6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham Forest

Inkonsistensi membuat Cooper dipecat

Steve Cooper akhirnya dicopot dari jabatannya sebagai pelatih Nottingham Forest, Selasa (19/12/2023). Keputusan tersebut diambil manajemen Nottingham Forest setelah sang pelatih gagal mempersembahkan hal yang signifikan di ajang English Premier League (EPL). Nottingham Forest di bawah arahan Cooper dinilai gagal tampil konsisten meski membeli banyak pemain.

Kendati demikian, Nottingham Forest patut berterima kasih kepada Cooper karena jasanya. Pasalnya, Cooper adalah sosok yang berjasa mengembalikan Nottingham Forest ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah absen selama 23 tahun. Itu dilakukan pada musim 2022/2023.

Saat melatih Nottingham Forest, Cooper memiliki beberapa pemain andalan. Dari 108 laga yang ia pimpin, pemain-pemain ini mendapatkan jatah bermain yang lebih banyak. Siapa sajakah mereka dan berapa torehan laga yang mereka catatkan?

1. Brennan Johnson menjadi pemain paling diandalkan dan paling tajam

6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham ForestBrennan Johnson (premierleague.com)

Brennan Johnson menjadi pemain yang paling diandalkan Steve Cooper ketika melatih Nottingham Forest. Penyerang asal Wales ini memainkan 93 laga di bawah arahan Cooper. Sebagai balasan, Johnson menunjukkan performa yang juga hebat dengan mencetak 28 gol dan 10 assist. Angka tersebut adalah catatan paling produktif di antara pemain lain yang pernah dimainkan Cooper di Nottingham Forest. Johnson sendiri telah pindah ke Tottenham Hotspur sejak bursa transfer musim panas 2023.

2. Kreativitas Ryan Yates sangat dibutuhkan dalam 88 laga arahan Steve Cooper

6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham ForestRyan Yates (nottinghamforest.co.uk)

Untuk posisi gelandang, Steve Cooper amat mengandalkan Ryan Yates. Wakil kapten Nottingham Forest ini dapat dipercaya karena memiliki kreativitas yang mumpuni dan kemampuan bertarung yang hebat. Yates juga termasuk ke dalam kategori pemain pekerja keras. Total, Yates mencatat 88 laga dengan sumbangan 11 gol dan 2 assist.

3. Joe Worrall yang berstatus sebagai kapten memainkan 82 laga

6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham ForestJoe Worrall (twitter.com/JoeWorrall5)

Sebagai salah satu sosok pemain senior di tim Nottingham Forest, Joe Worrall tentu sangat disegani rekan setimnya. Steve Cooper pun sering memainkannya sebagai kapten tim untuk memimpin rekan setimnya. Di samping itu, Worrall merupakan bek yang kuat dan disiplin. Oleh karena itu, pria berusia 26 tahun ini bisa mencatat 82 laga dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist.

Baca Juga: Performa 3 Pemain Pantai Gading di Nottingham Forest 2023/2024

4. Scott McKenna menjadi andalan di lini pertahanan dengan torehan 72 laga

6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham ForestScott McKenna (twitter.com/nffc)

Selain Joe Worrall, Steve Cooper juga mengandalkan sosok Scott McKenna di lini pertahanan. Bek asal Skotlandia ini mampu bertahan di skuad utama Nottingham Forest di tengah gempuran pemain baru yang terus berdatangan ke klub ini. Di bawah arahan Cooper, McKenna pernah mencatatkan 72 laga dengan sumbangan 1 gol dan 3 assist.

5. Jack Colback yang dijual ke QPR pernah dimainkan dalam 57 laga oleh Steve Cooper

6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham ForestJack Colback (twitter.com/NFFC)

Jack Colback telah dijual ke Queen Park Rangers (QPR) pada musim panas 2023. Kendati demikian, gelandang bertahan berusia 34 tahun ini tetap masuk ke dalam daftar pemain yang paling sering dimainkan Steve Cooper di Nottingham Forest. Colback memainkan 57 laga dengan sumbangan 4 gol dan 1 assist.

6. Morgan Gibbs-White tampil kreatif dalam 56 pertandingan

6 Pemain yang Paling Diandalkan Steve Cooper di Nottingham ForestMorgan Gibbs-White (nottinghamforest.co.uk)

Kreativitas Nottingham Forest di bawah asuhan Steve Cooper banyak datang dari seorang Morgan Gibbs-White. Oleh karena itu, Morgan sangat sering dimainkan. Meski baru bekerja sama selama 1,5 musim (2022--2023), Morgan telah memainkan 56 laga dengan kreasi 6 gol dan 10 assist. Catatan ini lebih banyak ketimbang beberapa pemain lama Nottingham Forest, seperti Harry Arter dan Ethan Horvath.

Nottingham Forest bergerak cepat untuk mengganti posisi pelatih yang ditinggalkan Steve Cooper. Mereka menunjuk mantan pelatih Wolverhampton Wanderers dan Tottenham Hotspur, Nuno Espirito Santo, sebagai gantinya. Sementara itu, Steve Cooper belum mendapatkan panggilan dari klub lain selepas berpisah dengan Nottingham Forest.

Baca Juga: 4 Kiper yang Mengisi Skuad Nottingham Forest pada 2023/2024, Bersaing!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya