7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier League

Semua hattrick pada Boxing Day punya cerita unik

Boxing Day English Premier League (EPL) 2023/2024 diwarnai pesta gol di beberapa pertandingan. Ini tak terkecuali laga yang mempertemukan Newcastle United dan Nottingham Forest, Selasa (26/12/2023) WIB. The Garibaldi berhasil memecundangi tuan rumah Newcastle dengan skor 3-1 melalui hattrick Chris Wood.

Pemain asal Selandia Baru itu bukanlah satu-satunya pemain yang berhasil mencetak hattrick pada Boxing Day Premier League. Ia menjadi pemain ketujuh yang mampu menyarangkan tiga gol ke gawang lawan pada Boxing Day. Siapa saja pemain di kasta tertinggi Liga Inggris yang mampu mencetak hattrick? Berikut daftarnya.

1. Thierry Henry jadi pemain pertama yang mencetak hattrick pada Boxing Day

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueThierry Henry (premierleague.com)

Thierry Henry mencetak hattrick dalam laga ke-50 dirinya bersama Arsenal kala timnya mengalahkan Leicester City dengan skor 6-1 pada Boxing Day 2000. Lebih luar biasanya lagi, mantan pemain asal Prancis ini menyumbangkan dua assist untuk gol Patrick Vieira dan Tony Adams. Meski tampil gemilang pada musim 2000/2001, The Gunners gagal menjuarai Premier League karena Manchester United berhasil mengungguli mereka di puncak klasemen dengan selisih 10 poin.

2. Kevin Phillips catatkan hattrick pada Boxing Day bersamaan dengan Thierry Henry

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueKevin Phillips saat menerima Golden Boot Premier League musim 1999/2000. (twitter.com/SunderlandAFC)

Boxing Day musim 2000/2001 bukan hanya jadi panggung Thierry Henry, tetapi juga bagi mantan striker Sunderland, Kevin Phillips. Peraih Golden Boot di EPL 1999/2000 ini sukses menceploskan trigol ke gawang Bradford City dalam kemenangan The Black Cats dengan skor 4-1. Kekalahan ini menjadi rentetan penampilan buruk Bradford City hingga terdegradasi pada musim tersebut.

3. Robbie Fowler torehkan hattrick pada laga keenamnya bersama Leeds United

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueRobbie Fowler (leedsunited.com)

Robbie Fowler yang kala itu baru dibeli dari Liverpool oleh Leeds United pada Desember 2001 langsung menorehkan hattrick pada Boxing Day. Ini terjadi pada pertandingan keenamnya bersama klub saat ia berhasil membawa The Whites memenangi pertandingan dengan skor 3-0 melawan Bolton Wanderers. Fowler mengakhiri musim pertamanya bersama Leeds United dengan 15 gol.

4. Dimitar Berbatov mencetak hattrick pada musim terakhirnya bersama Manchester United

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueDimitar Berbatov (twitter.com/ManUtd)

Dimitar Berbatov menjadi pemain selanjutnya yang catatkan hattrick pada Boxing Day setelah 10 tahun lamanya. Momen ini terjadi pada pekan ke-18 Premier League 2011/2012 ketika ia membawa Manchester United menang atas Wigan Athletic dengan skor telak 5-0. Sayangnya, itu menjadi musim terakhir bagi Berbatov karena mulai tersingkir dari skuad utama Setan Merah yang membuatnya hengkang ke Fulham pada musim panas 2012.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Premier League di Boxing Day

5. Hattrick Gareth Bale pada Boxing Day jadi kado perpisahan bagi Tottenham Hotspur

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueGareth Bale (tottenhamhotspur.com)

Sebelum pindah ke Real Madrid, Gareth Bale yang menjadi idola fans Tottenham Hotspur kala itu memberikan kado indah pada Boxing Day 2012/2013. Ini terjadi saat Spurs berhasil mempermalukan Aston Villa dengan skor 4-0. Ini sekaligus menjadi hattrick pertama Bale di Premier League. Pada musim tersebut, ia berhasil membubuhkan 21 gol hingga membantu Tottenham finis di urutan kelima klasemen akhir Liga Inggris.

6. Hattrick Harry Kane pada Boxing Day menjadi yang kedelapan pada 2017

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueHarry Kane saat menerima Golden Boot Premier League pada 2016/2017. (premierleague.com)

Harry Kane menjadi aktor utama dalam kemenangan telak 5-2 atas Southampton pada Boxing Day musim 2017/2018. Lebih luar biasanya lagi, laga ini menjadi salah satu dari delapan hattrick yang ia ciptakan pada 2017. Kane sekaligus memecahkan rekor Alan Shearer dengan mencetak 39 gol untuk gol terbanyak di Premier League dalam 1 tahun kalender.

7. Chris Wood jadi pemain ketujuh yang cetak hattrick pada Boxing Day

7 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Boxing Day Premier LeagueChris Wood (merah) saat mencetak gol ke gawang Newcastle United pada Selasa (26/12/2023). (twitter.com/premierleague)

Chris Wood menjadi pemain terbaru yang menorehkan hattrick pada Boxing Day. Pemain asal Selandia Baru ini berhasil mengantarkan Nottingham Forest mengalahkan mantan klubnya, Newcastle United, di St. James’ Park dengan skor 3-1. Ia menjadi pemain kedua klub yang berhasil mencetak hattrick di kasta tertinggi Liga Inggris setelah Kevin Campbell pada 1996.

Hattrick tersebut menjadi bukti bahwa Boxing Day merupakan salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepak bola Inggris. Apakah bakal ada pemain lain yang mampu masuk ke dalam daftar ini pada musim depan? Menarik untuk menunggu persaingan ketat Premier League musim mendatang.

Baca Juga: Rekor Sempurna Juergen Klopp di Boxing Day Masih Berlanjut

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya