Comscore Tracker

Dua Rekor Gol Tercepat Lahir di Babak Penyisihan Piala Eropa 2020

Forsberg catatakan sejarah gol tercepat Piala Eropa kedua

Jakarta, IDN Time - Babak penyisihan Piala Eropa 2020 rampung. Terdapat beberapa catatan menarik yang terjadi sepanjang fase ini. Selain torehan rekor Cristiano Ronaldo, ada juga rekor gol cepat yang terjadi. 

Sebanyak 36 pertandingan sudah dihelat dalam babak penyisihan. Ada 24 tim yang terbagi dalam enam grup berjibaku memperebutkan 16 tiket ke fase gugur. Dalam pertarungannya terdapat dua gol kilat yang terjadi saat pertandingan baru dimulai.

1. Yussuf Poulsen mencetak gol saat laga baru berjalan 99 detik

Dua Rekor Gol Tercepat Lahir di Babak Penyisihan Piala Eropa 2020Striker Denmark, Yussuf Poulsen, rayakan gol ke gawang Rusia / Instagram @EURO2020

Salah satu gol tercepat itu lahir dari kaki pemain Denmark, Yussuf Poulsen. Ia mencatatkan namanya di papan skor kala waktu baru berjalan 99 detik. Gol itu sempat membuat Denmark unggul hingga babak pertama, dalam duel melawan Belgia di Parken Stadium, Kopenhagen pada 17 Juni 2020.

Sayang, rekor gol Poulsen itu tak bisa mengantarkan Denmark meraih kemenangan. Sebab, dalam laga itu Belgia mampu melakukan comeback. Gol dari Thorgan Hazard dan Kevin de Bruyne berhasil membuat pertandingan dengan skor 2-1. 

Walau kalah dalam laga tersebut, Poulsen akhirnya membayar kekalahan timnya di dua loaga pertama dengan penampilan cemerlang. Torehan satu golnya di laga melawan Rusia berhasil membawa timnya menang dengan skor 4-1, sekaligus membawa Denmark lolos ke fase gugur.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Menyamai Rekor Ronaldo di Piala Eropa

2. Gol Emil Forsberg jadi yang tercepat di Piala Eropa 2020

Dua Rekor Gol Tercepat Lahir di Babak Penyisihan Piala Eropa 2020Emil Forsberg mencetak brace ke gawang Polandia (uefa.com)

Tak lama berselang, gol tercepat Poulsen di Piala Eropa 2020 dipatahkan pemain lainnya. Sosok yang melakukan hal tersebut adalah penyerang milik Swedia, Emil Forsberg. Ia berhasil menceploskan bola ke gawang Polandia saat laga baru berjalan 82 detik.

Bermula dari kick-off, Swedia langsung melancarkan serangan cepat yang langsung menuju jantung pertahanan Polandia. Forsberg yang sudah berada di kotak berbahaya, langsung mengeksekusi tendangan terarah ke gawang Polandia yang tak bisa dijangkau Wojciech Szczęsny.

Dalam laga yang digelar pada Rabu (23/6/2021), Swedia berhasil mengakhiri laga tersebut dengan kemenangan 3-2. Hasil itu sekaligus membawa mereka lolos ke fase gugur Piala Eropa 2020 dengan status juara Grup E.

3. Belum ada yang bisa pecahkan rekor gol cepat milik Dmitri Kirichenko

Dua Rekor Gol Tercepat Lahir di Babak Penyisihan Piala Eropa 2020Pemain Rusia, Dmitri Kirichenko membuat rekor gol tercepat sepanjang sejarah Piala Eropa. (uefa.com).

Namun demikian, dua gol kilat itu bekum memecahkan rekor gol tercepat yang pernah terjadi di Piala Eropa. Rekor itu masih dipegang pemain Rusia, Dmitri Kirichenko. Ia berhasil membobol gawang lawan saat laga baru berjalan 64 detik.

Gol cepat tersebut lahir saat Rusia mentas di Piala Eropa 2004. Kala itu mereka berhasil mengalahkan Yunani dengan skor 2-1. 

Namun demikian, dua gol cepat itu bisa saja dipatahkan pemain lainnya. Sebab, Piala Eropa 2020 ini masih menyisakan banyak laga seru mulai dari babak 16 besar hingga laga final.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Berpeluang Menyaingi Catatan Ronaldo di Ajang Piala Eropa

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya