Comscore Tracker

5 Pemain Ligue 1 yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022

Achraf Hakimi makin moncer bersama PSG

Konfederasi Sepak Bola Afrika atau CAF telah merilis tiga puluh nama yang masuk nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022. Nominasi tersebut berasal dari pemain di beberapa negara yang bermain untuk klub-klub berbeda.

Sebagai salah satu liga Eropa yang paling banyak memiliki pemain asal Afrika, Ligue 1 Prancis jadi salah satu penyumbang terbanyak. Ada total lima pemain Ligue 1 yang masuk nominasi.

1. Karl Toko Ekambi

5 Pemain Ligue 1 yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022Karl Toko Ekambi (ligue1.com)

Nama pertama ialah Karl Toko Ekambi, winger tajam asal Kamerun. Toko Ekambi saat ini bermain untuk Olympique Lyon.

Permainan Ekambi bersama Lyon benar-benar memuaskan pada 2021/2022 lalu. Ia mencatatkan 18 gol dan 7 assist dari 40 laga yang dimainkan di Ligue 1 dan Liga Europa.

Ekambi juga sukses bermain apik bersama Timnas Kamerun pada Piala Afrika Januari 2022 lalu. Itu jadi salah satu alasan ia masuk ke dalam nominasi.

2. Achraf Hakimi

5 Pemain Ligue 1 yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022Achraf Hakimi saat berseragam Paris Saint-Germain. (psgtalk.com)

Maroko jadi salah satu tim unggulan yang tampil mengecewakan pada Piala Afrika 2022. Dengan skuad yang diisi banyak pemain berkelas, Maroko hanya sanggup mencapai babak delapan besar.

Kendati demikian, Maroko mengirimkan empat pemain dalam nominasi pemain terbaik Afrika 2022. Salah satunya iahal Achraf Hakimi, fullback berstatus bintang yang jadi pemain andalan Paris Saint-Germain.

Hakimi tampil dalam 41 laga dengan sumbangan 4 gol dan 6 assist untuk PSG musim lalu. Ia dinilai sangat layak untuk masuk ke dalam nominasi.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ligue 1 yang Bermain di Piala Afrika 2021

3. Hamari Traore

5 Pemain Ligue 1 yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022Hamari Traore (teamtalk)

Kapten Stade Rennes, Hamari Traore, jadi 1 dari 3 pemain Mali yang masuk ke dalam nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022. Namun, jika dilihat dari performa Mali di Piala Afrika, Hamari seharusnya kesulitan untuk masuk ke dalam daftar. Traore harus puas terhenti pada babak enam belas besar Mali saat itu.

Masuknya sang pemain ke dalam nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022 lantas berasal dari permainan impresifnya bersama Rennes. Bek berusia 30 tahun ini mencatatkan 3 gol dan 10 assist dari 42 laga yang dimainkan.

4. Moses Simon

5 Pemain Ligue 1 yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022Moses Simon (skysports.com)

Jika biasanya Nigeria jadi tim yang kerap menonjol di antara tim-tim Afrika lain, maka kali ini mereka harus puas hanya mengirim satu pemainnya ke dalam nominasi. Dia adalah Moses Simon, winger berusia 26 tahun yang bermain untuk FC Nantes.

Pada 2021/2022, Simon sukses mencatatkan 6 gol dan 8 assist dari 34 laga untuk Nantes. Meski punya kesempatan yang sama, rasanya sulit untuk Moses Simon muncul sebagai pemenang tahun ini.

5. Sofiane Boufal

5 Pemain Ligue 1 yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022Sofiane Boufal saat berseragam Timnas Maroko. (instagram.com/sofianeboufal_19)

Selain Achraf Hakimi, pemain asal Maroko lain yang masuk dalam daftar nominasi adalah Sofiane Boufal. Winger berusia 28 tahun ini merupakan bagian dari skuad SCO Angers pada 2021/2022.

Boufal juga harus puas membawa Maroko sampai babak delapan besar Piala Afrika 2022. Kendati demikian, penampilan Boufal bersama SCO Angers cukup baik dengan catatan 8 gol dan 5 assist dari 29 laga.

Selain nama-nama ini, masih ada 25 pemain lagi yang masuk ke dalam nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022. Nama seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Edouard Mendy, hingga Riyad Mahrez jadi beberapa di antaranya.

Baca Juga: 6 Pemain Afrika yang Jadi Kapten Klub Ligue 1 Musim 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya