5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada Morata

Semuanya pernah juara UCL bersama Real Madrid

Alvaro Morata terus pamer ketajaman pada musim 2023/2024. Terbaru, Morata mencetak dua gol pada matchday keempat UEFA Champions League (UCL) 2023/2024. Striker asal Spanyol itu turut membawa Atletico Madrid menang telak 6-0 atas Celtic FC.

Koleksi Morata musim ini pun bertambah jadi 12 gol dalam 14 penampilan. Itu termasuk lima gol di UCL. Dengan demikian, Morata kini sudah punya 28 gol di UCL sepanjang kariernya.

Jumlah itu memang masih kalah dari banyak pemain lain dalam sejarah UCL. Namun, di antara para pemain Spanyol, Morata adalah salah satu yang tersubur. Inilah lima pemain Spanyol dengan gol terbanyak di UCL sejauh ini.

1. Raul Gonzalez masih huni lima besar top skor UCL sepanjang masa

5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada MorataRaul Gonzalez (twitter.com/realmadrid)

Predikat pemain Spanyol tertajam di UCL masih jadi milik Raul Gonzalez. Dengan 71 gol, Raul bahkan sempat menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah UCL. Namun, belakangan rekornya dilewati Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Robert Lewandowski, dan Karim Benzema.

Meski demikian, Raul kini masih menghuni daftar lima besar top skor UCL. Selain tajam, Raul tentu juga sukses di UCL. Ia pernah memenangi UCL tiga kali, semuanya bersama Real Madrid. Raul tak hanya pernah mencetak gol bagi Real Madrid di UCL, tetapi juga Schalke 04.

2. Alfredo Di Stefano pegang rekor gol terbanyak UCL selama 41 tahun

5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada MorataAlfredo Di Stefano (realmadrid.com)

Jauh sebelum abad ke-21, rekor gol terbanyak di UCL pun sempat dipegang pemain Spanyol lain. Ia adalah Alfredo Di Stefano, striker legendaris Real Madrid. Di Stefano bermain di UCL sejak edisi perdana musim 1955/1956. Saat itu kompetisi tersebut masih bernama Piala Eropa.

Dalam lima edisi awal, Real Madrid selalu keluar sebagai juara UCL. Di Stefano adalah salah satu kunci sukses Los Blancos saat itu. Ia pun terus bermain di UCL hingga musim terakhirnya di Real Madrid yaitu 1963/1964.

Secara total, Di Stefano bermain 58 kali di UCL dan mencetak 49 gol. Jumlah itu bertahan sebagai rekor gol terbanyak di UCL sejak 1964. Pada 2005 alias sekitar 41 tahun kemudian, barulah rekor itu pecah oleh Raul Gonzalez.

Baca Juga: 3 Pertandingan saat Pepe Mencetak Gol di UCL, Produktif sampai Tua!

3. Fernando Morientes cetak 33 gol di UCL bersama empat klub

5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada MorataFernando Morientes (asmonaco.com)

Pemain yang satu ini juga sukses di UCL bersama Real Madrid. Fernando Morientes adalah striker yang berseragam Los Blancos pada 1997–2005. Ia sempat jadi tandem solid bagi Raul di lini depan Real Madrid. Kombinasi keduanya pun menghasilkan tiga trofi UCL bagi Los Blancos.

Seperti Raul, Morientes tak hanya pernah membela Real Madrid di UCL. Morientes bahkan jauh lebih sering bertualang. Ia mencetak total 33 gol di UCL bersama empat klub. Keempatnya adalah Real Madrid, Valencia, AS Monaco, dan Liverpool.

4. Francisco Gento masih jadi pemain tersukses dalam sejarah UCL

5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada MorataPaco Gento (realmadrid.com)

Berikutnya ada Francisco "Paco" Gento, legenda Real Madrid yang segenerasi dengan Alfredo Di Stefano. Gento membela Los Blancos lebih lama dari Di Stefano. Maka, koleksi trofi UCL Gento pun lebih banyak, yaitu enam trofi.

Dengan demikian, Gento pun tercatat sebagai pemain tersukses dalam sejarah UCL. Bahkan, rekor enam kali juara milik Gento belum berhasil disamai siapa pun. Namun, koleksi 30 gol Gento di UCL sudah dilewati banyak pemain.

5. Alvaro Morata bisa terus menambah koleksi gol di UCL

5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada MorataAlvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Alvarto Morata menjadi satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif. Ia punya kesempatan untuk terus menambah koleksi golnya di UCL. Dengan 28 gol, Morata bahkan berpeluang melewati jumlah gol Paco Gento tak lama lagi.

Morata sendiri mencatat 28 gol di UCL bersama empat klub. Sebelum Atletico Madrid, ia sempat membuat gol di UCL bagi Real Madrid, Juventus, dan Chelsea. Namun, hanya bersama Real Madrid ia sukses jadi juara, tepatnya pada musim 2013/2014 dan 2016/2017.

Kemungkinan besar, Alvaro Morata bakal melewati jumlah gol Fernando Morientes dan Francisco Gento di UCL. Namun, ia butuh usaha ekstra untuk menyalip Alfredo Di Stefano, apalagi Raul Gonzalez. Menarik ditunggu apakah Morata mampu melakukannya suatu saat nanti.

Baca Juga: Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya