Kiprah 5 Pemain ASEAN yang Bermain di Liga Korea Selatan pada 2023

Dua di antaranya hanya bertahan sebentar 

Liga Korea Selatan menjadi salah satu liga sepak bola terpopuler di Asia. Banyak pesepakbola sukses yang lahir dari sana. Oleh karena itu, liga ini menjadi tujuan bagi para pemain sepak bola, termasuk pemain-pemain dari Asia Tenggara (ASEAN) untuk meniti karier profesional.

Per 3 Desember 2023, liga-liga di Korea Selatan sudah berakhir. Beberapa pemain sempat mencuri perhatian, termasuk lima pemain asal ASEAN berikut. Siapa sajakah mereka dan bagaimana kiprahnya?

1. Asnawi Mangkualam Bahar berhasil mengemas 27 laga untuk Jeonnam Dragons

Kiprah 5 Pemain ASEAN yang Bermain di Liga Korea Selatan pada 2023Asnawi Mangkualam Bahar (instagram.com/asnawi_bhr/)

Asnawi Mangkualam Bahar memperkuat Jeonnam Dragons pada 2023. Pemain yang sudah berkiprah di Korea Selatan sejak 2021 ini mengemas 27 laga di semua ajang untuk klub yang bermarkas di Gwangyang Football Stadium. Namun, ia hanya berhasil menyumbang dua assist di sana.

Capaian Asnawi itu tampak menurun dari musim sebelumnya. Ketika masih membela Ansan Greeners pada 2022, Asnawi berhasil mengemas 2 gol dan 2 assist dari 26 laga di semua ajang. Namun, catatan statistik itu tentu tidak bisa menjadi patokan bagi pemain yang notabene bermain di posisi bek kanan.

Baca Juga: 4 Derbi Sepak Bola Terpanas di Kawasan Asia, Ada Timnas Indonesia

2. Nguyen Van Toan bermain sebanyak 11 laga di Seoul E-Land

Kiprah 5 Pemain ASEAN yang Bermain di Liga Korea Selatan pada 2023Nguyen Van Toan (instagram.com/vatonguyen96)

Nguyen Van Toan memperkuat klub K League 2, Seoul E-Land, pada 2023. Klub asal Seoul itu mendatangkannya dari HAGL FC dengan durasi kontrak selama 1 musim. Namun, pemain berusia 27 tahun itu hanya bertahan selama 9 bulan di sana. 

Van Toan sendiri tampil kurang maksimal. Ia hanya mengemas sebelas laga di Seoul E-Land. Itu termasuk penampilannya di kompetisi Korean FA Cup dengan mengemas 1 assist dari 2 laga.

Van Toan kemudian memutuskan pulang kampung pada September 2023. Tak lama setelah itu, ia langsung ditawari bergabung bersama Nam Dinh FC untuk mengarungi kompetisi V.League 1 2023/2024. Per 17 Desember 2023, ia sendiri sudah mengemas 2 gol dan 2 assist dari 6 laga di semua ajang. FYI, V.League 1 atau liga teratas di Vietnam itu hanya diikuti sebanyak 14 tim saja.

3. Kogileswaran Raj hanya bermain dalam satu laga di Cheongju FC

Kiprah 5 Pemain ASEAN yang Bermain di Liga Korea Selatan pada 2023Kogileswaran Raj (instagram.com/kogiraj1021)

Nasib Nguyen Van Toan dialami juga oleh pemain Malaysia, Kogileswaran Raj. Kogi–sapaan akrabnya–harus berpisah dengan klub K League 2, Cheongju FC, pada Juli 2023. Ia pun praktis hanya bertahan selama 6 bulan di sana.

Selama 6 bulan itu, Kogi hanya bermain dalam satu laga saja bersama Cheongju FC. Penampilan itu pun ia buat di kompetisi Korean FA Cup. Namun, meski sebentar dan hanya bermain dalam satu laga saja, ia ternyata merupakan pemain Malaysia pertama yang berkiprah di Korea Selatan.

4. Nguyen Canh Anh dan Vu Minh Hieu belum pernah melakukan debut di Cheonan City

Kiprah 5 Pemain ASEAN yang Bermain di Liga Korea Selatan pada 2023Nguyen Canh Anh (kiri) dan Minh Hieu Vu (kanan) (spotvnews.com)

Cheonan City meminjam dua pemain muda asal Vietnam pada Januari 2023. Mereka adalah Nguyen Canh Anh dan Vu Minh Hieu. Cheonan City meminjam mereka dari klub Vietnam, HAGL FC, selama 1 musim atau hingga Desember 2023.

Namun, hingga kompetisi berakhir, mereka berdua belum pernah melakukan debut di kompetisi apa pun. Mereka bahkan hanya pernah sekali masuk dalam daftar skuad Cheonan City di Korean FA Cup. Itu pun mereka hanya berakhir sebagai penghangat bangku cadangan.

Mereka kebanyakan tampil di kompetisi tak resmi, seperti uji coba dengan universitas setempat atau uji coba pramusim. Padahal, Vu Minh Hieu sempat menyumbang tiga gol ketika melawan Incheon National University. Sayangnya, mereka harus mengakui keunggulan tim kampus itu dengan skor 4-5.

Kelima pemain di atas belum mampu membawa tim masing-masing promosi ke K League 1. Bahkan, dua di antaranya tak mampu bertahan sampai akhir kompetisi. Siapa lagi nama pemain ASEAN berikutnya yang bakal menyusul untuk merumput di liga sepak bola Korea Selatan?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya