4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Besiktas, Ada Nama Baru

Alex Oxlade-Chamberlain bergabung dari Liverpool

Besiktas mengakhiri 2022/2023 lalu tanpa raihan trofi. Memasuki musim baru, mereka tentu mengincar hasil yang lebih baik. Klub yang berbasis di Istanbul itu mencoba memanfaatkan transfer musim panas 2023 untuk memperbaiki kualitas skuad.

Sejauh ini, Besiktas telah mendatangkan tujuh pemain baru. Beberapa di antaranya cukup dikenal di dunia sepak bola. Itu termasuk Alex Oxlade-Chamberlain, gelandang Inggris yang bergabung secara gratis usai meninggalkan Liverpool.

Oxlade-Chamberlain menjadi tambahan amunisi yang berharga di lini tengah Besiktas. Ia juga menjadi pemain Inggris keempat yang pernah bergabung ke Besiktas. Uniknya, tiga pendahulunya hanya menetap untuk waktu yang singkat. Termasuk Oxlade-Chamberlain, inilah empat pemain tersebut.

1. Les Ferdinand tajam selama dipinjam Besiktas

4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Besiktas, Ada Nama BaruLes Ferdinand (bjk.com.tr)

Pemain Inggris pertama dalam sejarah Besiktas adalah Les Ferdinand. Ia sempat berseragam Besiktas pada awal kariernya, tepatnya pada 1988/1989. Ferdinand bergabung sebagai pinjaman dari Queens Park Rangers.

Hasilnya ternyata luar biasa. Ferdinand yang berposisi striker sukses tampil produktif bagi Besiktas. Ia tampil 32 kali di semua ajang dan mencetak 17 gol serta 10 assist. Ferdinand bahkan meraih trofi pertama dalam kariernya bareng Besiktas, yaitu Piala Turki.

Meski begitu, Ferdinand hanya dipinjam selama semusim. Setelahnya, ia kembali ke Inggris dan menjelma jadi salah satu striker tersubur di English Premier League (EPL). Ferdinand punya koleksi total 149 gol alias rekor terbanyak ke-11 di EPL hingga kini.

2. Nathan Redmond hanya semusim di Besiktas

4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Besiktas, Ada Nama BaruNathan Redmond (instagram.com/nathanredmond)

Setelah Les Ferdinand, Besiktas sempat tak memiliki pemain Inggris lain selama lebih dari 3 dekade. Barulah pada musim panas 2022, mereka kedatangan dua pemain Inggris sekaligus. Salah satunya Nathan Redmond, winger yang sebelumnya membela Southampton.

Bersama Besiktas, Redmond cukup diandalkan. Ia bermain 28 kali di semua ajang dan mencetak 6 gol serta 6 assist. Namun, kontraknya yang hanya 1 tahun tak diperpanjang Besiktas. Redmond pun hengkang pada musim panas 2023. Ia kembali ke EPL dan kini membela Burnley.

Baca Juga: Kisah Kelam Dele Alli: Jadi Pengedar Sampai Mau Pensiun Dini

3. Dele Alli gagal memperbaiki karier bersama Besiktas

4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Besiktas, Ada Nama BaruDele Alli (bjk.com.tr)

Dele Alli juga berseragam Besiktas pada 2022/2023. Namun, statusnya sebatas sebagai pinjaman dari Everton. Performa eks gelandang Tottenham Hotspur itu memang menurun dalam beberapa musim terakhir. Alhasil, ia tersingkir dari tim inti Everton.

Dele sempat berpeluang memperbaiki kariernya saat awal bergabung ke Besiktas. Pada penampilan keduanya, ia sukses mencetak gol. Ia juga sering diberi kesempatan tampil sebagai starter. Namun, belakangan Dele mulai sering dijadikan cadangan.

Keadaan makin memburuk ketika Dele dihantam cedera pada April 2023. Cedera itu memaksanya absen lama hingga Besiktas langsung memulangkan Dele ke Everton. Ia pun meninggalkan Besiktas dengan catatan hanya 15 penampilan dan 3 gol di semua ajang.

4. Alex Oxlade-Chamberlain dikontrak Besiktas selama 3 tahun

4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Besiktas, Ada Nama BaruAlex Oxlade-Chamberlain (instagram.com/alexoxchamberlain)

Alex Oxlade-Chamberlain menjadi pemain Inggris terbaru yang merapat ke Besiktas. Sang gelandang 30 tahun itu datang dengan reputasi yang cukup bagus. Ia pernah membela Arsenal dan Liverpool selama masing-masing 6 tahun dan sukses memenangi trofi bersama kedua klub.

Sayangnya, seperti Dele Alli, sinar Oxlade-Chamberlain pun sudah meredup dalam beberapa tahun terakhirnya di Liverpool. Cedera yang sering menimpa adalah salah satu faktornya. Namun, saat bisa tampil pun kiprah Oxlade-Chamberlain jarang menonjol.

Meski demikian, Besiktas tetap menaruh kepercayaan pada Oxlade-Chamberlain. Ia dikontrak 3 tahun alias hingga 2026. Jika bisa memenuhi kontraknya, Oxlade-Chamberlain bakal jadi pemain Inggris yang paling lama membela Besiktas.

Alex Oxlade-Chamberlain bisa membangkitkan kembali kariernya di Besiktas. Pengalamannya meraih trofi bersama Arsenal dan Liverpool juga bisa jadi aset berharga bagi klub barunya. Bisakah ia membawa Besiktas memenangi gelar juara pada 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Baru Besiktas pada Musim Panas 2023, Ada Rebic!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya