Capaian Jude Bellingham Usai Bawa Real Madrid ke Perempat Final UCL

Jadi gelandang produktif

Real Madrid sukses melaju ke perempat final UEFA Champions League 2023/2024. Kepastian tersebut didapatkan usai hasil imbang melawan RB Leipzig pada leg kedua babak 16 besar, Kamis (7/3/2024). Duel yang dihelat di Santiago Bernabeu ini berakhir dengan skor 1-1.

Bertindak sebagai tim tamu, RB Leipzig mampu mendominasi permainan. Namun, Real Madrid lebih dahulu mencetak gol melalui Vinicius Junior pada menit ke-65. Hanya berselang 3 menit, Willie Orban menyamakan skor. Die Roten Bullen gagal mencetak gol lagi dan hasil imbang ini sudah cukup membuat Los Blancos lolos berkat kemenangan agregat 2-1.

Salah satu pemain yang menjadi sorotan pada laga ini adalah Jude Bellingham. Gelandang berusia 20 tahun ini tidak mencetak gol, tetapi punya peran vital di lini tengah Real Madrid. Ia menciptakan assist untuk gol yang dibuat Vinicius Junior. Kontribusinya ini membuatnya mencatatkan pencapaian gemilang di Liga Champions Eropa.

1. Jadi pemain Inggris terproduktif setelah Steven Gerrard

Capaian Jude Bellingham Usai Bawa Real Madrid ke Perempat Final UCLJude Bellingham (uefa.com)

Torehan satu assist Jude Bellingham di laga Real Madrid kontra RB Leipzig ini berbuah hal spesial. Sejauh ini, ia sudah menciptakan total 4 gol dan 4 assist untuk Los Blancos di UCL 2023/2024. Ia menjadi salah satu gelandang tersubur yang berperan penting membawa tim ibu kota Spanyol melaju ke perempat final.

Opta mencatat, jumlah kontribusi gol Bellingham pada musim ini hampir menyamai pencapaian Steven Gerrard yang dibuat saat masih aktif bermain bersama Liverpool. Hal itu terjadi pada 2007/2008 lalu. Saat itu, legenda The Reds membuat total 6 gol dan 4 assist. Ia mampu membawa tim Merseyside melaju hingga ke semifinal. 

Bellingham menjadi pemain Inggris pertama yang mencatatkannya setelah Steven Gerrard. Dengan bakal bermain di perempat final dan berpotensi lebih jauh lagi, maka ia berpeluang menyamai pencapaian tersebut. Bahkan jika mampu konsisten, ia bepotensi melewati rekor tersebut dengan membantu Real Madrid memenangi Liga Champions musim ini.

Baca Juga: Aksi Menyentuh Bellingham Kasih Selimut ke Ballboy yang Kedinginan

2. Ikuti jejak impresif Kylian Mbappe dan Erling Haaland pada usia muda

Capaian Jude Bellingham Usai Bawa Real Madrid ke Perempat Final UCLJude Bellingham (uefa.com)

Jude Bellingham kini mengikuti pencapaian Kylian Mbappe dan Erling Haaland di ajang Liga Champions. Dilansir Opta, ia menjadi pemain termuda ketiga yang mampu mencetak gol atau assist dalam enam laga beruntun. Satu assist yang diciptakannya pada laga Real Madrid kontra RB Leipzig dibuatnya saat berusia 20 tahun 251 hari. 

Pemain termuda yang melakukannya adalah Kylian Mbappe. Rekor tersebut tercipta saat ia memperkuat AS Monaco yang mentas di Liga Champions 2016/2017. Ia menciptakannya dalam 6 pertandingan pada fase grup dengan total 3 gol dan 3 assist. Saat itu, pemain asal Prancis ini masih berusia 18 tahun 337 hari. Pada musim tersebut, ia membawa Les Rouges et Blanc melaju hingga babak semifinal. Ia juga masuk ke Squad of the Tournament.

Erling Haaland kemudian menyusul pencapaian Mbappe saat membela Borussia Dortmund. Ia menciptakannya di Liga Champions 2020/2021 dengan total 10 gol. Pemain internasional Norwegia ini mencatatkannya ketika berusia 20 tahun 231 hari. Pada musim tersebut, ia membawa Die Borussen hingga perempat final dan jumlah gol yang dibuatnya itu membuatnya memenangi gelar top skor turnamen. 

3. Jadi gelandang tersubur Real Madrid musim ini

Capaian Jude Bellingham Usai Bawa Real Madrid ke Perempat Final UCLJude Bellingham (twitter.com/BellinghamJude)

Tambahan satu assist membuat Jude Bellingham menjadi pemain tersubur Real Madrid sejauh musim 2023/2024. Ia total telah membuat 20 gol dan 9 assist di seluruh kompetisi. Jumlah kontribusi tersebut diciptakannya dalam 31 penampilan sekaligus membuatnya menjadi gelandang paling produktif di lima liga top Eropa. 

Bellingham juga menjadi pemain tersubur Real Madrid musim ini. Meski berposisi sebagai gelandang, produktivitasnya membantu Los Blancos kompetitif di berbagai ajang. Sosoknya kerap kali menghadirkan gol atau assist krusial yang berbuah kemenangan tim. Catatan ini meninggalkan Vinicius Junior yang berada di urutan kedua dengan koleksi 15 gol dan 7 assist. 

Capaian impresif Bellingham ini membuatnya menjadi pembelian terbaik musim ini. Real Madrid tidak merasa rugi membelinya seharga 103 juta euro atau Rp1,75 triliun. Ia dengan sukses membuktikan kualitasnya sebagai pemain muda dengan menjadi andalan sekaligus pemain produktif bagi Los Blancos. Ia berpotensi bisa menghadirkan trofi juara LaLiga Spanyol dan Liga Champions Eropa musim ini. Mampukah ia membuktikannya?

Baca Juga: Bellingham Merasa Jadi Korban Pamer Otot Wasit di Spanyol

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya