6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023

Tak semuanya bernasib sama

Dalam dunia sepak bola, ada banyak cerita yang menarik. Ini tidak ada habisnya untuk dibahas. Salah satunya adalah keberadaan saudara kandung yang sama-sama meniti karier sebagai pemain sepak bola.

Ada yang sama-sama menjadi andalan klubnya, ada yang memiliki karier yang bak bumi dan langit. Selain itu, ada juga yang membela tim nasional berbeda walau lahir di negara yang sama.

Pada 2023/2024, ada enam kakak beradik yang sama-sama bermain di liga top Eropa. Keduanya pun merupakan andalan bagi klubnya masing-masing.

1. Marcus dan Khephren Thuram sama-sama memiliki karier yang mengesankan

6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023Marcus (kiri) dan Khephren Thuram (kanan) mengikuti jejak sang ayah, Lilian Thuram, untuk membela Timnas Prancis. (instagram.com/k_thuram)

Marcus (26 tahun) dan Khepren Thuram (22 tahun) merupakan saudara kandung yang memiliki bakat luar biasa. Mereka hanya terpaut usia 4 tahun dan merupakan putra dari Lillian Thuram, seorang legenda sepak bola Prancis. Karier keduanya sama-sama mengesankan.

Marcus Thuram menjadi idola baru di Inter Milan setelah bergabung pada musim panas 2023. Sebelumnya, Marcus tampil gemilang bersama Borussia Moenchengladbach selama 4 musim. Sementara itu, Kephren merupakan gelandang muda andalan OGC Nice. Nama Khephren sendiri santer dikaitkan dengan beberapa klub top Eropa, seperti Liverpool, Paris Saint-Germain, hingga Newcastle pada musim panas 2023 lalu. Di level internasional, mereka juga mengikuti jejak sang ayah untuk membela Timnas Prancis.

2. Jacob dan Aaron Ramsey memilih jalan yang berbeda pada 2023/2024

6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023Jacob (kiri) dan Aaron Ramsey (kanan) merupakan jebolan akademi Aston Villa. (avfc.co.uk)

Ramsey bersaudara, Jacob (22 tahun) dan Aaron (20 tahun), merupakan jebolan akademi Aston Villa. Keduanya telah memperlihatkan potensinya sejak usia muda. Bersama Aston Villa, Jacob mendapat debutnya pada 2018/2019 dan perlahan menjadi andalan klub. Sementara itu, Aaron baru merasakan debut di skuad senior The Villans pada 2021/2022. Namun, Aaron kemudian lebih banyak dipinjamkan ke klub Inggris lainnya.

Pada musim panas 2023, Jacob dan Aaron harus menapaki jalan karier yang berbeda. Sang adik, Aaron Ramsey, memilih untuk bergabung dengan klub promosi English Premier League, Burnley. Di lain sisi, Jacob masih bertahan karena merupakan salah satu pemain kunci skuad asuhan Unai Emery itu.

3. Jurrien dan Quinten Timber jadi andalan bagi klub yang mereka bela

6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023d. Jurrien (kiri) dan Quentin Timber (kanan) merupakan saudara kembar yang berkiprah di sepak bola. (twitter.com/OnsOranje)

Jurrien Timber (22 tahun), bek yang baru saja bergabung dengan Arsenal, memiliki saudara kembar bernama Quinten Timber (22 tahun) yang juga seorang pesepak bola aktif. Quinten Timber merupakan gelandang andalan Feyenoord Rotterdam. Jurrien maupun Quinten memulai kariernya di akademi Ajax Amsterdam.

Berbicara karier, keduanya sedikit memiliki perbedaan. Saat di Ajax, Quinten tidak pernah merasakan debut di tim utama dan mesti dilepas secara gratis pada 2020. Hal ini kontras dengan Jurrien yang berhasil menjadi andalan Ajax setelah diorbitkan dari akademi. Jurrien pun berhasil merasakan berbagai gelar domestik bersama Ajax sebelum hengkang ke Arsenal pada Agustus 2023 lalu. Meskipun demikian, Quinten akhirnya bisa mencicipi gelar juara Eredivisie Belanda bersama Feyenoord pada 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timber

4. Nacho dan Alex Fernandez memiliki karier yang cukup jomplang

6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023Nacho (jersey pink) dan Alex Fernandez (jersey kuning) bertemu di ajang LaLiga Spanyol. (twitter.com/LaLigaEN)

Tak banyak yang tahu jika pemain Real Madrid, Nacho Fernandez (33 tahun), memiliki adik yang juga seorang pemain sepak bola. Sang adik, Alex Fernandez (30 tahun), merupakan penggawa Cadiz yang bermain di LaLiga Spanyol. Menariknya, mereka merupakan pemain didikan akademi Real Madrid.

Nasib Nacho dan Alex sangatlah berbeda. Karier keduanya cukup jomplang. Setelah diorbitkan dari akademi, Nacho mulai menjadi bek andalan Real Madrid dan turut merasakan berbagai gelar bergengsi. Sementara itu, Alex memang pernah dua kali tampil bersama Real Madrid, tetapi dilepas ke Espanyol pada 2013/2014. Setelah malang melintang di beberapa klub, Alex yang berposisi sebagai gelandang serang bergabung dengan Cadiz pada 2017/2018.

5. Lucas dan Theo Hernandez merupakan andalan bagi klub maupun timnas

6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023Lucas Hernandez (kiri) baru bergabung dengan PSG, sedangkan Theo (kanan) saat ini membela AC Milan. (twitter.com/Lucas Hernandeztwitter.com/TheoHernandez)

Lucas (27 tahun) dan Theo Hernandez (25 tahun) tampaknya menjadi pesepak bola bersaudara aktif dengan karier yang sama cemerlangnya. Theo Hernandez merupakan pemain andalan AC Milan, sementara Lucas Hernandez baru saja bergabung dengan Paris Saint-Germain setelah sukses bersama Bayern Munich. Mereka juga bermain di posisi yang sama, yaitu bek kiri, meski Lucas juga bisa bermain sebagai bek tengah.

Selain itu, keduanya merupakan penggawa aktif Timnas Prancis. Namun, karier Lucas bersama Les Bleus lebih mentereng dengan koleksi 37 caps dan menjadi bagian dari skuad Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018. Di sisi lain, Theo baru  mengumpulkan 19 caps sejak debut pada September 2021. Meskipun demikian, Theo turut membantu Prancis melangkah ke final Piala Dunia 2022.

6. Inaki dan Nico Williams menjadi andalan Athletic Bilbao

6 Pesepak Bola Bersaudara yang Bermain di Liga Top Eropa pada 2023Inaki (kiri) dan Nico Williams (kanan) merupakan pemain andalan Athletic Bilbao. (athletic-club.eus)

Williams bersaudara, Inaki (29 tahun) dan Nico (21 tahun), merupakan pemain andalan Athletic Bilbao. Namun, Inaki yang lebih tua 8 tahun, lebih dahulu bersinar bersama Bilbao pada 2014/2015. Sementara itu, Nico baru mendapat debut seniornya pada 2021/2022. Dalam hal posisi bermain, Inaki berposisi utama sebagai striker, sedangkan Nico berposisi sebagai winger kanan.

Di level internasional, keduanya memilih jalan yang berbeda, meskipun sama-sama lahir di Spanyol. Inaki sempat merasakan debut bersama Spanyol pada Mei 2016, tetapi tak pernah dipanggil lagi setelahnya. Inaki lantas memilih untuk membela negara asal orang tuanya, Ghana, dan telah mengoleksi delapan caps sejak September 2022. Sementara itu, Nico telah tampil bersama Spanyol dalam sepuluh pertandingan sejak debutnya pada September 2022. Menariknya, mereka ikut serta membela negaranya masing-masing di Piala Dunia 2022.

Kehadiran saudara kandung dalam dunia sepak bola selalu menarik untuk diikuti. Meskipun memiliki cerita yang berbeda, mereka memiliki satu kesamaan, yaitu cinta kepada sepak bola. Selain mereka, siapa lagi pemain bersaudara yang kamu ketahui bermain di liga top Eropa?

Baca Juga: Fakta di Balik Bersinarnya Karier Lucas dan Theo Hernandez di Eropa

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya