5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal sebagai Pelatih Manchester United

Tak begitu mentereng

Melatih Manchester United sepertinya menjadi salah satu hal yang disesali Louis van Gaal dalam karier kepelatihannya yang gemilang. Sang pelatih yang diharapkan bisa mengembalikan kejayaan justru tak begitu konsisten bersama The Red Devils.

Louis van Gaal memang memiliki persentase kemenangan yang memuaskan, tetapi ekspektasi besar fans Manchester United membuatnya terbuang. Selama 2 musim melatih The Red Devils, van Gaal sendiri pernah mendatangkan beberapa pemain. Tak semuanya bisa bersinar.

Lantas, siapa sajakah pemain pertama yang didatangkan pelatih asal Belanda itu ke Manchester United. Berikut rekrutan pertama Louis van Gaal sebagai pelatih Manchester United.

1. Marcos Rojo

5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal sebagai Pelatih Manchester UnitedMarcos Rojo (manutd.com)

Louis van Gaal resmi menjadi pelatih Manchester United pada 14 Juli 2014, sehari setelah ia sukses membawa Timnas Belanda menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2014. Pemain pertama yang saat itu didatangkan adalah Marcos Rojo. Ia direkrut pada 20 Agustus 2014.

Bek berkebangsaan Argentina ini sukses menarik perhatian ketika bermain sangat apik bersama Timnas Argentina. Sayangnya, Rojo tampil kurang konsisten selama 7 musim berseragam Manchester United. Ia hanya mencatat 2 gol dan 4 assist dari 122 laga.

2. Angel Di Maria

5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal sebagai Pelatih Manchester UnitedAngel Di Maria (juventus.com)

Enam hari setelah mendatangkan Marcos Rojo, Manchester United kembali mendatangkan pemain asal Argentina. Mereka mendatangkan Angel Di Maria dari Real Madrid dengan biaya sebesar 75 juta euro (Rp1,127 triliun).

Penampilan Di Maria pada 2014/2015 sebetulnya cukup baik. Ia mencetak 4 gol dan 12 assist dari 32 laga. Sayangnya, ia dibuang ke Paris Saint-Germain pada musim selanjutnya karena dianggap tak sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Louis Van Gaal, Diktator Ruang Ganti Bergelimang Prestasi

3. Daley Blind

5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal sebagai Pelatih Manchester UnitedDaley Blind (manutd.com)

Louis van Gaal juga mendatangkan pemain andalannya ketika melatih Timnas Belanda di Piala Dunia 2014. Pada 1 September 2014, sang pelatih mendatangkan Daley Blind dari Ajax Amsterdam yang kala itu masih berposisi sebagai gelandang bertahan.

Bersama Manchester United, Blind menjadi pemain yang serbabisa. Posisinya pun perlahan berganti menjadi bek, khususnya bek tengah dan bek kiri. Selama 4 musim membela The Red Devils, Blind mencetak 6 gol dan 10 assist dari 141 laga.

4. Radamel Falcao

5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal sebagai Pelatih Manchester UnitedRadamel Falcao (manutd.com)

Pada tanggal yang sama dengan kedatangan Daley Blind atau pada deadline transfer musim panas 2014, Manchester United mendatangkan Radamel Falcao. Penyerang asal Kolombia tersebut didatangkan dari AS Monaco dengan status pinjaman.

Harapan besar jelas ada dari kedatangan Radamel Falcao, mengingat ia merupakan seorang penyerang tajam. Sayangnya, penampilan Falcao jauh dari harapan. Ia hanya mencatat 4 gol dan 5 assist dari 29 laga selama semusim dipinjam The Red Devils.

5. Andy Kellett

5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal sebagai Pelatih Manchester UnitedAndy Kellett (mobile.twitter.com/AndyKell13)

Pemain kelima yang didatangkan oleh Louis van Gaal ke Manchester United adalah Andy Kellett. Tak banyak penggemar Manchester United yang mengingat kiprah pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini.

Kariernya di Manchester United sebatas pemain pinjaman dari Bolton Wanderers pada musim dingin 2015. Andy Kellett sendiri tak pernah bermain di tim senior Manchester United. Ia lebih banyak bermain di tim U-21.

Manchester United menjadi satu-satunya klub yang tak pernah dibawa oleh Louis van Gaal menjadi juara liga. Selama 2 musim melatih Manchester United, ia hanya mempersembahkan satu gelar juara Piala FA pada 2015/2016.

Baca Juga: 15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya