5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!

Ada juga Julen Lopetegui dan Frank Lampard

Laurent Blanc resmi dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Olympique Lyon. Hal itu menyusul performa buruk mereka di Ligue 1 Prancis 2023/2024. Les Gones terpuruk di dasar klasemen usai tak pernah menang dari empat laga awal. Catatan 3 kali kalah dan 1 kali seri membuat sang pelatih didepak dari kursi manajerial.

Sejumlah pelatih kemudian muncul sebagai calon pengganti. Siapa saja? Berikut calon pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon!

1. Gennaro Gattuso jadi yang terfavorit

5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!Gennaro Gattuso (valenciacf.com)

Gennaro Gattuso menjadi kandidat pengganti pelatih Lyon terfavorit. Sejak Januari 2023 lalu, ia masih menganggur setelah memutuskan pergi dari Valencia. Statusnya yang tidak terikat tersebut membuat manajemen sedang mempertimbangkannya.

Pelatih berusia 45 tahun ini punya rekam jejak melatih klub-klub besar. Selain Valencia, ia juga pernah menukangi Napoli dan AC Milan. Kendati menangani klub-klub mentereng, kiprahnya tidak terlalu istimewa. Ia selalu menjalani masa singkat sebagai pelatih di klub-klub tersebut.

2. Habib Beye berpotensi digaet, tetapi masih terikat kontrak dengan Red Star FC

5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!Habib Beye (twitter.com/RedStarFC)

Habib Beye merupakan kandidat pelatih baru Lyon. Namun, juru taktik berusia 45 tahun ini masih terikat kontrak bersama klub kasta ketiga liga Prancis, Red Star FC. Kontraknya tersebut berjalan hingga 2024 mendatang.

Kemungkinan besar Beye bakal menolak tawaran Lyon. Kendati demikian, bukan tidak mungkin ia bisa memikirkan ulang hal tersebut. Meski Les Gones sedang terpuruk, mereka tetap salah satu klub elite di Prancis. Menjadi pelatih di klub tersebut bisa membuat karier manajerialnya mendapatkan sorotan lebih.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!

3. Frank Lampard masih menganggur sejak meninggalkan Chelsea pada musim panas 2023

5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!Frank Lampard (uefa.com)

Frank Lampard hingga saat ini masih menganggur sebagai pelatih. Kontraknya berakhir bersama Chelsea pada musim panas 2023 lalu. Setelah menjadi pelatih interim bersama The Blues, ia belum melatih lagi.

Selain pernah melatih Chelsea, Lampard juga punya pengalaman di klub lainnya. Sebelumnya, ia mengawali kariernya sebagai juru taktik Derby County. Setelah itu, ia juga menangani Everton. Meski tergolong baru dalam dunia kepelatihan, Lyon bisa merekrutnya berkat pengalaman yang dimilikinya ketika aktif bermain.

4. Oliver Glasner saat ini belum melatih lagi setelah pergi dari Eintrach Frankfurt

5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!Oliver Glasner (bundesliga.com)

Oliver Glasner memutuskan untuk pergi dari Eintracht Frankfurt pada musim panas 2023. Setelah menukangi klub Jerman itu selama 2 tahun, ia rehat sejenak dari dunia kepelatihan. Namun, hal itu juga membuatnya diincar banyak klub.

Lyon menawarkan posisi kepada Glasner untuk menjadi pelatih anyar. Kiprahnya bersama Frankfurt bisa menjadi modal di Prancis. Ia pernah membawa Die Adler menjuarai Liga Europa 2020/2021 lalu. Akan tetapi, manajemen harus bersaing untuk mendapatkannya. Pria berusia 49 tahun ini juga masuk radar calon pelatih Timnas Jerman untuk menggantikan Hansi Flick.

5. Julen Lopetegui masuk radar Lyon setelah meninggalkan Wolverhampton Wanderers

5 Calon Pengganti Laurent Blanc di Olympique Lyon, Gattuso Terfavorit!Julen Lopetegui (premierleague.com)

Julen Lopetegui baru saja meninggalkan Wolverhampton Wanderers pada 3 Agustus 2023 lalu. Keputusannya untuk meninggalkan Wolves disinyalir akibat frustrasi terhadap manajemen. Ia merasa tak didukung untuk memperkuat skuad dengan membeli pemain pada bursa transfer musim panas 2023.

Lyon dilaporkan sudah memberi penawaran kepada Lopetegui. Namun, pelatih berusia 57 tahun ini belum mempertimbangkannya. Ia masih ingin menukangi klub yang berlaga di English Premier League.

Para pelatih di atas punya potensi yang sama untuk direkrut Lyon. Rekam jejak mereka di kursi manajerial diharapkan dapat membatu Les Gones bangkit dari keterpurukan pada 2023/2024. Siapakah yang bakal merapat ke Groupama Stadium?

Baca Juga: 4 Pemain yang Kembali ke Olympique Lyon pada Musim Panas 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya