5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level Klub

Chiellini pensiun pada usia 39 tahun

Giorgio Chiellini memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional pada 12 Desember 2023. Mantan bek Timnas Italia ini gantung sepatu pada usia 39 tahun. Ia mengakhiri karier gemilangnya di dunia kulit bundar yang sudah dilakoni selama 23 tahun.

Selama aktif bermain di level klub, Chiellini menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Juventus. Ia juga pernah membela Livorno, Fiorentina, dan Los Angeles FC. Hal itu membuatnya pernah ditangani oleh sederet pelatih kenamaan. Ia menjadi andalan selama bertahun-tahun berkat konsistensi yang ditunjukkannya sebagai seorang bek.

Lalu, siapa saja para pelatih yang sering mengandalkan Giorgio Chiellini di level klub? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Massimiliano Allegri menjadikan Giorgio Chiellini (210 penampilan) sebagai bek kelas atas

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level KlubMassimiliano Allegri (twitter.com/juventusfc)

Massimiliano Allegri menjadi pelatih yang paling sering memainkan Giorgio Chiellini. Keduanya bekerja sama di Juventus dalam dua periode berbeda, yakni pada 2014–2019 dan 2021–2022. Selama itu pula, sang pemain diandalkan dalam 210 penampilan di berbagai ajang. 

Bersama Allegri, Chiellini berada di puncak kariernya. Keduanya membawa Juventus digdaya dengan mendominasi Serie A pada periode kerja pertama. I Bianconeri meraih scudetto selama 5 musim beruntun pada 2014–2019. Prestasi lain juga dilengkapi dengan 5 titel juara Coppa Italia dan 4 Supercoppa Italiana. 

Selain itu, kokohnya pertahanan yang dipimpin Chiellini membawa Juventus menembus final Liga Champions Eropa sebanyak dua kali. Final tersebut terjadi pada 2014/2015 dan 2016/2017. Meski pada akhirnya gagal juara, pencapaian tersebut patut diapresiasi sebab konsistensi yang telah ditunjukkan I Bianconeri.

2. Giorgio Chiellini mencatatkan seratus penampilan di bawah Antonio Conte

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level KlubAntonio Conte (uefa.com)

Antonio Conte dan Giorgio Chiellini pernah bekerja sama di Juventus. Kerja sama keduanya terjadi selama 3 musim pada 2011–2014. Periode ini merupakan masa awal I Bianconeri mulai mendominasi kompetisi domestik. 

Chiellini bermain sebanyak seratus pertandingan di bawah asuhan Conte. Keduanya menghasilkan prestasi apik selama di Turin. Juventus berhasil menjadi juara Serie A selama 3 musim beruntun pada 2011–2014. Selain itu, I Bianconeri juga menyabet dua gelar juara Supercoppa Italiana.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Bisa Menggantikan Giorgio Chiellini di Juventus

3. Claudio Ranieri mengandalkan Giorgio Chiellini (66 penampilan) selama 2 musim di Juventus

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level KlubClaudio Ranieri (uefa.com)

Claudio Ranieri semasa melatih Juventus mengandalkan Giorgio Chiellini untuk mengawal lini pertahanan. Keduanya bekerja sama selama 2 musim, yakni pada 2007–2009. Sang bek dipercaya turun dalam 66 pertandingan di semua ajang. 

Sayangnya, kerja sama antara Ranieri dan Chiellini tidak menghasilkan prestasi bagi Juventus. Pasalnya, periode ini merupakan masa kebangkitan I Bianconeri usai menjalani hukuman calciopoli. Mereka mentas di Serie B pada 2006/2007 dan baru promosi ke Serie A 2007/2008. 

4. Giorgio Chiellini (45 penampilan) menjadi andalan Steven Cherundolo di Los Angeles FC

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level KlubSteven Cherundolo (lafc.com)

Giorgio Chiellini menjalani akhir kariernya dengan membela klub Amerika Serikat, Los Angeles FC. Ia bekerja di bawah asuhan pelatih Steven Cherundolo selama 1,5 tahun pada 2022–2023. Ia total bermain dalam 45 pertandingan di berbagai kompetisi.

Selama membela Los Angeles FC, Chiellini berhasil membawa tim bermain kompetitif. Meski usianya sudah tak lagi muda ketika bergabung, ia mampu menghadirkan prestasi. Ia sukses menjuarai MLS Cup dan penghargaan Supporters' Shield sebagai tim terbaik dengan perolehan poin terbanyak dalam semusim.

5. Luigi Delneri mengandalkan Giorgio Chiellini (43 penampilan) selama semusim di Juventus

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level KlubLuigi Delneri (juventus.com)

Pada 2010/2011, Juventus ditangani Pelatih Luigi Delneri. Sang Juru Taktik hanya setahun di Turin. Giorgio Chiellini menjadi salah satu pemain yang paling sering dimainkan olehnya.

Selama masa singkat tersebut, Delneri memberi kepercayaan kepada Chiellini untuk memimpin lini pertahanan Juventus. Ia menurunkan sang bek sebanyak 43 kali di berbagai kompetisi. Namun, kerja sama keduanya disayangkan tidak menghasilkan prestasi bagi I Bianconeri.

Tak cuma dilatih oleh nama-nama di atas, Giorgio Chiellini juga pernah ditangani Fabio Capello, Walter Mazzari, hingga Didier Deschamps. Dengan banyak ilmu yang didapatkan semasa aktif bermain, bekal untuk menjadi pelatih sudah dimilikinya. Jika ingin melanjutkan karier ke dunia manajerial, maka ilmu yang diperoleh dari pelatih-pelatih top bisa diaplikasikannya.

Baca Juga: Menilik Karier Ciamik Giorgio Chiellini yang Mengumumkan Pensiun

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya