Kiprah 4 Pemain Baru Sporting Lisbon pada Awal 2023/2024, Diandalkan?

Ada yang langsung jadi top skor sementara

Sporting Lisbon tampil cemerlang pada awal musim 2023/2024. Mereka sukses memimpin klasemen sementara Primeira Liga Portugal setelah 8 pekan berjalan. Klub berkostum hijau/putih itu meraih 7 kemenangan dan 1 imbang serta belum terkalahkan.

Melambungnya performa Sporting ternyata tak lepas dari peran para pemain baru mereka. Ada empat pemain anyar yang bergabung ke Sporting pada musim panas 2023.

Seperti apa kontribusi mereka pada awal musim ini? Berikut ulasannya!

1. ViktorG yokeres jadi top skor sementara Sporting Lisbon

Kiprah 4 Pemain Baru Sporting Lisbon pada Awal 2023/2024, Diandalkan?Viktor Gyokeres (instagram.com/viktorgyokeres)

Pertama, ada striker anyar Sporting Lisbon, Viktor Gyokeres. Bergabungnya Gyokeres ke Sporting cukup menarik perhatian. Pasalnya, Sporting sampai memecahkan rekor transfer termahal mereka untuk memboyongnya. Harga pembelian Gyokeres mencapai 20 juta euro atau Rp332 miliar.

Padahal, Gyokeres sebelumnya hanya bermain untuk Coventry City di EFL Championship. Namun, striker asal Swedia itu memang terbukti tajam. Musim lalu, Gyokeres mencetak 21 gol di Championship hingga menempati urutan kedua daftar top skor.

Pindah ke Sporting Lisbon, Gyokeres ternyata tak butuh waktu lama untuk melanjutkan ketajamannya. Ia sudah mencetak 8 gol dalam 9 penampilan di semua ajang bagi klub barunya. Gyokeres pun menjadi top skor sementara Sporting musim ini, bahkan berpeluang jadi top skor Primeira Liga.

2. Morten Hjulmand diandalkan di lini tengah Sporting Lisbon

Kiprah 4 Pemain Baru Sporting Lisbon pada Awal 2023/2024, Diandalkan?Morten Hjulmand (instagram.com/mortenhjulmand)

Morten Hjulmand juga datang ke Sporting Lisbon dengan harga tinggi pada musim panas 2023. Hjulmand ditebus dari Lecce dengan mahar 18 juta euro alias Rp299 miliar. Gelandang bertahan asal Denmark itu pun berstatus pemain termahal kedua dalam sejarah Sporting Lisbon.

Seperti Gyokeres, Hjulmand sejauh ini terbukti pantas dihargai mahal. Hjulmand sukses jadi andalan di lini tengah Sporting. Ia belum pernah absen dalam semua laga Sporting pada awal 2023/2024. Meski berposisi gelandang bertahan, Hjulmand juga sudah menyumbang 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga: 4 Pemain Anyar yang Didatangkan Sporting CP pada Musim Panas 2023

3. Francisco Trincao minim menit bermain pada awal 2023/2024

Kiprah 4 Pemain Baru Sporting Lisbon pada Awal 2023/2024, Diandalkan?Francisco Trincao (instagram.com/trincao)

Ada pula Francisco Trincao, winger asal Portugal berusia 23 tahun. Trincao sebenarnya tak sepenuhnya berstatus pemain anyar di Sporting Lisbon. Ia sudah berseragam Sporting sejak musim lalu, tetapi hanya sebagai pemain pinjaman dari Barcelona.

Selama dipinjam, Trincao sukses tampil prima bersama Sporting. Ia hanya absen sekali sepanjang 2022/2023 dan mencetak 13 gol dalam 52 laga. Tak heran jika Sporting memutuskan untuk membeli Trincao secara permanen pada musim panas 2023.

Ironisnya, setelah itu, menit bermain Trincao justru berkurang. Ia memang sudah tampil 7 kali pada awal 2023/2024, tetapi baru 2 kali jadi starter. Trincao juga belum menyumbang gol maupun assist musim ini.

4. Ivan Fresneda masih punya waktu untuk membuktikan diri

Kiprah 4 Pemain Baru Sporting Lisbon pada Awal 2023/2024, Diandalkan?Ivan Fresneda (instagram.com/ivaanfresneda)

Satu lagi pemain baru Sporting Lisbon pada 2023/2024 adalah Ivan Fresneda. Ia adalah bek kanan asal Spanyol yang baru berusia 19 tahun. Musim lalu, Fresneda berseragam Real Valladolid. Ia menarik perhatian Sporting usai tampil 22 kali di LaLiga Spanyol 2022/2023.

Sejauh ini, Fresneda belum jadi andalan Sporting. Ia baru tiga kali tampil pada awal 2023/2024, bahkan baru bermain 5 menit di Primeira Liga. Meski demikian, Fresneda tak perlu khawatir. Ia masih punya banyak waktu untuk membuktikan diri karena punya kontrak hingga 2028.

Viktor Gyokeres dan Morten Hjulmand berperan besar dalam pencapaian Sporting Lisbon pada awal 2023/2024. Francisco Trincao dan Ivan Fresneda belum banyak berkontribusi, tetapi bisa terus berkembang. Bisakah mereka berempat membawa Sporting meraih prestasi musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain yang Dijual Sporting CP pada Musim Panas 2023, Untung Banyak!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya