3 Mantan Top Skor EFL Championship yang Kini Membela Klub EPL

Dua pemain menjadi top skor bersama Brentford

Klub-klub English Premier League (EPL) punya reputasi royal berbelanja pemain di bursa transfer. Tak hanya klub besar, klub semenjana EPL pun tak segan melakukan hal yang sama. Biasanya, klub-klub EPL bakal berebut pemain dari sesama liga top Eropa, meski harganya tentu lebih mahal. Namun, mereka juga punya beberapa opsi alternatif.

Salah satu opsi adalah mengincar pemain dari liga kasta kedua di Inggris, EFL Championship. Meski kalah kelas dari Premier League, EFL Championship juga dihuni sejumlah pemain berkualitas. Tak heran jika setiap musim, lalu lintas pemain dari Championship ke EPL selalu terjadi.

Pemain yang sukses bersinar di Championship khususnya kerap menarik minat klub-klub EPL. Para peraih gelar top skor tentu termasuk. Sebagai buktinya, ada tiga mantan top skor EFL Championship yang sedang membela klub EPL pada musim 2023/2024. 

1. Chris Wood sang top skor EFL Championship 2016/2017 kini membela Nottingham Forest

3 Mantan Top Skor EFL Championship yang Kini Membela Klub EPLChris Wood (instagram.com/woodsy39)

Pertama, ada Chris Wood, striker asal Selandia Baru yang bermain di Inggris sejak 2009. Karier Wood di Inggris awalnya lebih banyak dihabiskan di divisi bawah. Ia pernah membela cukup banyak klub di EFL Championship, baik secara permanen maupun pinjaman. Barulah pada 2017, Wood mulai bermain secara reguler di EPL.

Penyebab Wood sukses naik kelas ke EPL adalah keberhasilannya di EFL Championship 2016/2017. Saat itu, Wood bersinar bersama Leeds United. Ia mencetak 27 gol bagi Leeds di Championship hingga merebut gelar top skor. Leeds United sendiri gagal meraih tiket promosi, tetapi Wood langsung diboyong Burnley yang bermain di EPL.

Wood bertahan di Burnley selama 5 musim. Ia kemudian dilepas ke Newcastle United pada Januari 2022, lalu pindah lagi ke Nottingham Forest pada tahun berikutnya. Saat ini, Wood masih membela Nottingham Forest. Ia sudah bermain 16 kali bagi Forest di EPL 2023/2024 dan mencetak 4 gol.

Baca Juga: Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPL

2. Ollie Watkins pernah jadi top skor EFL Championship pada 2019/2020 sebelum pindah ke Aston Villa

3 Mantan Top Skor EFL Championship yang Kini Membela Klub EPLOllie Watkins (instagram.com/olliewatkins)

Berikutnya, ada Ollie Watkins, striker yang sedang gacor bersama Aston Villa di EPL 2023/2024. Sejauh ini, Watkins telah mencetak 9 gol dan 8 assist dalam 18 penampilan di EPL musim ini. Jumlah itu sebenarnya bukan kejutan. Sejak bergabung ke Aston Villa pada 2020, Watkins memang konsisten mempertahankan ketajamannya.

Watkins sendiri didatangkan Aston Villa setelah bersinar bersama Brentford di EFL Championship. Ia mencetak 25 gol di Championship 2019/2020 hingga merebut gelar top skor. Watkins juga membawa Brentford finis di peringkat ketiga klasemen akhir. Sayangnya, Brentford gagal promosi ke EPL karena kalah di babak final playoff.

Beruntung, ketajaman Watkins membuatnya tetap bisa bermain di EPL. Kini, Watkins menjadi salah satu striker paling disegani di EPL. Tak sekadar tajam, ia juga berada di ambang prestasi fenomenal bersama Aston Villa. Sejauh ini, Watkins mengantar Aston Villa bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara EPL 2023/2024. Kans juara Aston Villa pun masih terbuka cukup lebar.

3. Ivan Toney menjadi top skor EFL Championship 2020/2021 sekaligus membawa Brentford promosi ke EPL

3 Mantan Top Skor EFL Championship yang Kini Membela Klub EPLIvan Toney (instagram.com/ivantoney1)

Pada musim 2020/2021, gelar top skor EFL Championship ternyata kembali menjadi milik pemain Brentford. Peraihnya adalah Ivan Toney, striker Inggris yang saat itu baru mulai membela Brentford. Hebatnya, Toney langsung tajam bersama Brentford pada musim debutnya. Ia menjadi top skor Championship dengan torehan 31 gol.

Tak hanya jadi top skor, ketajaman Toney juga membawa Brentford naik kasta ke EPL. Itu adalah kali pertama Brentford kembali ke divisi utama Liga Inggris sejak 1947. Hebatnya, Toney juga sukses mempertahankan ketajaman setelah promosi ke EPL. Berturut-turut, ia mencetak 12 gol dan 20 gol di EPL 2021/2022 dan 2022/2023.

Saat ini, Toney masih menjadi pemain Brentford. Sayangnya, ia belum bermain pada musim 2023/2024 karena sedang menjalani hukuman larangan bertanding. Ia dihukum akibat terbukti terlibat aktivitas judi sepak bola. Toney dihukum selama 8 bulan sejak Mei 2023. Maka, ia baru bisa bermain lagi bagi Brentford pada Januari 2024 mendatang.

Setelah menjadi top skor EFL Championship, tiga pemain di atas sukses menarik minat klub EPL. Pola tersebut bisa berlanjut pada musim panas 2024 nanti. Pemain yang keluar sebagai top skor Championship 2023/2024 punya kans untuk naik kelas dan membela klub EPL.

Baca Juga: 6 Klub Premier League yang Jadi Korban Keganasan Ivan Toney

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya