5 Fakta Chris Fuehrich, Winger VfB Stuttgart yang Naik Daun

Turut mengangkat performa Stuttgart pada awal 2023/2024

Bundesliga Jerman 2023/2024 telah memberikan banyak kejutan meski baru bergulir delapan pekan sejauh ini. Selain Bayer Leverkusen yang tampil mengesankan, VfB Stuttgart juga sedang dalam tren positif. Klub berjuluk Die Schwaben itu tengah bertengger di peringkat kedua berkat 7 kemenangan dan hanya 1 kali kalah. Padahal, semusim sebelumnya, Stuttgart perlu berjuang hingga babak play-off untuk lolos degradasi.

Capaian positif Stuttgart di Bundesliga sejauh ini tak lepas dari performa cemerlang para pemainnya. Salah satunya sosok winger andalan mereka, Chris Fuehrich. Fuehrich tampil mengesankan di lini serang lewat sajian umpan-umpannya yang ciamik. Tak ayal, namanya makin naik daun hingga membuatnya mendapat panggilan memperkuat Timnas Jerman untuk kali pertama. 

1. Menimba ilmu di beberapa akademi klub Jerman

5 Fakta Chris Fuehrich, Winger VfB Stuttgart yang Naik DaunChris Fuehrich (instagram.com/cjfuehrich)

Chris Jan Fuehrich lahir di Kota Castrop-Rauxel, Jerman, pada 9 Januari 1998. Ia memulai karier sepak bolanya bersama akademi klub lokal, SG Suderwich. Di Suderwich, Fuehrich muda bertahan hingga 2006.

Setelahnya, Fuehrich berkesempatan menimba ilmu di akademi klub-klub ternama yang berada di dekat Kota Castrop. Ia secara berturut-berturut bermain di tim akademi Borussia Dortmund, FC Schalke, dan Vfl Bochum medio 2006 hingga 2015. Pada 2015, Fuehrich memutuskan merapat ke akademi Oberhausen, lalu pindah ke FC Koeln pada Juli 2017.

Baca Juga: Lolos Relegasi, VfB Stuttgart Kini Tampil Prima di Bundesliga

2. Dari FC Koeln hingga Borussia Dortmund

5 Fakta Chris Fuehrich, Winger VfB Stuttgart yang Naik DaunChris Fuehrich saat membela Borussia Dortmund. (twitter.com/Black Yellow)

Bakat Fuehrich kian terasah setelah bergabung dengan FC Koeln. Tampil meyakinkan bersama FC Koeln II, ia mendapat debutnya di skuad utama pada Desember 2017. Hingga akhir 2017/2018, Fuehrich berhasil mencatatkan total 3 penampilan bersama Die Geißböcke. Sayangnya, pada musim berikutnya, ia tak pernah tampil di tim inti dan hanya bermain bersama FC Koeln II.

Tak kunjung mendapat kesempatan di Koeln, Fuehrich memutuskan bergabung dengan salah satu klub masa kecilnya, Borussia Dortmund, pada Agustus 2019. Pada musim perdananya, ia sempat masuk dalam daftar skuad pada lima laga Dortmund. Akan tetapi, Fuehrich tak kunjung mendapat debut di tim utama. Ia akhirnya lebih banyak menghabiskan waktunya di Borussia Dortmund II.

3. Mampu tampil mengesankan bersama SC Paderborn 07

5 Fakta Chris Fuehrich, Winger VfB Stuttgart yang Naik DaunChris Fuehrich saat membela SC Paderborn 07. (twitter.com/SCPaderborn07)

Pada 2020/2021, Borussia Dortmund meminjamkan Fuehrich ke SC Paderborn 07 semusim penuh agar ia mendapat jam terbang. Saat itu, Paderborn baru saja terdegradasi dari Bundesliga sehingga harus berlaga di kasta kedua Jerman, 2. Bundesliga. Sejak kedatangannya di Benteler-Arena, markas Paderborn, Fuehrich langsung menjadi sosok idola baru.

Bersama Paderborn, Fuehrich mampu menunjukkan kualitasnya. Ia selalu diturunkan dalam 34 pertandingan dan sukses mencetak 13 gol serta 7 assist di 2. Bundesliga. Selain itu, di Piala DFB Pokal 2020/2021, Fuehrich turut mengantarkan Paderborn melangkah ke babak 16 besar sebelum dikalahkan klub asalnya, Borussia Dortmund.

4. Jadi andalan di VfB Stuttgart dan membentuk trio menakutkan pada 2023/2024

5 Fakta Chris Fuehrich, Winger VfB Stuttgart yang Naik DaunChris Fuehrich (kanan) dan Serhou Guirassy (kiri) merupakan pemain kunci VfB Stuttgart. (vfb.de)

Penampilan mengesankan Fuehrich bersama Paderborn akhirnya membuat VfB Stuttgart tertarik. Pada Juli 2021, ia akhirnya resmi bergabung dengan Stuttgart. Tak perlu menunggu waktu lama, Fuehrich langsung menjadi andalan di lini serang Die Schwaben pada musim perdananya.

Pada 2023/2024, Fuehrich kembali dipercaya di skuad utama Stuttgart. Ia menjadi salah satu pemain penting berkat raihan positif sejauh ini. Bahkan, bersama dengan Serhou Guirassy (striker) dan Enzo Millot (gelandang serang atau tengah), ketiganya menjadi trio andalan Stuttgart. Guirassy menjadi ujung tombak klub dengan catatan 15 gol dan 2 assist, Enzo Millot merupakan pengatur tempo serangan Stuttgart, sedangkan Fuehrich menjadi penyuplai bola utama.

5. Pemain serbabisa yang akhirnya dipanggil membela Timnas Jerman

5 Fakta Chris Fuehrich, Winger VfB Stuttgart yang Naik DaunChris Fuehrich mendapat debut di Timnas Jerman pada Oktober 2023. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Salah satu keunggulan Fuehrich adalah kemampuan versatile alias dapat bermain di banyak posisi. Pada awal kariernya, ia bermain sebagai gelandang kanan. Fuehrich kemudian mendapat kesempatan untuk bermain di beberapa posisi, mulai dari winger kanan dan kiri, gelandang serang, gelandang tengah, hingga second striker. Kini, pemain berusia 25 tahun itu menjadi pemain utama Stuttgart di posisi winger kiri.

Keunggulan Fuehrich lainnya adalah kecepatan dan dribble sebagai senjata utama. Selain itu, ia dikenal sebagai pemain yang lihai dalam duel satu lawan satu. Berbekal kemampuan tersebut, Fuehrich jadi tumpuan untuk merepotkan barisan pertahanan lawan di sisi sayap.

Lewat performa impresifnya pada 2023/2024, Fuehrich akhirnya mendapat panggilan membela Timnas Jerman pada Oktober 2023. Ia menjadi bagian dari skuad yang dibawa pelatih baru Jerman, Julian Nagelsmann, untuk melakoni laga persahabatan melawan Amerika Serikat dan Meksiko. Pada laga melawan Amerika Serikat, Fuehrich meraih caps pertama bersama Der Panzer setelah masuk dari bangku cadangan pada babak kedua.

Musim kompetisi 2023/2024 masih panjang. Jika Fuehrich dan kolega bisa tampil konsisten, bukan tak mungkin mereka berhasil mengunci tempat di papan atas pada akhir musim nanti. Menurut kamu, sejauh mana Fuehrich bisa membawa Stuttgart tampil impresif sepanjang 2023/2024?

Baca Juga: Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB Stuttgart

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya