5 Pemain San Jose 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga Top Eropa

Mayoritas membela tim medioker

Ketatnya persaingan di liga top Eropa membuat beberapa pemain terbuang. Untuk mempertahankan kariernya, pesepak bola lebih memilih untuk mengorbankan kariernya demi tetap eksis berkarier sebagai pesepak bola profesional. Pindah ke tim yang berlaga di Major League Soccer (MLS) menjadi salah satu opsi yang sering diambil.

Di antara banyaknya tim MLS, San Jose Earthquakes menjadi salah satu tim yang paling sering menggunakan jasa pemain yang berpengalaman berlaga di liga top Eropa. Total, ada enam pemain San Jose Earthquakes yang pernah memiliki pengalaman tersebut. Siapa sajakah nama yang dimaksud dan bagaimana kiprahnya?

1. Cristian Espinoza berkutat di LaLiga Spanyol

5 Pemain San Jose 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga Top EropaCristian Espinoza (mlssoccer.com)

Sejak usia 21 tahun, Cristian Espinoza telah pindah ke Spanyol untuk bergabung dengan Villarreal. Akan tetapi, kariernya di Villarreal justru tak terlihat. Pasalnya, selama 4 tahun menjadi bagian The Yellow Submarine, pemain sayap asal Argentina ini selalu dipinjamkan.

Deportivo Alaves, Real Valladolid, Boca Juniors, hingga San Jose Earthquakes pernah menjadi destinasi peminjamannya. Pada akhirnya, San Jose menjadi klub yang tertarik memindahkan Espinoza secara permanen dari Villarreal pada musim dingin 2020. Hingga sekarang, Espinoza masih menjadi bagian penting dengan produktivitasnya untuk San Jose.

2. Carlos Gruezo pernah bela dua tim Bundesliga

5 Pemain San Jose 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga Top EropaCarlos Gruezo (mlssoccer.com)

Carlos Gruezo pernah membela dua tim asal Bundesliga dalam kariernya sejauh ini. Kesempatan pertama terjadi pada 2013--2016 ketika ia berseragam VfB Stuttgart. Sayangnya, Gruezo hanya mendapatkan kesempatan bermain yang sangat sedikit.

Sempat pindah ke FC Dallas di MLS, Gruezo pun kembali ke Bundesliga pada 2019 untuk membela FC Augsburg. Kali ini, ia mendapatkan menit bermain yang cukup dan memuaskan. Setelah 4 tahun membela FC Augsburg, ia pun kembali ke MLS untuk membela San Jose Earthquakes.

Baca Juga: 5 Kapten di LaLiga 2023/2024 yang Paling Baru Bergabung dengan Timnya

3. Carlos Akapo tumbuh di Spanyol

5 Pemain San Jose 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga Top EropaCarlos Akapo (sjearthquakes.com)

Carlos Akapo merupakan pesepak bola asal Guinea Khatulistiwa yang lahir dan besar di Spanyol. Karena alasan tersebut, ia pun bisa memulai karier sepak bola profesionalnya di Negeri Matador. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini memulai karier profesional bersama Huracan pada 2011.

Akan tetapi, ia baru merasakan panasnya kompetisi kasta tertinggi LaLiga Spanyol kala membela Cadiz. Momen tersebut terjadi selama 2 musim, tepatnya pada 2020--2022. Setelah membela Cadiz, Akapo pun langsung pindah ke San Jose Earthquakes pada musim panas 2022.

4. Matthew Hoppe pernah menjadi harapan besar

5 Pemain San Jose 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga Top EropaMatthew Hoppe (mlssoccer.com)

Matthew Hoppe pernah menjadi harapan besar ketika pertama kali diorbitkan Schalke 04. Ia tampil sangat hebat pada paruh kedua musim 2021/2022. Sayangnya, Hoppe gagal menahan Schalke 04 untuk degradasi dari Bundesliga pada musim tersebut.

Semusim setelahnya, ia pun pindah ke RCD Mallorca. Di sini, penampilan Hoppe semakin tak terlihat yang membuatnya dijual ke Middlesbrough. Saat ini, ia menjalani masa peminjaman di San Jose Earthquakes dari Middlesbrough. Ini dilakukan dengan harapan Hoppe bisa kembali tampil menjanjikan.

5. Miguel Trauco gagal pertahankan Saint-Etienne di Ligue 1

5 Pemain San Jose 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga Top EropaMiguel Trauco (mlssoccer.com)

Serupa dengan Matthew Hoppe, Miguel Trauco pun gagal mempertahankan klubnya dari kasta tertinggi kala itu. Pada musim yang sama, 2021/2022, Trauco bermain untuk Saint-Etienne. Sayangnya, mereka terdegradasi dari Ligue 1 dan belum bisa kembali ke kasta tertinggi hingga saat ini.

Musim tersebut adalah musim terakhir Trauco berlaga di liga top Eropa. Pasalnya, ia langsung pindah ke San Jose Earthquakes yang menjadi timnya sekarang. Pria asal Peru ini pun berhasil tampil maksimal sebagai bek kiri utama San Jose saat ini.

Pemain-pemain ini tak begitu dikenal oleh penggemar sepak bola Eropa. Pasalnya, kebanyakan dari mereka bermain untuk klub yang notabene dikatakan medioker. Kendati demikian, mereka memiliki pengalaman yang cukup untuk meningkatkan kualitas San Jose Earthquakes.

Baca Juga: Messi Gak Mau Kelewatan Laga Terakhir Inter Miami di MLS

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya