Comscore Tracker

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1

Peluang tim-tim kuda hitam di tengah kedigdayaan PSG

Sejak mendapat sokongan dana besar dari konsorium asal Qatar, Paris Saint-Germain menjelma sebagai tim kaya yang selalu dihuni sederet pemain bintang setiap musimnya. Fakta itu membuat PSG sangat mendominasi Ligue 1 dalam sedekade terakhir.

Tim-tim Ligue 1 lain rasanya sangat sulit untuk menggoyang dominasi tim asal Ibu Kota Prancis tersebut. Kendati demikian, setiap musimnya selalu saja ada tim "pengusik" kedigdayaan PSG. Bahkan, terkadang ada yang sukses memecundangi usaha PSG menjuarai Ligue 1.

Lantas, bagaimana peluang tim-tim kuda hitam Ligue 1 dalam rangka bertarung merebut tahta Ligue 1 dari tangan PSG di musim kompetisi 2022/2023 ini? Simak ulasan masing-masing tim berikut ini, yuk! 

1. Olympique Marseille

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1Olympique Marseille (ligue1.com)

Olympique Marseille merupakan salah satu tim legendaris di sepak bola Prancis. Hingga tahun 2022, tak ada klub Prancis lain yang sukses meraih gelar juara Champions League selain Marseille. 

Dengan materi pemain yang mereka miliki, Marseille selalu jadi saingan berat bagi tim kandidat juara setiap musimnya. Per, Selasa (9/8/2022), Marseille telah meresmikan 12 pemain baru, termasuk pemain deretan nama yang dipermanenkan, mulai dari Matteo Guendozi hingga Cengiz Under.

2. Olympique Lyon

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1Olympique Lyon (ligue1.com)

Sebelum didominasi oleh Paris Saint-Germain, Ligue 1 pernah didominasi oleh kekuatan Olympique Lyon. Tak jauh berbeda dengan Marseille, Lyon juga selalu memiliki materi pemain yang hebat setiap musimnya, Namun, konsistensi selalu jadi masalah bagi klub ini.

Pada musim kompetisi Ligue 1 2021/2022 lalu, Lyon harus puas finis di posisi ke-8. Meski tak pernah jadi juara Ligue 1 dalam kurun waktu sedekade terakhir, Lyon tetap layak masuk dalam perhitungan. Sejauh ini, Lyon telah mendatangkan delapan nama pemain baru di bursa transfer musim panas 2022, termasuk memulangkan Alexandre Lacazette dan Corentin Tolisso.

3. Stade Rennes

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1Stade Rennes (ligue1.com)

Meski tak pernah menjadi juara Ligue 1 sejak berdiri pada 1903, Stade Rennes merupakan tim yang tengah naik daun Ligue 1 dalam beberapa musim terakhir. Skuad solid yang sukses mereka bangun belakangan membuat Stade Rennes tergabung di daftar ini.

Pada bursa transfer musim panas 2022, sejatinya Rennes memang cukup banyak kehilangan pemain kunci. Namun, untuk menyeimbangkan kepergian pemain, Rennes segera mendatangkan empat nama baru, termasuk Arthur Theate, Steve Mandanda, dan Joe Rodon.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1

4. AS Monaco

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1AS Monaco (ligue1.com)

Senada dengan Lyon, konsistensi jadi problematika serius AS Monaco dalam perebutan gelar juara Ligue 1. Kendati demikian, Monaco selalu jadi tim langganan yang menghuni papan atas Liga Prancis. Materi pemain yang tak kalah hebat jadi faktor hal tersebut bisa terjadi.

Setelah kehilangan Aurelien Tchouameni yang hengkang ke Real Madrid, di bursa transfer musim panas 2022 Monaco justru lebih banyak mendatangkan rekrutan anyar di lini serang. Takumi Minamino dari Liverpool dan Breel Embolo dari Borussia Monchengladbach jadi dua dari tujuh nama pemain anyar yang direkrut AS Monaco sejauh ini.

5. OGC Nice

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1OGC Nice (ligue1.com)

OGC Nice tampak sangat serius menghadapi musim baru Ligue 1. Setelah hanya puas berada di posisi kelima pada musim 2021/2022 silam, Nice melakukan berbagai perubahan, termasuk menunjuk Lucien Favre sebagai pelatih baru.

Di ranah bursa transfer, secara mengejutkan Nice sukses menggaet Kasper Schmeichel,  Mattia Viti, dan Aaron Ramsey. Total, ada 10 pemain anyar yang direkrut OGC Nice sejauh ini. Tentunya sederet nama baru ini diharapkan mampu meningkatkan kedalaman skuad OGC Nice agar terus bersaing dengan PSG hingga akhir musim.

6. LOSC Lille

Menilik 6 Pesaing Terkuat PSG dalam Perebutan Gelar Juara Ligue 1LOSC Lille (ligue1.com)

Meski pada musim lalu hanya finis di posisi ke-10, LOSC Lille tak bisa luput begitu saja dari bursa perburuan gelar juara Ligue 1. Selain AS Monaco, Lille menjadi tim yang sukses mengganggu dominasi PSG dalam sedekade terakhir di Ligue 1.

Pembenahan skuad diawali dengan ditunjuknya mantan pelatih FC Porto dan AS Roma, Paulo Fonseca, sebagai pelatih baru. Meski begitu, Lille sendiri cenderung pasif di ranah bursa transfer. Pasalnya, mereka belum banyak berbelanja setelah ditinggalkan sederet pemain pilar musim 2021/2022 lalu, mulai dari Sven Botman, Zeki Celik, Burak Yilmaz, hingga Renato Sanches.

Dengan materi pemain bintang yang PSG miliki saat ini, kans sederet klub di atas memang terbilang kecil untuk mengalahkan PSG di perburuan gelar juara Ligue 1 2022/2023. Namun, kans kecil itu bukan berarti mereka tidak punya peluang sama sekali, bukan? Menarik untuk dinantikan kejutan apa saja yang bakal tersaji di Ligue 1 2022/2023 seiring musim berjalan!

Baca Juga: 5 Pemain Gaek Prancis yang Hanya Berkarier di Ligue 1, Jarang Disorot!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya