5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak Naik

De Gea kini menempati urutan kelima

Manchester United meraih kemenangan 3-0 atas Bournemouth pada pekan ke-19 English Premier League (EPL) 2022/2023. Setan Merah pun mengokohkan posisinya di empat besar klasemen sementara. Selain itu, hasil tersebut spesial bagi kiper mereka, David De Gea.

Clean sheet Manchester United pada laga itu menjadi capaian tersendiri bagi De Gea. Ia kini resmi masuk lima besar kiper dengan catatan clean sheet terbanyak sepanjang sejarah EPL.

Inilah para kiper dengan clean sheet terbanyak di EPL.

1. Petr Cech (202 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak NaikPetr Cech (chelseafc.com)

Predikat penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak di EPL masih dipegang Petr Cech. Kiper asal Republik Ceko ini punya rekor 202 clean sheet dalam 443 penampilan di EPL. Sebanyak 162 clean sheet ia torehkan bersama Chelsea, sedangkan sisanya saat berbaju Arsenal.

Cech juga masih menjadi kiper dengan penghargaan EPL Golden Glove terbanyak, yaitu empat kali. Ia juga punya rekor clean sheet terbanyak dalam semusim EPL, yaitu 24 clean sheet pada 2004/2005. Semua rekor tersebut kemungkinan besar masih akan bertahan cukup lama.

2. David James (169 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak NaikDavid James (mancity.com)

Posisi kedua daftar ini ditempati eks kiper asal Inggris, David James. Sepanjang kariernya, James pernah membela lima klub EPL, termasuk Liverpool dan Manchester City. Ia mencatat total 572 penampilan di EPL dengan 169 clean sheet.

James pun memiliki rekor sebagai kiper dengan penampilan terbanyak di EPL. Sayangnya, ia tak pernah membawa klubnya juara liga. Hanya dua trofi yang diraih James selama berkarier, yaitu Piala Liga 1994/1995 bersama Liverpool dan Piala FA 2007/2008 bareng Portsmouth.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik Piala Dunia, Ada David De Gea!

3. Mark Schwarzer (151 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak NaikMark Schwarzer (twitter.com/Boro)

Berikutnya, ada kiper asal Australia, Mark Schwarzer. Ia punya statistik 151 clean sheet dalam 514 penampilan di EPL. Jumlah itu membuat Schwarzer menjadi pemain asing dengan penampilan terbanyak di EPL.

Sebagian besar clean sheet di EPL diraih Schwarzer bersama Middlesbrough, klub yang ia bela selama 11 tahun. Sayangnya, karier Schwarzer yang panjang di Inggris hanya berbuah satu trofi, yaitu Piala Liga 2003/2004 bersama Middlesbrough.

4. David Seaman (141 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak NaikDavid Seaman (arsenal.com)

Kiper legendaris Arsenal, David Seaman, menempati tangga keempat dengan 141 clean sheet. Jumlah itu diraih Seaman dalam 344 penampilan di EPL. Sebagian besar kariernya di EPL dilalui bersama Arsenal, sebelum ia gantung sepatu bersama Manchester City pada 2004.

Sebanyak 138 clean sheet di EPL diraih Seaman bersama Arsenal. Ia pun tercatat sebagai kiper Arsenal dengan rekor clean sheet terbanyak di EP. Ketangguhan Seaman di bawah mistar turut membawa Arsenal meraih 12 trofi, termasuk 3 gelar liga.

5. David De Gea (138 clean sheets) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak NaikDavid De Gea (instagram.com/d_degeaofficial)

David De Gea resmi jadi kiper dengan clean sheet terbanyak kelima di EPL. Ia kini sudah punya catatan 138 clean sheet, semuanya bersama Manchester United. Hingga pekan ke-19 EPL 2022/2023, kiper asal Spanyol ini sudah 394 kali bertanding di EPL.

Karena masih aktif, De Gea masih bisa terus menambah jumlah clean sheet di EPL. Apalagi, pertahanan Manchester United musim 2022/2023 ini sudah jauh membaik. Clean sheet De Gea melawan Bournemouth adalah yang kedelapan musim ini.

Itu sudah menyamai total clean sheet yang diraih De Gea di EPL sepanjang musim 2021/2022. Kontrak De Gea bersama Manchester United sendiri akan berakhir pada musim panas 2023. Namun, mengingat perannya yang vital, kemungkinan besar kontraknya akan diperpanjang.

Jika terus bertahan dan tampil apik, maka David De Gea berpeluang terus menambah jumlah clean sheet di EPL. Bahkan, bukan mustahil suatu saat ia akan menyalip rekor milik Petr Cech. Menarik dinantikan apakah ia mampu melakukannya.

Baca Juga: 5 Kiper yang Bisa Gantikan Posisi Manuel Neuer di Bayern Munich

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya