7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia Dortmund

Ada Mats Hummels hingga Donyell Malen

Intinya Sih...

  • Edin Terzic mengakhiri kerja sama dengan Borussia Dortmund setelah 3 tahun melatih dalam 2 periode berbeda.
  • Julian Brandt, Mats Hummels, dan Donyell Malen adalah beberapa pemain yang paling diandalkan oleh Terzic selama melatih Borussia Dortmund.
  • Pemain seperti Marco Reus, Emre Can, Nico Schlotterbeck, Gregor Kobel juga menjadi andalan dalam taktik permainan yang diterapkan Edin Terzic.

Edin Terzic dan Borussia Dortmund resmi mengakhiri kerja sama. Sang pelatih pergi setelah mendiskusikan ini dengan pihak manajemen klub. Ia menangani Die Borussen selama 3 tahun dalam 2 periode berbeda, yaitu 2020–2021 dan 2022–2024.

Dalam waktu yang tidak begitu lama tersebut, Terzic menurunkan banyak pemain untuk menjalankan taktiknya di atas lapangan. Dari sekian pemain yang pernah bekerja di bawah asuhannya, terdapat tujuh nama yang paling diandalkan selama melatih Borussia Dortmund. Siapa saja mereka?

1. Julian Brandt paling diandalkan dengan dipercaya turun dalam 115 laga

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundJulian Brandt (bvb.de)

Julian Brandt merupakan sosok di balik kreativitas permainan Borussia Dortmund bersama Edin Terzic. Berposisi sebagai gelandang serang, pemain asal Jerman ini menjadi kreator serangan tim dengan diturunkan dalam 115 laga di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia tampil produktif dengan gelontoran 23 gol dan 26 assist. 

2. Mats Hummels bek tengah utama dengan catatan 108 laga

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundMats Hummels (bvb.de)

Mats Hummels menjadi andalan Edin Terzic di lini pertahanan Borussia Dortmund. Pemain berusia 35 tahun ini dimainkan sebanyak 108 kali di seluruh ajang. Ia berkontribusi dengan menyumbang 8 gol dan 1 assist. Peran vitalnya sebagai bek tengah berpengalaman ini membantu tim bermain kompetitif. Ia mampu menunjukkan ketangguhannya di lini belakang.

3. Marco Reus menjadi kreator serangan tim dengan berlaga sebanyak 104 kali

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundMarco Reus (bvb.de)

Edin Terzic tak cuma mengandalkan Julian Brandt sebagai sumber kreativitas tim. Marco Reus sebagai sosok berpengalaman di dalam skuad Borussia Dortmund juga menjalani tugas serupa. Ia berperan sebagai kreator serangan untuk membantu produktivitas gol tim. Total, ia memainkan 104 laga di lintas kompetisi dengan kontribusi 25 gol dan 32 assist.  

Baca Juga: 5 Manajer Dortmund dengan Persentase Menang Tertinggi di Bundesliga

4. Emre Can berperan sebagai jenderal lapangan tengah dalam 104 laga

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundEmre Can (instagram.com/emrecan23)

Emre Can menjalani tugas penting di dalam taktik yang diterapkan Edin Terzic. ia berperan sebagai gelandang bertahan yang menjaga stabilitas permainan tim. Di bawah asuhannya, ia juga dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim. Pemain berusia 30 tahun ini mampu tampil spartan dalam 104 laga di seluruh kompetisi dengan catatan 6 gol dan 7 assist.

5. Nico Schlotterbeck mengawal lini pertahanan tim sebanyak 87 laga

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundNico Schlotterbeck (instagram.com/nico.schlotterbeck)

Nico Schlotterbeck menjadi bek tengah yang paling sering dimainkan bersama Mats Hummels. Edin Terzic merupakan pelatih yang mendatangkannya pada musim panas 2022 ke Borussia Dortmund. Ia memainkan 87 laga di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia tampil cukup produktif dengan menyumbang 6 gol dan 10 assist.

6. Gregor Kobel menjadi andalan di bawah mistar gawang sebanyak 77 kali

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundGregor Kobel (instagram.com/gregorkobel)

Gregor Kobel bekerja sama dengan Edin Terzic pada periode kedua melatihnya pada 2022–2024. Selama 2 musim, ia menjadi andalan di bawah mistar gawang Borussia Dortmund. Kiper berusia 26 tahun ini diturunkan dalam 77 laga di lintas ajang. Ia mampu mencatatkan 29 clean sheets dengan jumlah kebobolan 84 gol. 

7. Donyell Malen tampil apik sebagai winger kanan dalam 73 laga

7 Pemain Andalan Edin Terzic selama Melatih Borussia DortmundDonyell Malen (instagram.com/donyellmalen)

Donyell Malen merupakan pemain yang mengalami perkembangan signifikan ketika dilatih Edin Terzic. Berlabuh ke Borussia Dortmund pada 2021, ia datang sebagai pemain muda potensial saat itu. Dalam 2 musim kerja sama, pemain asal Belanda ini menjadi andalan di sisi kanan penyerangan. Ia mampu menciptakan 25 gol dan 13 assist dari 73 kali berlaga. 

Para pemain di atas merupakan yang paling sering dimainkan Edin Terzic saat di Borussia Dortmund. Kualitas yang ditunjukkan mereka membuatnya memercayai tugas untuk menjalankan taktik permainan agar kompetitif. Selama 3 tahun melatih, ia mampu mempersembahkan satu gelar juara DFB-Pokal ke publik Signal Iduna Park.

Baca Juga: Kejutan, Dortmund Ditinggal Pelatih Edin Terzic

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya