14 Klub Kirim Permintaan RUPS Luar Biasa ke PSSI

Persib, PSS, Persipura, dan TIRA klub belum merespons

Jakarta, IDN Times - Permintaan 14 klub Liga 1 untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sudah sampai ke federasi sepak bola Indonesia PSSI. Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut jika surat dari 14 klub tersebut sudah diterima.

"Sudah masuk ke PSSI dan akan saya laporkan ke ketua umum. Beberapa anggota Komite Eksekutif (Exco) juga sudah mengetahuinya," ujar Yunus kepada Antara di Jakarta, Minggu (10/5).

1. Klub Liga 1 sudah kirimkan surat ke PSSI dan ditembuskan ke Dewan Komisaris PT LIB

14 Klub Kirim Permintaan RUPS Luar Biasa ke PSSIIDN Times/Ayu Afria

Pria yang juga menjabat sebagai Exco PSSI itu mengatakan bakal langsung mendiskusikan permintaan klub itu. Rencananya, mereka bakal melangsungkan rapat Exco yang bakal dihelat pada Selasa, 12 Mei 2020 mendatang.

Sebanyak 14 tim Liga 1 Indonesia musim 2020, yang juga pemegang saham PT LIB, meminta perusahaan operator liga tersebut untuk menggelar RUPS luar biasa melalui surat resmi kepada direksi PT LIB yang ditembuskan ke Ketua Umum PSSI, Exco PSSI, serta Dewan Komisaris PT LIB.

Baca Juga: PSSI Minta PT LIB Jangan Potong Subsidi dan Segera Dibayarkan ke Klub

2. Sebanyak 14 klub memastikan untuk minta RUPS luar biasa

14 Klub Kirim Permintaan RUPS Luar Biasa ke PSSIDirektur Madura United, Haruna SOemitro. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/pras.)

Dalam surat tersebut, mayoritas klub mau menggelar RUPS luar biasa untuk meminta PT LIB menjelaskan perihal kejelasan kompetisi musim ini. Tak hanya itu, mereka juga meminta keterbukaan masalah keuangan dari PT LIB dan bagaimana penyelesaiannya subsidi terhadap klub.

Salah satu anggota Exco PSSI Haruna Soemitro menyebut, sampai Sabtu (9 Mei), 14 tim Liga 1 2020 yang mengirimkan surat untuk RUPS luar biasa adalah Arema FC, PSIS, Persebaya, Borneo FC, Madura United, Persija, Bali United, Persela, Persik, Barito Putera, Bhayangkara FC, Persiraja, PSM dan Persita.

Dari sederet nama klub di atas, hanya Persib, PSS, TIRA-Persikabo, dan Persipura yang belum melayangkan permintaan secara khusus untuk menggelar RUPS seperti klub lainnya.

3. Pengajuan pemotongan subsidi PT LIB ke klub jadi awal polemik

14 Klub Kirim Permintaan RUPS Luar Biasa ke PSSISurat Direksi PT LIB. (Dok. Istimewa)

Polemik yang ditimbulkan PT LIB itu terkuak ketika mereka memberikan surat pengajuan ke PSSI untuk menyunat subsidi klub Liga 1 dan Liga 2. Hanya saja keputusan tersebut tak melalui persetujuan tiga direksi operator kompetisi tersebut

Pasalnya, masalah finansial LIB mulai terendus setelah mengeluarkan rencana pemotongan subsidi klub Liga 1 dan Liga 2. Apalagi rencana itu dikeluarkan LIB secara sepihak dan telah mendapatkan penolakan dari PSSI.

4. Petinggi PT LIB diduga lakukan nepotisme

14 Klub Kirim Permintaan RUPS Luar Biasa ke PSSIBOPI dan PT LIB bertemu untuk membahas rekomendasi Liga 1 2020, Jumat (21/2) (Dok. Istimewa)

Pengambilan keputusan yang dianggap tak melalui persetujuan Direksi PT LIB adalah saat Dirut mengirimkan surat permohonan dengan nomor 187/LIB-COR/V/2020 kepada PSSI untuk memangkas subsidi klub Liga 1 menjadi 67 persen dan klub Liga 2 menjadi 40 persen saja dari kesepakatan semula berdasarkan laporan arus kas/proyeksi keuangan yang sudah dihitung.

Selain itu, merebaknya isu nepotisme lantaran Cucu Somantri melakukan manuver dengan mendaftarkan anaknya Pradana Aditya Wicaksana masuk ke jajaran penting PT LIB, tepatnya sebagai General Manager (GM). Walau setelah banyaknya sorotan publik atas kejadian itu Cucu langsung

Baca Juga: Hubungan PSSI dan PT LIB Merenggang, Menpora: Itu Wajar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya