya adalah untuk membawa Luton Town bertahan di tengah kerasnya English Premier League. Musim ini, mereka masih terdampar di papan bawah dengan hanya memetik 1 kemenangan dan 1 hasil imbang dari 8 pertandingan. Bell harus menunjukkan performa terbaik jika tak ingin kembali tampil di Championship musim depan.

5. Ethan Pinnock menjadi tembok tangguh di lini belakang Brentford

5 Pemain Jamaika yang Membela Tim Premier League 2023/2024Ethan Pinnock (brentfordfc.com)

Ethan Pinnock merupakan salah satu bek tangguh yang dimiliki Brentford. Di bawah asuhan Thomas Frank, Pinnock kerap diduetkan bersama Nathan Collins di lini belakang. Ia juga tampil apik ketika tim berjuluk The Bees tersebut bermain dengan skema tiga bek.

Pinnock sudah membela Brentford sejak 2019 ketika tim tersebut masih bermain di Championship. Ia kemudian membawa Brentford promosi pada 2020/2021 dan bertahan hingga saat ini. Pemain berusia 30 tahun tersebut telah bermain sebanyak 163 pertandingan di semua kompetisi.

Kelima pemain Jamaika tersebut merupakan andalan di timnya masing-masing. Mereka juga menjadi salah satu kekuatan bagi Timnas Jamaika ketika berlaga di turnamen besar.

Baca Juga: 4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier League

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya