8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024

Termasuk dua tim asal London

Liga top Eropa 2023/2024 makin seru untuk diikuti. Level kompetisi yang ketat membuat kemenangan tak mudah untuk diraih. Jika melakukan sedikit kesalahan, bukan tak mungkin mereka gagal mendulang poin.

Menariknya, ada beberapa tim di liga Eropa yang belum tersentuh kekalahan pada awal musim ini. Permainan yang ciamik membuat mereka sukses membawa pulang poin di tiap pertandingan. Berikut delapan tim liga top Eropa yang belum merasakan kekalahan pada 2023/2024.

1. Rennes belum terkalahkan di Ligue 1

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Rennes (twitter.com/staderennais)

Rennes belum tersentuh kekalahan dari tujuh pertandingan awal Ligue 1 Prancis 2023/2024. Terbaru, mereka sukses melibas Nantes dengan kemenangan 3-1 pada pekan ketujuh. Hasil ini menempatkan Rennes di urutan keenam klasemen sementara dengan koleksi sebelas poin.

Selain kemenangan melawan Nantes, Rennes juga sempat menekuk Metz dengan skor telak 5-1 pada pertandingan pertama. Mereka juga mencatatkan lima hasil imbang masing-masing melawan Lens, Le Havre, Brest, Lille, dan Montpellier. Raihan ini meneruskan pencapaian apik mereka musim lalu yang berhasil finis di urutan keempat.

2. Nice masuk empat besar dengan rekor belum terkalahkan di Ligue 1

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Nice (twitter.com/ogcnice)

Selain Rennes, Nice menjadi tim lain di Ligue 1 yang belum merasakan kekalahan hingga pekan ketujuh. Tim asuhan Francesco Farioli tersebut mampu memetik 3 kemenangan serta 4 hasil imbang. Raihan tersebut menempatkan mereka di peringkat keempat klasemen sementara.

Hebatnya, Nice sempat mengalahkan dua tim raksasa di Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) dan AS Monaco. Ketika bertandang ke markas PSG, Nice menang tipis dengan skor 3-2. Sementara ketika bersua Monaco, Nice berhasil mencuri tiga poin berkat gol telat Jeremie Boga.

3. Borussia Dortmund siap kembali meramaikan persaingan di Bundesliga

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Borussia Dortmund (twitter.com/BVB)

Bourssia Dortmund memulai Bundesliga Jerman 2023/2024 dengan cukup baik. Dari 6 pertandingan yang sudah mereka lakoni, Die Borussen mampu memetik 4 kemenangan serta 2 hasil imbang. Mereka kini bertengger di urutan keempat klasemen sementara dengan 14 poin.

Dortmund belum bertemu tim papan atas seperti Bayern Munich, RB Leipzig, dan Bayer Leverkusen. Pertemuan dengan tim-tim tersebut bisa menjadi ujian sebenarnya bagi Dortmund. Konsistensi menjadi kunci jika tak ingin kembali melewatkan gelar juara Bundesliga seperti yang terjadi musim lalu.

4. Bayern Munich, juara dari Jerman, belum tersentuh kekalahan

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Bayern Munich (twitter.com/FCBayern)

Sama seperti Borussia Dortmund, belum ada tim yang mampu mengalahkan Bayern Munich musim ini. Poin yang mereka dapatkan dari 6 pertandingan awal juga sama-sama 14 poin. Namun, Die Roten berhak menempati urutan ketiga karena memiliki selisih gol yang lebih baik.

Bayer Leverkusen dan RB Leipzig menjadi dua tim yang mampu mencuri poin dari Bayern Munich. Leverkusen berhasil memaksa hasil imbang 2-2 berkat gol menit akhir dari Exequiel Palacios. Sementara, Leipzig sempat unggul dua gol terlebih dahulu sebelum disamakan Harry Kane dan Leroy Sane.

Baca Juga: 4 Pemain Afrika yang Membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024

5. Bayer Leverkusen menjadi pemuncak klasemen sementara Bundesliga

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Bayer Leverkusen (twitter.com/bayer04fussball)

Bayer Leverkusen menjadi tim yang cukup mengejutkan di Bundesliga 2023/2024. Di bawah arahan Xabi Alonso, tim berjuluk Die Werkself tersebut saat ini menempati puncak klasemen dengan koleksi 16 poin. Mereka unggul 1 poin dari VFB Stuttgart serta 2 poin dari Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Mereka menjadi tim tertajam dengan lesakkan 20 gol sejauh ini. Di sisi lain, Leverkusen baru kemasukan 6 gol, catatan tersebut hanya kalah dari Eintracht Frankfurt dengan 5 gol. Jika mampu tampil konsisten, bukan tak mungkin Leverkusen akan memanaskan persaingan menuju gelar juara musim ini.

6. Barcelona menjadi satu-satunya tim LaLiga yang belum terkalahkan

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Barcelona (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona menjadi satu-satunya tim di LaLiga Spanyol 2023/2024 yang belum tersentuh kekalahan. Dari 8 pertandingan awal, Blaugrana tampil meyakinkan dengan mencatatkan 6 kemenangan. Mereka juga sempat menuai 2 hasil imbang ketika berhadapan dengan Getafe dan Mallorca.

Meski belum tersentuh kekalahan, Barcelona masih berada di urutan kedua klasemen sementara dengan koleksi 20 poin. Mereka tertinggal 1 poin dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen. Namun, Real Madrid sempat mengalami kekalahan ketika bertandang ke markas Atletico Madrid.

7. Arsenal kembali memanaskan persaingan di Premier League

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Arsenal (twitter.com/Arsenal)

Arsenal kembali memanaskan persaingan menuju gelar juara English Premier League (EPL) 2023/2024. The Gunners berhasil mencatatkan 5 kemenangan dari 7 pertandingan awal musim ini. Sementara, dua laga lainnya berakhir dengan hasil sama kuat ketika berhadapan dengan Fulham dan Tottenham Hotspur.

Hasil ini membuat Arsenal berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi 17 poin. Dua laga berikutnya melawan Manchester City dan Chelsea bisa menjadi batu sandungan bagi Pasukan Mikel Arteta. Mereka harus menampilkan permainan terbaik jika tak ingin takluk pada dua pertandingan tersebut.

8. Tottenham Hotspur tampil apik di bawah arahan Ange Postecoglou

8 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga Top Eropa 2023/2024Tottenham Hotspur (premierleague.com)

Tottenham Hotspur baru saja meraih kemenangan dramatis melawan Liverpool pada pekan ketujuh EPL. Tak mampu mencetak gol melawan sembilan pemain Liverpool, Tottenham Hotspur justru mendapat gol bunuh diri dari Joel Matip pada menit akhir pertandingan. Hasil ini membuat The Lilywhites bertengger di peringkat kedua klasemen sementara dengan koleksi 17 poin, sama dengan Arsenal dan hanya berselisih 1 poin dari Manchester City.

Raihan ini terbilang cukup impresif, karena Tottenham Hotspur harus menghadapi jadwal berat pada awal musim menghadapi Manchester United, Arsenal, dan Liverpool. Hasilnya, mereka berhasil menekuk Manchester United dan Liverpool serta bermain imbang melawan Arsenal. Kini, anak asuh Ange Postecoglou tersebut harus tampil konsisten jika ingin bersaing merebut gelar juara.

Kedelapan tim tersebut belum terkalahkan pada awal musim 2023/2024. Lantas, apakah mereka mampu mempertahankan hasil tersebut hingga akhir musim? Kita lihat saja.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Perpanjang Kontrak di Arsenal, Loyal!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya