5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick Lawan Tottenham Hotspur di EPL

Nicolas Jackson terbaru

Nicolas Jackson belum lama ini membuat sensasi di English Premier League (EPL) 2023/2024. Striker Chelsea itu mencetak hattrick pada laga pekan ke-11 melawan Tottenham Hotspur. Berkat trigol Jackson, Chelsea menang telak atas rival sekotanya itu dengan skor 4-1.

Bagi Jackson, hattrick pertamanya di EPL itu tentu spesial. Selain itu, momen hattrick ke gawang Tottenham ternyata cukup langka di EPL. Sepanjang sejarah EPL, baru ada sembilan pemain yang pernah membuat trigol kontra The Lilywhites. Inilah lima nama terakhir yang sukses melakukannya.

1. Mikael Forssell cetak hattrick ke gawang Tottenham pada musim 2007/2008

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick Lawan Tottenham Hotspur di EPLMikael Forssell (premierleague.com)

Pertama, ada Mikael Forssell, eks striker asal Finlandia yang cukup lama bermain di EPL. Forssell pernah membela Chelsea, tetapi kurang bersinar. Ia jauh lebih produktif saat membela Birmingham City dengan koleksi 29 gol dalam 3,5 musim.

Koleksi gol Forssell di EPL mencakup satu hattrick. Itu terjadi pada musim 2007/2008 saat Birmingham City menjamu Tottenham. Berkat tiga gol Forssell, Birmingham menang telak 4-1. Forssell pun tercatat sebagai satu-satunya pemain Birmingham yang pernah membuat hattrick di EPL.

2. Edin Dzeko tak sekadar hattrick, tetapi cetak empat gol ke gawang Tottenham

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick Lawan Tottenham Hotspur di EPLEdin Dzeko (mancity.com)

Edin Dzeko pun hanya pernah membuat satu hattrick di EPL. Kebetulan, yang jadi korban adalah Tottenham Hotspur. Peristiwanya terjadi pada pekan ketiga EPL 2011/2012. Saat itu, Dzeko yang membela Manchester City bahkan tak sekadar membuat hattrick, tetapi empat gol sekaligus.

Kebintangan Dzeko membuat Manchester City menutup laga dengan kemenangan 5-1. Termasuk empat gol ke gawang Tottenham, Dzeko membuat total 14 gol di EPL 2011/2012. Ia menjadi salah satu pemain kunci Manchester City dalam merebut gelar juara EPL musim tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Fenerbahce yang Diboyong dari Klub Italia, Ada Dzeko!

3. Sergio Aguero cetak hattrick ke gawang sepuluh klub di EPL, termasuk Tottenham

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick Lawan Tottenham Hotspur di EPLSergio Aguero (mancity.com)

Sementara itu, Sergio Aguero adalah pemain dengan koleksi hattrick terbanyak di EPL. Striker Argentina itu membuat 12 hattrick, semuanya bagi Manchester City. Ada sepuluh klub yang pernah jadi korban hattrick Aguero di EPL, termasuk Tottenham Hotspur.

Trigol Aguero ke gawang Tottenham terjadi di EPL musim 2014/2015. Seperti Dzeko, Aguero saat itu juga melengkapi hattrick-nya dengan gol keempat. Laga itu pun ditutup dengan kemenangan 4-1 bagi Manchester City.

4. Cristiano Ronaldo gendong Manchester United kalahkan Tottenham di EPL 2021/2022

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick Lawan Tottenham Hotspur di EPLCristiano Ronaldo (manutd.com)

Hampir 8 tahun setelah torehan Aguero, baru ada lagi hattrick yang bersarang ke gawang Tottenham di EPL. Pelakunya adalah Cristiano Ronaldo pada pekan ke-29 EPL 2021/2022. Ronaldo seolah sendirian menggendong Manchester United yang saat itu tampil tak maksimal.

Tottenham sendiri sempat memberi perlawanan di laga tersebut. Namun, trigol Ronaldo memaksa mereka menyerah 2-3. Aksi Ronaldo memang kerap membawa kemenangan bagi Manchester United pada 2021/2022. Sayangnya, Setan Merah tetap jeblok dan hanya finis di peringkat keenam klasemen EPL.

5. Nicolas Jackson cetak hattrick ke gawang Tottenham dengan leluasa

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick Lawan Tottenham Hotspur di EPLNicolas Jackson mencetak gol ketiganya ke gawang Tottenham Hotspur di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Nicolas Jackson menjadi pemain terbaru yang membuat hattrick lawan Tottenham Hotspur di EPL. Catatan itu sebenarnya terbilang mengejutkan. Pasalnya, Jackson sempat kesulitan mencetak gol pada awal EPL 2023/2024.

Saat melawan Tottenham pun Jackson bisa tajam karena terbantu kesalahan lawan. Dua pemain Tottenham mendapat kartu merah. Sudah begitu, mereka tetap nekat memakai garis pertahanan tinggi meski kekurangan pemain.

Alhasil, Jackson bisa leluasa mencetak tiga gol dalam 15 menit terakhir laga. Ia bahkan tinggal berhadapan dengan kiper Tottenham dalam tiga kesempatan tersebut. Koleksi Jackson bagi Chelsea pun langsung bertambah jadi enam gol dalam 13 penampilan.

Tottenham Hotspur sejak dulu merupakan klub langganan papan atas EPL. Maka, mencetak hattrick ke gawang Tottenham tentu adalah capaian membanggakan bagi lima pemain di atas. Adakah pemain lain yang bisa menyusul mereka musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea Terakhir yang Cetak Hattrick di EPL, Ada Jackson

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya