5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Juventus

Chiellini dan Juventus sukses bersama-sama

Mantan bek andalan Timnas Italia, Giorgio Chiellini, memutuskan untuk pensiun. Kepastian tersebut didapat setelah sang pemain mengumumkannya lewat akun media sosialnya, Rabu (13/12/2023). Bek berusia 39 tahun ini memutuskan pensiun bersama Los Angeles FC.

Sayangnya, karier Chiellini gagal ditutup dengan manis. Pasalnya, ia tidak mampu membawa Los Angeles FC juara MLS 2023 karena dikalahkan oleh Columbus Crew pada babak final. Kendati demikian, Chiellini telah memiliki catatan manis di sepak bola ketika berseragam Juventus.

Chiellini terkenal memiliki prestasi dan performa yang hebat ketika berseragam Juventus. Ia tumbuh bersama dengan prestasi-prestasi yang diraih Si Nyonya Tua selama 2 dekade terakhir.

Saat berseragam Juventus, Chiellini pernah dilatih oleh 12 pelatih berbeda. Untuk mengetahui siapa saja pelatih yang paling mengandalkannya, yuk, simak ulasan mengenai enam yang teratas.

1. Massimiliano Allegri memainkan Giorgio Chiellini dalam 210 laga pada masa emasnya

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di JuventusMaximiliano Allegri (juventus.com)

Pelatih yang paling sering memainkan Giorgio Chiellini adalah Massimiliano Allegri. Pelatih asal Italia itu sangat beruntung karena memiliki Chiellini yang sedang berada pada masa emasnya. Allegri selalu memilih Chiellini untuk menjadi bek utama, di samping bek lain yang selalu berganti. Hasilnya, 11 gelar juara dari 3 kompetisi berbeda didapat dari kerja sama Allegri dan Chiellini. Hal itu ditorehkan dalam 210 laga dengan torehan 7 gol dan 6 assist dicatatkan Chiellini.

2. Antonio Conte mengandalkan Giorgio Chiellini sebanyak seratus kali

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di JuventusAntonio Conte (premierleague.com)

Antonio Conte sama beruntungnya dengan Massimiliano Allegri karena memiliki Giorgio Chiellini pada masa emasnya. Akan tetapi, waktu kerja sama Chiellini bersama Conte jauh lebih singkat ketimbang kerja samanya dengan Allegri. Alhasil, Chiellini hanya bisa mencatatkan 100 laga dan menyumbangkan 7 gol serta 6 assist untuk Conte. Momen kerja sama Chiellini dan Conte sendiri berjalan selama 3 musim (2011--2014).

Baca Juga: 5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di Level Klub

3. Claudio Ranieri memainkan Giorgio Chiellini sebanyak 66 laga dalam 2 musim

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di JuventusClaudio Ranieri (premierleague.com)

Claudio Ranieri pernah bekerja sama dengan Giorgio Chiellini ketika menagani Juventus. Momen tersebut terjadi selama 2 musim, tepatnya dari 2007--2009. Akan tetapi, Chiellini belum terlalu matang kala itu. Alhasil, Ranieri hanya memainkan Chiellini dalam 66 laga dengan torehan 8 gol dan 3 assist. Kala dilatih Ranieri, Chiellini masih sering dipasang sebagai bek kiri.

5. Luigi Delneri sempat memainkan Giorgio Chiellini sebanyak 43 laga

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di JuventusLuigi Delneri (juventus.com)

Tak banyak yang mengingat kiprah Luigi Delneri di Juventus. Pasalnya, Delneri gagal mempersembahkan satu pun gelar selama semusim (2010/2011) melatih Si Nyonya Tua. Kala melatih tim asal Turin tersebut, Delneri sempat memainkan Giorgio Chiellini sebanyak 43 kali. Faktanya, Chiellini berada di urutan ketiga sebagai pemain yang paling sering dimainkan Delneri di Juventus. Ia hanya kalah dari Leonardo Bonucci dan Alessandro Del Piero.

5. Didier Deschamps menangani Giorgio Chiellini dalam 35 laga di Serie B dan Coppa Italia

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Giorgio Chiellini di JuventusDidier Deschamps (twitter.com/fifacom)

Giorgio Chiellini merupakan salah satu pemain yang bertahan ketika Juventus terdegradasi ke Serie B karena calciopoli pada 2006/2007. Pada masa yang bersamaan, Juventus juga mengganti Fabio Capello dengan Didier Deschamps di posisi pelatih. Oleh karena itu, Chiellini bisa merasakan gaya permainan pelatih asal Italia tersebut. Namun, kerja sama keduanya hanya bertahan selama semusim. Catatan 35 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 4 assist itu dicatatkan di kompetisi Serie B dan Coppa Italia.

Juventus menjadi klub yang paling lama dibela oleh Giorgio Chiellini. Ia mencatatkan 561 laga dengan sumbangan 36 gol dan 20 assist dalam kurun waktu 17 tahun (2005--2022). Selain itu, Chiellini juga berhasil mempersembahkan 20 gelar juara dari 4 kompetisi berbeda, yakni Serie A, Serie B, Coppa Italia, dan Suppercoppa.

Baca Juga: Menilik Karier Ciamik Giorgio Chiellini yang Mengumumkan Pensiun

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya