6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut 

Faktor cedera dan kalah bersaing jadi penyebab

English Premier League (EPL) menjadi salah satu yang tersibuk pada bursa transfer musim panas 2023. Banyak pemain berdatangan ke EPL untuk merasakan tantangan baru atau mencari menit bermain lebih banyak. Beberapa pembelian pun dicap berhasil, mulai dari Dominik Szoboszlai di Liverpool, Declan Rice bersama Arsenal, dan James Maddison yang langsung menjadi motor lini tengah Tottenham Hotspur.

Meski begitu, nyatanya ada juga pemain anyar yang sama sekali belum mendapat menit bermain di EPL hingga memasuki pekan kesepuluh. Padahal, mereka digadang-gadang bisa menambah kekuatan tim yang mereka bela. Siapa saja rekrutan anyar tim EPL 2023 yang belum juga debut hingga saat ini?

1. Christopher Nkunku masih belum bisa dimainkan Chelsea

6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut Christopher Nkunku (chelseafc.com)

Christopher Nkunku tampil tajam bersama RB Leipzig dengan catatan 16 gol yang membuat menjadi top skor Bundesliga 2022/2023. Chelsea yang tengah butuh sosok penyerang haus gol pun tak ragu untuk membelinya dengan harga tinggi. Namun sial, penyerang asal Prancis tersebut belum sekalipun tampil bagi The Blues musim ini.

Ia mengalami cedera lutut ketika tampil ketika tur pramusim. Absennya Nkunku membuat lini depan Chelsea begitu tumpul. Nicolas Jackson juga belum bisa membuktikan kualitasnya di depan gawang lawan. Hal ini membuat Chelsea baru menyarangkan 13 gol dari 10 pertandingan di EPL.

Baca Juga: 6 Klub Premier League Ini Belum Terkalahkan saat Tampil di Kandang

2. Romeo Lavia juga masih berkutat dengan cedera

6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut Romeo Lavia (chelseafc.com)

Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool dalam perburuan Romeo Lavia pada bursa transfer musim panas 2023. Sama seperti Nkunku, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut belum sekalipun turun ke lapangan. Ia mengalami cedera engkel yang membuatnya masuk ruang perawatan.

Jika kembali ke lapangan, Lavia bisa menjadi opsi alternatif bagi Mauricio Pochettino di sektor tengah. Ia bisa dimainkan bergantian dengan Enzo Fernandes maupun Moises Caicedo. Pada usianya yang baru 19 tahun membuat Lavia masih punya banyak waktu untuk berkembang bersama Chelsea.

3. Santiago Bueno belum bisa menembus skuad utama Wolverhampton Wanderers

6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut Santiago Bueno (wolves.co.uk)

Santiago Bueno didatangkan Wolverhampton Wanderers usai penampilan apiknya dalam mengawal lini belakang Girona. Ia diproyeksikan untuk mengisi posisi Nathan Collins yang hengkang ke Brentford. Namun, hingga EPL memasuki pekan kesepuluh, Bueno belum sekalipun menginjakkan kakinya di lapangan mengenakan seragam Wolverhampton.

Gary O'Neil sepertinya lebih suka memainkan duet Max Kilman dan Craig Dawson di lini belakang. Bueno hanya dimainkan ketika Wolves kalah dari Ipswich Town di ajang Piala Liga Inggris. Pemain asal Uruguay tersebut harus bekerja lebih keras untuk mendapat satu tempat di lini belakang Wolves.

4. Clement Lenglet hanya dimainkan di Liga Konferensi Eropa oleh Aston Villa

6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut Clement Lenglet (avfc.co.uk)

Setelah musim lalu dipinjamkan ke Tottenham Hotspur, Barcelona sepertinya belum memerlukan jasa Clement Lenglet. Ia saat ini kembali dipinjamkan ke tim EPL lainnya, Aston Villa. Sayang, Lenglet masih belum bisa menarik perhatian Unai Emery untuk memainkannya.

Padahal, musim lalu Lenglet tampil sebanyak 26 kali bersama Tottenham Hotspur. Emery hanya memberinya kesempatan turun di ajang Liga Konferensi Eropa. Bek tengah asal Prancis tersebut tak mampu bersaing dengan Ezri Konsa dan pembelian baru Aston Villa lainnya, Pau Torres.

5. Dean Henderson hanya menghiasi bangku cadangan Crystal Palace

6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut Dean Henderson (cpfc.co.uk)

Cukup lama menjadi pelapis David De Gea di Manchester United, Dean Henderson memutuskan hengkang ke Crystal Palace pada bursa transfer musim panas 2023. Namun, nasib Henderson saat ini tak jauh berbeda. Di klub baru, nyatanya ia tetap kalah bersaing dengan kiper utama Crystal Palace, Sam Johnstone.

Henderson sempat diberi kesempatan turun oleh Roy Hodgson di ajang Piala Liga Inggris menghadapi mantan timnya, Manchester United. Sayang, tak berapa lama ada di lapangan, Henderson harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Hal ini membuatnya kian sulit untuk menggeser posisi Johnstone. Apalagi, Johnsotne baru saja memperpanjang kontraknya bersama The Eagles hingga 2027.

6. Altay Bayindir belum sekali pun dimainkan oleh Erik ten Hag

6 Rekrutan Anyar Tim EPL Musim Panas 2023 yang Belum Juga Debut Altay Bayindir (manutd.com)

Satu lagi penjaga gawang baru yang belum diturunkan di EPL adalah Altay Bayindir. Kiper asal Turki tersebut dibeli Manchester United setelah tampil solid bersama Fenerbahce. Meski begitu, ia belum sekalipun diturunkan oleh Erik ten Hag baik di EPL maupun piala domestik sejauh musim kompetisi 2023/2024 berlangsung.

Ten Hag sepertinya masih memercayai posisi penjaga gawang kepada Andre Onana seorang. Padahal, penampilan Onana juga tak terlalu mengesankan karena sering membuat blunder dan cukup banyak kebobolan sejauh ini. Harusnya, tak ada salahnya Ten Hag mencoba memberi kesempatan kepada Bayindir beraksi sebagai opsi penyegaran di posisi penjaga gawang.

Keenam pemain baru tersebut masih belum mendapatkan menit bermain di English Premier League 2023/2024. Faktor cedera dan kalah bersaing membuat mereka lebih sering memanaskan bangku cadangan. Akankah angin segar berpihak ke mereka dalam waktu dekat?

Baca Juga: Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim Terakhir

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya