5 Stadion Terbesar yang Jadi Kandang Klub Bundesliga 2022/2023

Stadion Jerman yang terawat dan punya cerita sejarah

Meski jumlahnya tak banyak, stadion-stadion di Jerman benar-benar terawat, sehingga punya tampilan yang ideal. Sebagai negara maju yang memiliki kultur sepak bola yang kuat, tak heran jika Jerman memiliki stadion besar.

Stadion-stadion besar di Jerman dimiliki klub-klub yang berada di kasta tertinggi Bundesliga. Lantas, stadion apa yang termasuk stadion terbesar yang jadi kandang klub Bundesliga 2022/2023?

1. Westfalen Stadion

5 Stadion Terbesar yang Jadi Kandang Klub Bundesliga 2022/2023Signal Iduna Park (bvb.de)

Banyak yang masih asing dengan nama Westfalen Stadion, sebab stadion terbesar di Jerman ini lebih dikenal dengan nama Signal Iduna Park. Ia markas besar Borussia Dortmund sejak 1974.

Signal Iduna Park sendiri dibuka pada April 1974. Ia sempat mengalami empat kali renovasi. Saat ini, Signal Iduna Park yang memiliki kapasitas 83 ribu penonton ini dimiliki secara resmi oleh Borussia Dortmund.

2. Allianz Arena

5 Stadion Terbesar yang Jadi Kandang Klub Bundesliga 2022/2023Allianz Arena (fcbayern.com)

Sebagai klub dengan prestasi paling banyak di Jerman, Bayern Munich memiliki basis suporter yang besar. Tak heran jika kandang mereka, Allianz Arena, jadi salah satu stadion terbesar di Jerman.

Allianz Arena pertama kali dibuka pada Mei 2005. Hingga saat ini, ia tak pernah dipugar. Allianz Arena masih memiliki kapasitas 70 ribu penonton untuk pertandingan internasional. Akan tetapi, ia bisa menampung 75.024 penonton untuk pertandingan Bundesliga.

Baca Juga: 5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023

3. Olympiastadion Berlin

5 Stadion Terbesar yang Jadi Kandang Klub Bundesliga 2022/2023Vladimir Darida dengan latar belakang Olympiastadion Berlin. (herthabsc.com)

Olympiastadion Berlin merupakan stadion kebanggaan Jerman yang sempat menjadi saksi sejarah kejamnya Nazi di bawah Adolf Hitler. Stadion ini diresmikan pada Agustus 1936, masa sebelum Perang Dunia II usai.

Setelah masa tersebut berakhir, Olympia Stadion sempat menjadi markas beberapa klub. Hingga akhirnya, sejak 1963, Hertha Berlin menjadikan stadion berkapasitas 74.475 penonton ini sebagai markas mereka.

4. Veltins Arena

5 Stadion Terbesar yang Jadi Kandang Klub Bundesliga 2022/2023Veltins Arena (veltins-arena.de)

Nama selanjutnya ialah Veltins Arena, stadion yang jadi kebanggaan fans Schalke 04. Stadion dengan nama asli Arena AufSchalke ini pertama kali dibangun pada 1998. Ia baru dibuka pada Agustus 2001.

Selain untuk keperluan sepak bola, Veltins Arena yang memiliki kapasitas 62.271 penonton ini juga dipakai pada acara lain. Sebut saja untuk keperluan pertandingan hoki es, grand prix, dart master, dan konser musik.

5. Mercedes-Benz Arena

5 Stadion Terbesar yang Jadi Kandang Klub Bundesliga 2022/2023Mercedes Benz Arena (vfb.de)

Selain Olympiastadion Berlin, Mercedez Benz Arena yang jadi markas dari VfB Stuttgart juga punya kaitan erat dengan Nazi. Stadion yang dibangun pada 1897 dan diresmikan pada 1933 ini pernah dinamai Adolf Hitler Kampfbahn saar pertama kali diresmikan.

Seiring waktu, stadion ini mengalami beberapa renovasi hingga akhirnya menggunakan nama Mercedez Benz Arena sejak 2008. Kandang dari VfB Stuttgart ini memiliki kapasitas 60.441 penonton untuk laga domestik.

Atmosfer penonton Jerman yang luar biasa membuat klub-klub Jerman berlomba untuk membangun stadion yang megah. Tak heran jika lima stadion di atas memiliki kualitas yang baik dan punya kapasitas di atas 60 ribu penonton.

Baca Juga: Kesaksian Penjaga Pintu 12 Stadion Kanjuruhan saat Kerusuhan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya