5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024

Rasmus Hojlund cetak gol perdana di EPL!

Boxing Day English Premier League (EPL) 2023/2024 rampung digelar. Sederet laga yang terjadi pada pekan ke-19 ini banyak menghadirkan momen menarik. Berbagai keseruan tersaji pada beberapa laga yang membuat persaingan antartim makin ketat.

Salah satu yang menarik adalah Rasmus Hojlund yang akhirnya mencetak gol di EPL. Satu golnya itu membawa Manchester United meraih kemenangan dramatis atas Aston Villa pada Rabu (27/12/2023). The Red Devils sukses comeback dan memenangi laga dengan skor 3-2.

Termasuk momen gol perdana Rasmus Hojlund, ada berbagai hal menarik lainnya yang terjadi pada pekan ke-19. Berikut lima momen yang tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024.

1. Chris Wood menjadi pemain ketujuh yang mencetak hattrick di Boxing Day

5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024Selebrasi Chris Wood (kanan) usai mencetak hattrick untuk Nottingham Forest saat melawan Newcastle United di laga Boxing Day EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Newcastle United menjamu Nottingham Forest di St James' Park, Selasa (26/12/2023). Bermain di hadapan pendukung sendiri tak membuat tim tuan rumah bisa menang. Tim tamu justru berhasil mencuri tiga poin melalui kemenangan dengan skor 3-1. 

Chris Wood menjadi bintang lapangan di laga ini berkat torehan hattrick. Stiker berusia 32 tahun ini melesakkan tiga gol ke gawang mantan klubnya tersebut sekaligus memberi kekalahan kedelapan Newcastle musim ini. Laga ini juga menjadi debut manis bagi pelatih baru Nottingham, Nuno Espirito Santo, yang mendapatkan tiga poin perdana.

Tak cuma itu, Wood juga masuk jajaran pemain spesial yang berhasil mencetak hattrick di Boxing Day. Striker berpaspor Selandia Baru ini menjadi pemain ketujuh yang mampu menorehkannya. Ia bersanding dengan nama-nama beken, seperti Thierry Henry, Kevin Phiilips, Robbie Fowler, Dimitar Berbatov, Gareth Bale, dan Harry Kane.

2. Gol ke-50 Diogo Jota mengantarkan Liverpool ke puncak klasemen EPL

5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024Selebrasi Diogo Jota usai mencetak gol kemenangan Liverpool atas Burnley di laga Boxing Day EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Liverpool membawa pulang poin penuh saat bertandang ke markas Burnley di Turf Moor, Rabu (27/12/2023). The Reds cukup kesusahan untuk mendapatkan tiga poin atas The Clarets. Namun, skor kemenangan 2-0 menjadi hasil akhir bagi tim besutan Juergen Klopp ini.

Darwin Nunez mencetak gol pertama Liverpool saat laga baru berjalan 6 menit. Lesakannya dari luar kotak penalti berhasil mengakhiri paceklik golnya dalam 12 laga. Sementara itu, gol kedua dibuat Diogo Jota pada menit ke-90. Pulih dari cedera, winger asal Portugal ini masuk sebagai pemain pengganti. Satu gol ini sekaligus menjadi torehan ke-50 selama berseragam The Reds.

Kemenangan ini membawa Liverpool naik ke puncak klasemen sementara EPL. Pasukan Juergen Klopp berhasil mengumpulkan 42 poin. Hasil itu didapatkan setelah menjalani 19 laga dengan rincian 12 kemenangan, 6 seri, dan 1 kekalahan. The Reds unggul dua poin dari Arsenal yang membuntuti di peringkat kedua.

Baca Juga: 4 Pemain Akademi Tottenham yang Debut di Premier League pada 2023

3. Gol perdana Rasmus Hojlund di EPL bawa Manchester United menang atas Aston Villa

5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024Para pemain Manchester United merayakan gol perdana Rasmus Hojlund (tengah) saat melawan Aston Villa di laga Boxing Day EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Manchester United menerima lawatan Aston Villa di Old Trafford, Rabu (27/12/2023). Laga ini berjalan dramatis bagi tim tuan rumah. Sempat tertinggal 0-2 dari The Villans, The Red Devils sukses comeback dan mengakhiri laga dengan kemenangan 3-2.

Permainan sejatinya berjalan seimbang dengan kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun, Aston Villa bermain apik dengan mencetak dua gol pada babak pertama melalui John McGinn dan Leander Dendoncker. Pada babak kedua, brace Alejandro Garnacho membuat skor menjadi imbang 2-2. Rasmus Hojlund tampil sebagai pahlawan kemenangan Manchester United berkat gol yang dicetaknya pada menit ke-82.

Gol yang diciptakan Hojlund tersebut menjadi momen penting baginya. Tak cuma membawa Manchester United menang, lesakan tersebut merupakan gol perdananya di EPL setelah 14 laga. Hal ini penting untuk mengembalikan kepercayaan dirinya sebagai seorang striker.

4. Manchester City kembali meramaikan persaingan gelar juara EPL

5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024Selebrasi Bernardo Silva usai mencetak gol kemenangan Manchester City atas Everton di laga Boxing Day EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Manchester City bertandang ke markas Everton di Goodison Park, Kamis (28/12/2023). The Citizens kembali bermain di EPL setelah pada pekan sebelumnya berlaga di Piala Dunia Antarklub. Tim besutan Pep Guardiola berhasil menang dengan skor 3-1.

Everton mencetak gol terlebih dahulu melalui Jack Harrison pada menit ke-26. Sempat mengalami kebuntuan pada babak pertama, Manchester City bangkit pada babak kedua. The Citizens berhasil membalas tiga gol melalui Phil Foden, Julian Alvarez, dan Bernardo Silva.

Kemenangan ini membuat mereka kembali masuk dalam persaingan juara EPL 2023/2024. Saat ini, tim besutan Pep Guardiola berada di urutan keempat klasemen sementara. Mereka mengoleksi 37 poin dan hanya tertinggal 5 poin dari Liverpool sebagai pemuncak.

5. Arsenal mengalami kekalahan perdana di Emirates Stadium pada 2023/2024

5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024Ekspresi kekecewaan para pemain Arsenal usai mengalami kekalahan melawan West Ham United di laga Boxing Day EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Arsenal secara mengejutkan mengalami kekalahan dari West Ham United pada Jumat (29/12/2023). Bermain di Emirates Stadium, dukungan para penonton tak mampu membantu The Gunners menang. The Hammers sukses memenangi derbi London dengan skor 2-0.

Tim tuan rumah sejatinya mendominasi jalannya permainan. Hal ini dibuktikan dengan penguasaan bola hingga 74 persen. Arsenal menciptakan 30 peluang dengan 8 di antaranya mengancam gawang. Namun, West Ham mampu bermain lebih efektif. Dari 6 tembakan, 3 di antaranya on target dengan 2 berbuah gol dari Tomas Soucek dan Konstantinos Mavropanos.

Kekalahan ini merupakan yang pertama kalinya dialami Arsenal di laga kandang musim ini. Selain itu, kegagalan meraih tiga poin juga membuat mereka urung menggusur Liverpool di puncak klasemen. The Gunners saat ini berada di peringkat kedua dengan koleksi 40 poin, hanya tertinggal 2 poin dari pemuncak klasemen. 

Sejumlah momen penting di atas menjadi keseruan tersendiri yang terjadi pada pekan ke-19 EPL 2023/2024. Boxing Day selalu menyuguhkan pertandingan yang menarik dengan tidak terduga. Dengan musim yang sudah berjalan setengahnya, hasil-hasil pertandingan di atas akan membuat persaingan di papan klasemen menjadi makin sengit untuk ke depannya.

Baca Juga: 7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier League

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya