5 Juara Bertahan Liga Eropa yang Tercecer dari Puncak Klasemen 2023

Pertanda muncul juara baru?

Kompetisi sepak bola Eropa musim 2023/2024 sedang memasuki jeda internasional. Untuk sementara, ada pemandangan menarik di klasemen sementara lima liga top Eropa. Setelah 7−9 pekan berjalan, belum ada tim juara bertahan yang memuncaki klasemen liganya masing-masing.

Para juara bertahan di liga-liga top Eropa memang cukup diunggulkan untuk mempertahankan gelarnya musim ini. Namun, sejauh ini terbukti bahwa perjuangan mereka tak bakal ringan.

Beginilah nasib kelima tim juara bertahan di liga-liga top Eropa pada awal musim 2023/2024.

1. Manchester City sudah kalah 2 kali dalam 8 laga Premier League

5 Juara Bertahan Liga Eropa yang Tercecer dari Puncak Klasemen 2023Manchester City melawan Arsenal di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Dimulai dari English Premier League (EPL), ada Manchester City yang amat dijagokan untuk jadi juara lagi. Secara kualitas, The Citizens memang lebih unggul dibanding para pesaingnya. Mereka juga sedang mendominasi EPL dengan juara 5 kali dalam 6 musim terakhir.

Meski demikian, langkah Manchester City ternyata tersendat pada awal musim EPL 2023/2024. Mereka sudah 2 kali kalah dalam 8 pekan awal. Bahkan, keduanya terjadi dalam dua pekan terakhir. Usai ditekuk 1-2 oleh Wolverhampton Wanderers, The Citizens keok 0-1 di kandang Arsenal.

Meski demikian, jarak Manchester City dari puncak klasemen masih cukup dekat. Mereka hanya ketinggalan dua poin dari Tottenham Hotspur dan Arsenal di peringkat 1 dan 2. Kans Manchester City untuk kembali jadi juara EPL pun masih sangat besar.

2. Barcelona belum kalah, tetapi kerap kehilangan poin penuh di LaLiga

5 Juara Bertahan Liga Eropa yang Tercecer dari Puncak Klasemen 2023Barcelona (fcbarcelona.com)

Sementara, Barcelona sang juara bertahan LaLiga Spanyol belum kalah pada 2023/2024. Namun, Blaugrana justru tercecer di peringkat ketiga klasemen LaLiga. Setelah 3 kali bermain imbang dalam 9 pekan, Barcelona gagal berada di puncak.

Terbaru, Barcelona tertahan 2-2 saat bertamu ke markas Granada pada pekan kesembilan. Dengan koleksi 21 poin, Barcelona tertinggal 3 angka dari Real Madrid yang memimpin klasemen. Meski Real Madrid sudah kalah 1 kali, mereka menyapu bersih 8 laga lainnya dengan kemenangan.

Baca Juga: Manchester City Kalah Lagi Tanpa Rodri, Pertanda Ketergantungan?

3. Bayern Munich masih kalah bersaing dari Bayer Leverkusen di Bundesliga

5 Juara Bertahan Liga Eropa yang Tercecer dari Puncak Klasemen 2023Bayern Munich (fcbayern.com)

Ada pula Bayern Munich, tim juara Bundesliga Jerman dalam sedekade terakhir. Die Roten pun diramalkan bakal memperpanjang rekornya jadi sebelas kali beruntun juara Bundesliga. Namun, untuk sementara, Bayern masih tertahan di peringkat ketiga klasemen.

Sama seperti Barcelona, Bayern Munich belum kalah. Namun, mereka sudah 2 kali ditahan imbang dalam 7 pekan Bundesliga. Peringkat teratas Bundesliga kini dikuasai Bayer Leverkusen yang tampil trengginas pada awal musim ini.

4. PSG tampil buruk pada awal Ligue 1 2023/2024

5 Juara Bertahan Liga Eropa yang Tercecer dari Puncak Klasemen 2023Paris Saint-Germain (instagram.com/psg)

Ada satu lagi juara bertahan liga top Eropa yang masih menduduki peringkat ketiga klasemen. Mereka adalah Paris Saint-Germain atau PSG. Kiprah PSG di awal Ligue 1 Prancis musim ini bahkan terbilang buruk. Setelah 8 pekan, PSG sudah bermain imbang 3 kali dan kalah 1 kali.

Beruntung, langkah para pesaing PSG pun tidak mulus. AS Monaco yang memimpin klasemen sementara juga sudah beberapa kali tersandung. Hanya berselisih dua poin, masih banyak kesempatan PSG untuk menyalip posisi AS Monaco.

5. Napoli terdampar di peringkat kelima Serie A

5 Juara Bertahan Liga Eropa yang Tercecer dari Puncak Klasemen 2023Napoli (sscnapoli.it)

Juara bertahan dengan posisi terburuk di liga top Eropa sejauh ini adalah Napoli. I Partenopei terdampar di peringkat kelima Serie A Italia 2023/2024. Gara-garanya, mereka sudah 2 kali kalah dan 2 kali ditahan imbang dalam 8 pekan pembuka Serie A.

Puncak klasemen Serie A untuk sementara dikuasai AC Milan. Jarak Napoli dari AC Milan pun cukup jauh, yaitu tujuh angka. Parahnya lagi, Napoli sebenarnya belum bertemu klub-klub besar Serie A. Jika tak lekas bangkit, maka peluang Napoli mempertahankan gelar juara bakal terus menipis.

Musim 2023/2024 memang masih panjang. Namun, nasib lima klub di atas membuktikan bahwa persaingan di liga-liga top Eropa memang berat. Bisakah mereka bangkit pada sisa musim atau mungkin akan muncul juara baru di liga-liga tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Napoli pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya