6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson Hengkang

Pemain-pemain senior yang mencatat pretasi

Melalui akun Instagram-nya, Jordan Henderson menuliskan ucapan selamat tinggal dengan Liverpool, Kamis (27/7/2023). Gelandang Timnas Inggris ini meninggalkan Liverpool setelah mengabdi selama 12 tahun. Perannya cukup besar bersama tim ini sebagai gelandang utama dan kapten sepeninggal Steven Gerrard.

Namun, kepindahannya ke Al Ettifaq membuat Henderson harus melepas jabatan kaptennya di Liverpool. Oleh karena itu, Juergen Klopp memiliki pekerjaan rumah baru untuk memilih kapten baru di kubu The Reds. Dari puluhan pemain yang ada di skuad Liverpool, terdapat enam pemain yang dinilai cocok menggantikan peran Henderson sebagai kapten tim.

Mereka adalah nama-nama senior yang pernah mencatatkan prestasi. Siapa sajakah nama yang dimaksud dan seberapa lama mereka mengabdi bersama Liverpool? Inilah ulasannya! 

1. Virgil van Dijk

6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson HengkangVirgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Virgil van Dijk menjadi calon terkuat untuk menjadi kapten Liverpool musim 2023/2024 mendatang. Pasalnya, Van Dijk telah memiliki pengalaman yang cukup untuk menjadi seorang kapten. Pada musim lalu, ia adalah kapten ketiga Liverpool setelah Jordan Henderson dan James Milner. Belum lagi, ia merupakan kapten dari Timnas Belanda sehingga tak heran kepemimpinannya sebagai seorang kapten telah teruji.

2. Joe Gomez

6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson HengkangJoe Gomez (liverpoolfc.com)

Jika bicara soal pemain dengan masa pengabdian terlama di Liverpool sepeninggal Jordan Henderson, Joe Gomez adalah jawabannya. Bek asal inggris ini bergabung dengan Liverpool sejak musim panas 2015. Gomez pun pernah beberapa kali memimpin skuad Liverpool sebagai kapten. Namun, masalahnya Gomez terhitung jarang bermain dan sering mengalami cedera sehingga kehadirannya sebagai kapten tim terbilang tak akan efektif.

3. Andy Robertson

6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson HengkangAndy Robertson (liverpoolfc.com)

Andy Robertson bisa menjadi alternatif pilihan Juergen Klopp untuk kapten baru Liverpool. Kualitasnya sebagai bek kiri Liverpool telah teruji dan dicintai oleh penggemar The Kop. Belum lagi, Robertson terhitung cukup senior di Liverpool karena ia telah bergabung sejak musim panas 2017. Robertson pun memiliki pengalaman yang cukup baik sebagai pemimpin tim. Ia merupakan kapten utama di Timnas Skotlandia.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 26 Sebelum Andrew Robertson

4. Trent Alexander-Arnold

6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson HengkangTrent Alexander-Arnold (liverpoolfc.com)

Penggemar Liverpool akan sangat senang jika Trent Alexander-Arnold terpilih sebagai kapten baru Liverpool. Pasalnya, Arnold merupakan pemain yang besar dari tim akademi. Ia akan merepresentasikan putra daerah yang berhasil bersinar dan menjadi pemimpin bagi Liverpool. Namun, usia Arnold yang masih muda mungkin bisa menjadi alasan Klopp tak memilih Arnold. Pasalnya, bek kanan kelahiran Liverpool ini masih berusia 24 tahun.

5. Mohamed Salah

6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson HengkangMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Bicara soal kontribusi, tak ada yang meragukan peran besar Mohamed Salah di Liverpool. Menjadikannya sebagai kapten utama tim pada musim depan merupakan penghargaan besar baginya. Salah sendiri cukup senior di Liverpool dan pernah beberapa kali memimpin tim sebagai kapten. Terlebih, ia pun merupakan kapten dari Timnas Mesir sehingga tak ada hal yang salah jika Juergen Klopp memilih Salah sebagai kapten baru Liverpool.

6. Alisson Becker

6 Calon Kapten Liverpool setelah Jordan Henderson HengkangAlisson Becker (liverpoolfc.com)

Akan menjadi kejutan yang cukup hebat jika Alisson Becker terpilih sebagai kapten baru Liverpool. Pasalnya, kiper Timnas Brasil ini terhitung jarang memimpin tim sebagai kapten. Namun, tak ada yang salah dari memilih Alisson sebagai kapten. Pasalnya, ia merupakan sosok pria yang bijaksana dan telah terbiasa mengomando rekan setimnya.

 

Dari enam nama dalam daftar ini, Virgil van Dijk mungkin menjadi yang terkuat. Hal ini didasarkan kepada pengalaman dan pengabdiannya bersama Liverpool yang telah terhitung lama. Terlepas dari pemain mana yang akhirnya dipilih Juergen Klopp, sosok kapten Liverpool pasti akan dihormati layaknya tiga kapten terdahulu Liverpool, Sami Hyypia, Steven Gerrard, dan Jordan Henderson.

Baca Juga: 5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya