Comscore Tracker

Fakta Menarik Usai Spurs Ditaklukkan RB Leipzig di Champions League 

Tanpa diperkuat Harry Kane dan Son Heung-Min, Spurs rapuh!

Tottenham Hotspur bertarung melawan wakil dari Bundesliga Jerman, RB Leipzig di pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa musim 19/20. Laga ini digelar di Tottenham Hotspur Stadium, pada Kamis (20/2) dini hari tadi. Sebagai tim tuan rumah Tottenham Hotspur justru takluk dari tim tamu dengan skor 0-1.

Timo Werner menjadi bintang di laga ini berkat gol semata wayangnya. Dengan hasil ini peluang RB Leipzig untuk bisa melaju ke babak selanjutnya sedikit lebih besar. Namun bukan berarti menutup kemungkinan bagi Tottenham Hotspur untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

1. Gol semata wayang Werner bungkam Spurs

Fakta Menarik Usai Spurs Ditaklukkan RB Leipzig di Champions League twitter.com/OptaJoe

Tottenham Hotspur yang bertindak sebagai tuan rumah harus bermain tanpa dua pilar pentingnya, yakni Harry Kane dan Heung-Min Son karena cidera. Hal itu sangat mempengaruhi kualitas serangan yang dibangun Spurs. Leipzig yang sedikit lebih unggul penguasaan bola kerap kali menciptakan peluang. Namun, hingga babak pertama usai tak ada gol tercipta.

Di babak kedua baik Spurs maupun Leipzig saling jual beli serangan. Di menit 58 serangan Leipzig berbuah pinalti usai Leimer dilanggar Ben Davies. Timo Werner yang maju sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa membawa Leipzig memimpin. Di sisa waktu Spurs mencoba untuk membalas dengan meningkatkan intensitas serangannya. Namun, hingga laga usai mereka tak mampu membalas. Spurs takluk dari Leipzig dengan skor 0-1.

2. Catatan Jose Mourinho di Champions League

Fakta Menarik Usai Spurs Ditaklukkan RB Leipzig di Champions League twitter.com/OptaJoe

Meski kalah, pelatih Spurs, yakni Jose Mourinho memiliki catatan apik di liga Champions. José Mourinho telah memenangkan 81 dari 150 pertandingan di Liga Champions. Dia mengungguli dua pelatih top lainnya yang sudah memimpin 150 pertandingan, yaitu Ferguson dan Arsene Wenger.

Satu-satunya pelatih yang bisa mengungguli catatan Jose Mourinho adalah Carlo Ancelotti. Ancelotti telah mencatatkan 84 kemenangan dari 150 pertandingan di kompetisi ini. Jika Mourinho mampu membawa Spurs melaju ke babak selanjutnya, bukan tidak mungkin dia akan melewati catatan Ancelotti.

Baca Juga: Krisis Striker, Tottenham Hotspur Tak Berdaya Hadapi RB Leipzig di UCL

3. Statistik pelatih kedua tim

Fakta Menarik Usai Spurs Ditaklukkan RB Leipzig di Champions League twitter.com/OptaFranz

Dilansir dari catatan Opta, terdapat beberapa catatan menarik mengenai kedua pelatih dari kedua tim. Dalam karier profesionalnya, Jose Mourinho telah merayakan lebih banyak kemenangan di Champions League dengan torehan 81 kemenangan. Catatan itu lebih baik daripada Julian Nagelsmann, pelatih Leipzig, yang mencatat 73 kemenangan di semua kompetisi.

Meski kalah dari segi torehan kemenangan, Julian Nagelsmann patut berbangga. Dia menjadi orang termuda yang bertanggung jawab atas pertandingan sistem gugur Liga Champions di usia 32 tahun 211 hari.  Sebelumnya terdapat nama Domenico Tedesco dengan usia 33 tahun 161 hari yang melatih FC Schalke. Ketika itu Tadesco mendampingi Schalke di babak 16 besar liga Champions kontra Manchester City.

4. Catatan menarik Opta lainnya

Fakta Menarik Usai Spurs Ditaklukkan RB Leipzig di Champions League twitter.com/OptaFranz
  • Timo Werner menjadi pemain pertama di Champions League yang mencetak tujuh gol pertamanya di luar kandang.

  • RB Leipzig memiliki 12 tembakan di babak pertama, lebih dari semua pertandingan tandang lainnya dalam sejarah Champions League mereka.

  • José Mourinho telah kehilangan pertandingan leg pertama di Liga Champions di kandang untuk ketiga kalinya dalam pertandingannya yang ke-17. Sebelumnya hal ini pernah terjadi saat melatih Chelsea pada 2005-2006 di babak 16 besar dan Real Madrid pada 2010-2011 di semifinal. Uniknya, kedua laga tersebut melawan Barcelona dan keduanya tak dapat melaju ke babak selanjutnya.

5. Jadwal pertandingan leg kedua

Fakta Menarik Usai Spurs Ditaklukkan RB Leipzig di Champions League 90min.com

Laga leg kedua nanti akan digelar di markas RB Leipzig, Red Bull Arena, pada Selasa (10/3). Hasil imbang sudah cukup bagi Leipzig untuk bisa melaju ke babak selanjutnya. Sementara Spurs harus berjuang keras untuk bisa membalikkan keadaan untuk bisa melenggang ke babak perempat final.

Kira-kira tim manakah yang akan melaju ke babak selanjutnya? Kita nantikan penampilan mereka di pertandingan leg kedua nanti.

Baca Juga: Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berat

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya