5 Pelatih Spanyol yang Paling Lama Melatih di Premier League

Hampir semuanya sukses meraih trofi

English Premier League (EPL) 2022/2023 saat ini sedang didominasi dua pelatih asal Spanyol. Arsenal berada di papan atas klasemen sementara bersama Mikel Arteta. Sementara itu, Manchester City dominan di EPL dalam 5 musim terakhir bersama Pep Guardiola.

Meski begitu, Arteta maupun Guardiola bukanlah pelatih Spanyol paling berpengalaman di kasta tertinggi Liga Inggris. Ada nama lain yang lebih lama berkarier di sana dibanding mereka.

Siapa saja pelatih Spanyol yang paling lama melatih di Premier League? Inilah lima nama teratas!

1. Rafael Benitez

5 Pelatih Spanyol yang Paling Lama Melatih di Premier LeagueRafael Benitez (nufc.co.uk)

Pelatih asal Spanyol yang paling lama berkarier di Premier League ternyata Rafael Benitez. Ia sukses dan populer ketika melatih Liverpool pada 2004–2010. Ia mempersembahkan empat trofi bagi Liverpool serta sempat mengantarkan The Reds jadi runner-up EPL.

Selain Liverpool, Benitez sempat membesut Chelsea selama setengah musim dan memenangi UEFA Europa League 2012/2013. Ia juga pernah menangani Newcastle United dan Everton. Secara keseluruhan, Benitez menghabiskan sekitar 10 musim melatih di Inggris.

2. Roberto Martinez

5 Pelatih Spanyol yang Paling Lama Melatih di Premier LeagueRoberto Martinez (skysports.com)

Nama berikutnya adalah Roberto Martinez, yang saat ini menjabat sebagai pelatih Timnas Belgia. Martinez pernah menangani dua klub di Premier League, yaitu Wigan Athletic dan Everton.

Periode Martinez bersama Wigan sangat berkesan karena sukses mempersembahkan trofi Piala FA 2012/2013. Sang pelatih kemudian hijrah dan menangani Everton selama 3 musim pada 2013–2016.

Martinez sempat mengantarkan Everton finis di posisi kelima EPL pada musim pertamanya, meski kemudian menurun pada 2 musim berikutnya. Martinez berkarier selama total 7 musim di EPL sebelum menerima pinangan Timnas Belgia.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Melatih 3 Tim dalam 3 Edisi Piala Dunia Berbeda

3. Pep Guardiola

5 Pelatih Spanyol yang Paling Lama Melatih di Premier LeaguePep Guardiola (mancity.com)

Pep Guardiola adalah pelatih Spanyol dengan karier terlama ketiga di Premier League saat ini. Ia sah jadi yang tersukses dengan torehan empat trofi EPL sejak melatih Manchester City pada 2016. Jumlah itu bahkan melebihi koleksi para pelatih legendaris EPL seperti Arsene Wenger dan Jose Mourinho.

Guardiola juga membawa Manchester City memenangi tujuh trofi lain. Saat ini, kontraknya bersama Manchester City tersisa hingga musim panas 2023. Belum diketahui apakah ia bakal memperpanjang kontrak atau menyudahi petualangannya di EPL setelah kontraknya selesai.

4. Mikel Arteta

5 Pelatih Spanyol yang Paling Lama Melatih di Premier LeagueMikel Arteta (arsenal.com)

Sempat menjadi asisten pelatih Pep Guardiola, Mikel Arteta mulai menjadi pelatih Arsenal pada akhir 2019. Ia kini telah menjadi pelatih The Gunners selama hampir 3 tahun.

Waktu 3 tahun sendiri terbilang belum terlalu lama bagi seorang pelatih. Apalagi Arteta saat ini berstatus pelatih termuda di Premier League. Meski demikian, ia mampu membuktikan kualitasnya dengan meraih dua trofi bersama Arsenal. Jika ia bisa membawa Arsenal juara EPL musim ini, hal itu bakal jadi pencapaian bersejarah.

5. Unai Emery

5 Pelatih Spanyol yang Paling Lama Melatih di Premier LeagueUnai Emery (arsenal.com)

Nama kelima pernah melatih Arsenal di Premier League. Unai Emery adalah pelatih yang dipercaya meneruskan tongkat kepelatihan Arsene Wenger pada 2018. Hal itu tentu merupakan tugas yang berat, meski saat itu Emery sudah merasakan sukses bersama Sevilla dan Paris Saint-Germain.

Musim 2018/2019 diakhiri Arsenal bersama Emery di peringkat kelima EPL, plus posisi runner-up Europa League. Musim berikutnya, performa The Gunners melorot, sehingga Emery dipecat sebelum setengah musim.

Emery baru bisa meraih trofi setelah kembali ke Spanyol dan menangani Villarreal. Ia kini ditunjuk sebagai pelatih baru Aston Villa menggantikan Steven Gerrard yang dipecat.

Dari lima pelatih di atas, hanya Pep Guardiola dan Mikel Arteta yang masih aktif melatih di EPL. Unai Emery akan menyusul. Mereka masih punya kesempatan untuk terus menorehkan prestasi bersama klubnya, termasuk pada musim ini.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya