6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023

Neymar Jr jadi yang terbaru

Sepak bola Arab Saudi tengah bergeliat pada bursa transfer musim panas 2023. Banyak pemain top yang sudah punya nama di Eropa tergiur menuju Timur Tengah. Faktor uang yang besar menjadi salah satu alasan kepindahan para pemain tersebut.

Banyak bintang berprestasi di Eropa mencoba tantangan baru ke Arab Saudi. Salah satunya adalah pemain Brasil. Siapa saja para pemain tersebut? Ada Neymar Jr hingga Alex Telles!

1. Neymar Jr bergabung ke Al-Hilal dengan bayaran fantastis

6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023Neymar Jr (twitter.com/Alhilal_EN)

Neymar Jr memutuskan untuk pergi dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2023. Ia bergabung dengan Al-Hilal dan dikontrak selama 2 tahun, yang berlaku hingga 2025 mendatang. Biaya transfer senilai 86,3 juta pound sterling atau Rp1,67 triliun menjadi kesepakatan kedua klub.

Winger berusia 31 tahun ini akan mendapatkan bayaran fantastis di Al-Hilal. Neymar bakal memperoleh gaji 129,4 pound sterling atau Rp2,51 triliun per tahun. Jumlah tersebut merupakan enam kali lipat dari yang diterimanya saat di PSG. Kepergian sang pemain sekaligus mengakhiri kiprah gemilangnya selama 6 tahun di ibu kota Prancis.

2. Roberto Firmino merapat ke Al-Ahli usai kontraknya habis di Liverpool

6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023Roberto Firmino (twitter.com/ALAHLI_FC)

Roberto Firmino melakoni tantangan baru dengan bergabung ke Al-Ahli pada musim panas 2023. Hal tersebut menyusul kontraknya yang habis di Liverpool. Ia meninggalkan The Reds setelah pengabdian selama 8 tahun.

Al-Ahli memberikan kontrak 3 tahun, yang berlaku hingga 2026, kepada Firmino. Sang bomber bakal mendapatkan bayaran 17 juta pound sterling atau Rp 330 miliar per tahun. Pemain berusia 31 tahun ini baru saja melakoni debutnya di Liga Arab Saudi 2023/2024 dengan catatan hattrick. Ia berhasil membawa Al-Ahli menang 3-1 atas Al-Hazm.

3. Fabinho menjajal tantangan baru di Al-Ittihad

6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023Fabinho (twitter.com/ittihad)

Fabinho secara mengejutkan hengkang dari Liverpool dan menerima tawaran dari Al-Ittihad. Klub yang berbasis di Jeddah ini menebusnya seharga 40 juta pound sterling atau Rp778 miliar. Sang gelandang mengakhiri kariernya di Anfield yang sudah dijalani selama 5 tahun.

Gelandang berusia 29 tahun bakal mendapatkan gaji 700 ribu pound sterling atau Rp13,6 miliar per pekan. Fabinho dikontrak Al-Ittihad selama 3 tahun, yang berlaku hingga 2026 mendatang. Ia akan reuni dengan mantan pelatihnya, Nuno Espirinto Santo. Selain itu, ia akan bermain bersama bintang top lain, seperti N'Golo Kante dan Karim Benzema.

Baca Juga: Neymar Buka Suara Soal Kepindahannya ke Al-Hilal

4. Malcom pindah ke Al-Hilal dari Zenit Saint Petersburg

6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023Malcom (twitter.com/Alhilal_FC)

Malcom meninggalkan Zenit Saint Petersburg setelah 4 tahun bersama. Pemain berusia 26 tahun ini hijrah ke Arab Saudi dengan bergabung bersama Al-Hilal. Ia dikontrak selama 4 tahun, yang berlaku hingga 2027 mendatang.

Selain pernah memperkuat Zenit, Malcom juga punya pengalaman matang dengan klub lain. AS Roma hingga Barcelona menjadi tempat Malcom berkarier. Penampilannya di Al-Hilal juga langsung moncer pada pekan perdana Liga Arab Saudi 2023/2023. Ia sukses mencetak hattrick dalam kemenangan melawan Abha dengan skor akhir 3-1. 

5. Roger Ibanez bergabung dengan Al-Ahli

6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023Roger Ibanez (instagram.com/ibanez41oficial)

Roger Ibanez memutuskan untuk hengkang dari AS Roma. Ia mengakhiri pengabdiannya selama 2,5 tahun dengan bergabung bersama Al-Ahli. Sang bek ini diikat kontrak 4 tahun hingga 2027 mendatang.

Debutnya berjalan dengan gemilang bersama Al-Ahli. Ia mampu membawa klub yang berbasis di Jeddah ini berhasil mengalahkan Al-Hazm dengan skor 3-1. Ia bermain dengan pemain bintang lainnya, seperti Edouard Mendy, Roberto Firmino, Allan Saint-Maximin, hingga Riyad Mahrez.

6. Alex Telles hengkang dari Manchester United ke Al-Nassr

6 Pemain Brasil yang Pindah ke Arab Saudi pada Musim Panas 2023Alex Telles (instagram.com/alextelles13)

Alex Telles mencari peruntungan baru dengan hijrah ke Arab Saudi. Ia hengkang dari Manchester United sebab kalah bersaing di skuad utama. Bek berusia 30 tahun ini bergabung dengan Al-Nassr dengan kontrak selama 2 tahun.

Keputusan Telles untuk pindah ini berdasarkan perannya yang terpinggirkan di Manchester United. Pada 2022/2023 lalu, ia menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di Sevilla. Ia sukses mengantarkan klub Spanyol tersebut menjuarai Liga Europa. Sayangnya, hal tersebut tak membuat ia menjadi andalan di skuad Setan Merah.

Kehadiran sederet bintang Brasil di atas mampu meramaikan Liga Arab Saudi. Tak dapat dimungkiri bahwa bayaran yang fantastis menjadi salah satu faktor kepindahan mereka. Meski punya pamor yang mentereng di Eropa, para pemain ini lebih memilih untuk hijrah ke Arab Saudi. Siapa lagi yang akan menyusul?

Baca Juga: Diperkenalkan Al Hilal, Neymar Kantongi Rp4,5 Triliun!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya