5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Theo Walcott di Level Klub  

Arsene Wenger menjadi pelatih yang paling berjasa

Theo Walcott mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Winger asal Inggris ini pensiun setelah 18 tahun (2005--2023) berkarier sebagai pesepak bola dan membela 3 tim berbeda, yakni Southampton, Arsenal, dan Everton. Uniknya, Walcott memulai karier dan mengakhiri kariernya bersama Southampton.

Semasa masih aktif bermain, Walcott pernah dikenal sebagai pemain muda berbakat. Sayangnya, ia gagal bersinar karena rangkaian cedera yang ia derita. Dalam kariernya, Walcott pun pernah dilatih oleh beberapa pelatih ternama.

Namun, tak semua pelatih tersebut mengandalkan Theo Walcott. Lalu, siapa saja pelatih yang paling sering memainkan Walcott dalam karier profesionalnya di level klub?

1. Arsene Wenger membuat nama Walcott dikenal publik

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Theo Walcott di Level Klub  Arsene Wenger (arsenal.com)

Arsene Wenger menjadi salah satu sosok yang paling berperan membuat nama Theo Walcott dikenal publik. Di bawah asuhan pelatih asal Prancis ini, Walcott pernah dicap sebagai pemain muda berbakat dengan kemampuan berlarinya yang luar biasa di Arsenal. Berkat hal tersebut, Walcott pun bisa membela Timnas senior Inggris sebagai salah satu debutan termuda dengan usia 17 tahun 2 bulan.

Sayangnya, karier Walcott di bawah Wenger cukup terganggu karena cedera. Oleh karena itu, Walcott hanya bisa mencatat 397 laga dengan sumbangan 108 gol dan 80 assist selama 12 tahun (2005--2018). Padahal, Walcott bisa mencatat lebih banyak lagi dengan kurun waktu yang lama seperti itu.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Andalan Arsene Wenger saat Melatih Arsenal

2. Marco Silva memainkan Walcott dalam 53 pertandingan

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Theo Walcott di Level Klub  Marco Silva (premierleague.com)

Setelah membela Arsenal, Theo Walcott pindah ke Everton. Bersama klub asal Kota Merseyside tersebut, Walcott sempat bertemu dengan Marco Silva. Momen tersebut terjadi pada Mei 2018--Desember 2019.

Perpisahan keduanya terjadi karena Marco Silva yang dipecat oleh pihak The Toffees. Di bawah asuhan Silva, Walcott benar-benar diandalkan. Walcott melakoni 53 pertandingan dari 60 pertandingan yang dipimpin Silva di Everton. Dalam kurun waktu tersebut, Walcott menyumbang 6 gol dan 4 assist.

3. Ralph Hassenhuttl membawa Walcott ke Southampton

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Theo Walcott di Level Klub  Ralph Hasenhuttl (premierleague.com)

Ralph Hassenhuttl menjadi sosok yang membawa pulang Theo Walcott ke Southampton pada musim panas 2020. Pada awalnya, Walcott datang sebagai pemain pinjaman dari Everton. Setelah semusim, ia pun dipermanenkan sebagai pemain free agent.

Hassenhuttl menjadi pelatih yang paling sering memainkan Walcott di Southampton. Total, 37 laga dengan sumbangan 3 gol dan 3 assist dicetak Walcott di bawah asuhan pelatih asal Austria ini. Sayangnya, kerja sama antara Hassenhuttl dan Walcott berakhir pada November 2022 karena Hassenhuttl dipecat oleh pihak manajemen Southampton.

4. Ruben Selles menjadi pelatih terakhir dalam karier Walcott

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Theo Walcott di Level Klub  Ruben Selles (premierleague.com)

Setelah Ralph Hassenhuttl dipecat pada November 2022, kendali kepelatihan Southampton pun diwariskan kepada Ruben Selles. Oleh karena itu, Theo Walcott bisa merasakan asuhan Selles di Southampton. Sayangnya, hal tersebut berlangsung secara singkat.

Sebab, Walcott memutuskan pensiun pada musim panas 2023 ini. Selles sendiri telah meninggalkan Southampton untuk bergabung dengan Reading pada akhir musim 2022/2023. Di bawah asuhan Selles, Walcott memainkan 18 laga dengan sumbangan 2 gol dan 2 assist.

5. Carlo Ancelotti pernah melatih Walcott saat berseragam Everton

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Theo Walcott di Level Klub  Carlo Ancelotti (acmilan.com)

Carlo Ancelotti pun pernah melatih Theo Walcott. Momen tersebut terjadi ketika pelatih asal Italia ini melatih Everton (2019--2021). Walcott sebetulnya cukup sering dimainkan oleh Ancelotti pada setengah musim terakhir 2019/2020.

Ia mencatat 17 laga dengan torehan 2 gol dan 2 assist kala itu. Namun, untuk musim 2020/2021, Walcott tak masuk dalam skema Ancelotti. Oleh karena itu, Walcott dilepas ke Southampton  pada Oktober 2020.

Dari belasan pelatih yang pernah menangani Theo Walcott, Arsene Wenger tentu menjadi nama yang paling berjasa. Sebab, nama Walcott melambung ketika dilatih oleh Wenger. Jika tak ada Wenger, Walcott bisa saja tak mendapatkan kesempatan untuk tampil di panggung sepak bola dunia.

Baca Juga: 6 Momen Terbaik Theo Walcott Selama Bergabung dengan Arsenal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya